5 Ide Kegiatan Liburan di Rumah Bersama si Kecil

11 July 2019

Liburan kali ini tidak ke mana-mana? Sebagai orang dewasa, Anda mungkin tidak keberatan. Selain dapat beristirahat dengan tenang di rumah, biaya pun bisa dihemat. Namun, bagaimana bila si kecil bosan? Kira-kira ide kegiatan liburan di rumah seperti apa yang seru untuk mereka?

Anak-anak senang bermain dan berpetualang. Daya imajinasi mereka masih tinggi dan tak terbatas. Makanya, mereka senang sekali diajak bepergian, baik ke luar kota maupun ke luar negeri. Mereka dapat mengeksplorasi tempat-tempat baru dengan penuh minat.

Meskipun ada anak yang juga senang liburan di rumah, terlalu lama tidak ke mana-mana juga membuat mereka bosan. Inilah lima (5) ide kegiatan seru agar si kecil betah di rumah:

Nobar film-film pilihan

Kegiatan Liburan

pixabay.com

Bila si kecil senang menonton film, ini bisa jadi pilihan kegiatan untuk liburan di rumah. Biarkan anak memilih film-film kartun favorit mereka untuk ditonton lagi bareng keluarga. (Pastikan film-film pilihan sesuai dengan kategori usia mereka, ya.) Bila ada film yang belum pernah ditontonnya tapi bagus, tinggal tambahkan ke dalam daftar.

Untuk memeriahkan nobar film-film pilihan, sediakan camilan kesukaan si kecil. Namun, jangan sampai juga mereka menjadi kegemukan karena terlalu banyak makan camilan kurang sehat. Anda bisa memvariasikan camilan dengan menu sehat seperti buah-buahan dan smoothies, jus, atau milkshake buatan sendiri.

Masak bersama

Kegiatan Liburan

pixabay.com

Kegiatan ini juga bersifat edukatif untuk anak. Mengajak anak masak bersama saat liburan di rumah lebih efektif daripada menyuruh anak untuk belajar memasak. Pilih saja menu-menu yang ringan dan mudah dibuat. Misalnya: kentang, daging nuggets, nasi goreng, hingga kue-kue.

Pastinya, kegiatan ini sukses bikin dapur berantakan dalam sekejap. Namun, yang penting anak senang saat tahu mereka juga bisa bereksplorasi di dapur. Tentu saja, mereka juga senang langsung memakan hasil masakan sendiri. Jangan lupa, ajak anak untuk belajar membersihkan dapur juga sesudah menggunakannya.

Mendekor ulang ruang bermain atau kamar si kecil

Kegiatan Liburan

pixabay.com

Kegiatan untuk liburan di rumah ini juga seru, lho. Anak akan antusias saat dilibatkan dalam mendekor ulang ruang bermain atau kamar tidurnya sendiri. Apalagi, kamar yang tadinya sempit bisa terlihat lebih lapang berkat kerja sama si kecil dengan ayah dan ibu.

Tidak perlu yang rumit dan melibatkan ilmu pertukangan. Cukup mengatur ulang letak perabotan. Bila dinding kamar perlu dicat ulang, ajak anak untuk memilih warna yang mereka sukai. Bahkan, Anda bisa menyarankan tema-tema tertentu yang mereka suka, misalnya: superhero atau luar angkasa.

Bermain mencari ‘harta karun’

Kegiatan Liburan

pixabay.com

Liburan di rumah tidak berarti mengurung diri di rumah, bukan? Manfaatkan halaman rumah sebagai bagian dari permainan mencari ‘harta karun’. Tentu saja, Anda harus kreatif dalam menciptakan teka-teki untuk ditebak si kecil. Jangan terlalu susah, nanti anak bisa cepat bosan dan marah.

Hadiah atau ‘harta karun’ bisa bermacam-macam. Misalnya: buku favorit si kecil atau boneka kesayangan. Anda juga bisa mempersiapkan hadiah kejutan, seperti barang yang selama ini diinginkan si kecil namun belum sempat Anda beli. Dijamin, anak pasti akan terkejut dan senang sekali saat mendapatkan harta karun impiannya.

Bermain peran lewat dongeng atau pertunjukan drama

Kegiatan Liburan

pixabay.com

Bila si kecil senang berkhayal namun pemalu di sekolah, manfaatkan liburan di rumah untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Bermain peran lewat mendongeng dapat mengasah imajinasi mereka agar berpikir lebih kreatif. Bermain drama dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Alternatif lain: ajak anak menyanyi karaoke lagu-lagu anak-anak di rumah.

Tuh, ternyata liburan di rumah juga bisa menyenangkan bagi anak. Selamat menikmati kebersamaan.

Leave a reply
6 Tips Agar Anak Tidak Bosan Saat Perjalanan Jauh7 Latihan untuk Membantu Anak Disleksia Membaca dan Menulis

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!