6 Tips Agar Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh

10 July 2019

Mudik Lebaran atau pun liburan akhir tahun, berkendaraan jarak jauh dapat jadi pilihan. Memang lebih lama daripada naik pesawat terbang, sih. Tapi, minimal lebih murah dan seru. Kebersamaan keluarga lebih terasa, meskipun harus mencari cara agar anak tidak bosan saat perjalanan jauh.

Karena anak masih berada dalam usia aktif, duduk lama di dalam mobil akan membuat mereka merasa jenuh. Apalagi kalau terjebak macet dan udara sedang panas-panasnya. Wah, bisa-bisa perjalanan terganggu dengan kerewelan si kecil. Jangan-jangan anak malah minta pulang karena bosan.

Agar anak tidak bosan saat perjalanan jauh, inilah enam (6) hal yang dapat Anda lakukan selama di jalan:

Mendongeng untuk anak

Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh

pixabay.com

Di era digital ini, kata siapa mendongeng sudah tidak populer lagi? Justru, kegiatan ini masih jadi andalan agar anak tidak bosan saat perjalanan jauh.

Tentu saja, jangan memaksa anak untuk membaca sendiri bila hanya akan membuat mereka pusing dan ingin muntah. Anda juga tidak perlu memaksakan diri membaca di mobil jika merasakan hal yang sama. Anda dapat melakukan hal ini saat mobil sedang berhenti di kemacetan atau parkir di rest area untuk istirahat sementara.

Alternatif lain: bacakan dongeng yang Anda ingat di luar kepala selain dari buku-buku cerita mereka. Intinya adalah mengalihkan perhatian anak dengan mengajaknya berkhayal sesaat.

Mendengarkan musik, seperti lagu kesukaan anak

Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh

pixabay.com

Tidak perlu dengan volume keras, karena akan mengganggu konsentrasi menyetir. Putarlah lagu-lagu favorit anak selama perjalanan. Hal ini akan membuat anak tidak bosan saat perjalanan jauh. Anda bahkan bisa mengajak mereka untuk bernyanyi-nyanyi bersama.

Memanfaatkan media sosial

 Tips Agar Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh

pixabay.com

Pastikan anak sudah cukup umur untuk mempunyai akun media sosial sendiri. Selain itu, aktifkan fitur pengaman seperti nanny site untuk menghindari konten-konten di luar batas usia anak. Jadi, mereka masih bisa mengakses media sosial sepanjang perjalanan dengan aman.

Lewat perangkat gawai yang dibawa, anak bisa menonton video film lucu di YouTube atau laporan lalu lintas terkini. Banyak anak zaman now yang melakukannya. Pastikan koneksi internet nirkabel juga cukup kuat dan baterai gawai penuh terisi.

Selain itu, jangan gunakan gawai yang sama dengan yang ingin Anda gunakan untuk menelepon atau mengirim pesan saat darurat.

Bermain games

Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh

pixabay.com

Meskipun cukup kuno, bermain games seru seperti tebak-tebakan dapat membantu anak tidak bosan saat perjalanan jauh. Misalnya: tebak lagu atau tebak kata. Pikiran akan terus aktif terasah.

Alternatif: lewat gawai, anak bisa bermain games favorit mereka, baik yang merupakan bagian dari ponsel maupun secara online. Tentu saja, pilihlah games yang sesuai dengan usia mereka. Games seperti Tetris dan Ludo dapat mengalihkan perhatian mereka untuk sementara waktu.

Makan camilan

Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh

pixabay.com

Mengapa anak mudah bosan saat lama di jalan? Bisa jadi karena mereka sudah merasa lapar, namun belum bisa berhenti di warung atau restoran terdekat. Jangan lupa bawa camilan di perjalanan. Selain mengalihkan anak dari rasa bosan, camilan favorit dapat mencegah mereka terserang masuk angin.

Tidur

Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh

pixabay.com

Kelelahan merupakan salah satu penyebab anak merasa bosan di perjalanan jauh. Rewelnya anak dapat diatasi dengan usaha membantu mereka tidur. Cobalah menggunakan kelima cara di atas. Biasanya, setelah si kecil merasa nyaman dan tidak tegang lagi, dengan sendirinya mereka akan jatuh tertidur.

Keenam (6) cara di atas dapat dilakukan agar anak tidak bosan saat perjalanan jauh. Liburan seru, tidak ada keluhan yang mengganggu.

Leave a reply
Kenali 4 Faktor Penyebab Speech Delay dan Cara Mencegahnya5 Ide Kegiatan Liburan di Rumah Bersama si Kecil

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!