4 Kudapan Lezat untuk Meramaikan Bazar Sekolah

11 January 2018

Kegiatan wirausaha mampu menumbuhkan sikap kreatif, berpikir kritis, berkomunikasi dengan baik, serta bisa mengambil keputusan. Kegiatan wirausaha ini dapat dikenalkan melalui bazar sekolah. Jenis bazar yang dapat dilaksanakan di sekolah, di antaranya adalah bazar makanan, pakaian, dan kerajinan tangan.

Namun, kegiatan bazar pada anak tidak dapat dijalankan sendiri, mereka masih membutuhkan dukungan dan bimbingan dari orang tua maupun guru. Berikut adalah 4 kudapan lezat yang bisa Anda buat untuk meramaikan kegiatan ini.

Risol Mayo (Risoles Mayones)

Bazar Sekolah

4.bp.blogspot.com

Risoles merupakan makanan yang berisi daging cincang dan sayuran yang dibalut dadar dan digoreng dengan lapisan telur dan tepung panir. Adonan kulit terbuat dari terigu, mentega, kuning telur yang dilarutkan dalam susu/ air. Untuk isian, risoles di Indonesia umumnya berisi ragout atau sayuran beserta daging yang ditumis.

Seiring waktu, ada juga variasi risoles yang berisi daging ham, telur dan mayones atau dikenal dengan risol mayo. Bagi yang menyukai makanan laut, Anda juga bisa mengganti ham dengan crab stick. Agar menarik pengunjung bazar sekolah, bungkuslah risoles menggunakan plastik atau kertas dengan aneka stiker warna-warni.

Jamur Goreng Tepung

Bazar Sekolah

4.bp.blogspot.com

Lebih dikenal dengan nama jamur crispy. Makanan ini merupakan camilan favorit yang baik untuk dikonsumsi semua usia. Jamur yang biasa digunakan untuk membuat camilan ini adalah jamur tiram. Dalam camilan ini terkandung banyak nutrisi, seperti protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, serta vitamin B1, B2, dan C.

Tak hanya kandungan gizi yang baik bagi anak, cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama, cuci bersih jamur tiram yang sudah disiangi bagian akarnya. Suwir jamur menjadi bagian yang lebih kecil. Terakhir, masukkan jamur ke dalam larutan tepung bumbu dan goreng hingga matang. Taruh jamur crispy dalam mangkuk plastik kecil bertutup untuk memikat pembeli.

Kukis Hias

bazar sekolah

media.bakingmad.com

Kukis merupakan jenis kue yang risiko kegagalan dalam pembuatannya paling kecil meskipun bagi para pemula. Asalkan Anda mengikuti bahan-bahan dan cara memasak yang ada dalam resep. Karena kandungan airnya yang sedikit, menjadikan kukis memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga cocok dijual di bazar sekolah.

Terdapat berbagai resep untuk membuat kukis, namun bahan utama yang biasa ada dalam kukis, adalah tepung, gula,  margarin/ mentega, dan telur. Anda juga bisa menambahkan berbagai bahan lain untuk menambah cita rasa. Agar lebih menarik, hiaslah kukis menggunakan campuran putih telur dan gula bubuk yang diberi air lemon serta pewarna sesuai keinginan. Beberapa tema kukis hias yang digemari anak-anak, di antaranya adalah tokoh kartun, buah-buahan, boneka, dan alat transportasi.

Puding

bazar sekolah

cookingwithdog.com

Puding merupakan salah satu hidangan penutup yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bahan utama dari dessert ini adalah susu, telur, gula, dan tepung maizena. Puding yang bertekstur lembut dan kenyal ini lebih nikmat apabila disantap dalam kondisi dingin. Agar lebih mudah, Anda bisa membuatnya menggunakan tepung puding instan yang dicampur dengan air/ susu.

Di beberapa daerah di Indonesia, puding kadang disebut dengan nama podeng. Puding rasa tradisional biasa menggunakan bahan-bahan seperti gula merah, kelapa muda, santan, tapai ketan hitam, maupun sari daun suji/ pandan. Membuat puding tidak perlu menggunakan banyak bahan dan modal. Cara membuatnya pun mudah, sehingga camilan ini sangat sesuai jika dijajakan pada kegiatan bazar sekolah.

Demikianlah 4 kudapan lezat yang cocok dijual di bazar sekolah. Dalam kegiatan ini anak bisa berlatih melakukan transaksi serta mengenal uang sebagai alat pembayaran. Semoga bermanfaat.

Leave a reply
Tidak Selalu Buruk, Ini Dia Manfaat Main Game Bagi Anak yang Perlu Bunda Ketahui5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal Si Kecil

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!