Yuk, Lakukan Self-Care Di Rumah!

18 March 2020

Social distancing menjadi salah satu cara yang dilakukan masyarakat saat ini untuk terhindar dari Corona. Social distancing dilakukan dengan mengurangi kontak langsung dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal ini menjadi salah satu kesempatan menjalankan aktivitas self-care di rumah bersama keluarga.

 

Sudah banyak negara yang menerapkan social distancing termasuk Indonesia. Moms juga tentunya ingin buah hatinya terhindar dari virus berbahaya ini. Yuk simak beberapa aktivitas self-care yang bisa dilakukan selama social distancing!

 

  1. Membersihkan Tangan

Penularan virus bisa terjadi melalui kontak langsung baik dengan manusia maupun barang sekitar. Salah satu bagian tubuh yang paling sering berkontak langsung adalah tangan. Untuk itu, pastikan anak-anak selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Pastikan menggunakan sabun dan mencuci hingga ke sela-sela tangan. Moms juga bisa menggunakan hand sanitizer atau Alcohol 70% sebelum dan sesudah beraktivitas maupun memegang barang.

 

  1. Makan Makanan Rumah

Ketika memesan makanan dari rumah makan/restoran, tentu Moms tidak tahu apakah makanan tersebut sudah steril pembuatannya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Moms bisa membuat hidangan sendiri di rumah. Makanan buatan rumah lebih bergizi dan lebih banyak mengandung nutrisi untuk tubuh si anak karena terkontrol kandungan di dalamnya. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Hal ini membuat nutrisi anak lebih terjaga dan membuatnya terhindar dari penyakit.

 

  1. Mengonsumsi Vitamin

Meskipun berada di rumah, si anak tetap harus dijaga imunitas tubuhnya. Mengonsumsi vitamin menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari membentuk antibody hingga menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari resiko terkena penyakit.

Selain itu, Moms juga bisa membuatkan minuman yang dapat menyegarkan tubuh bagi si anak. Jahe merah tinggi akan antioksidan yang berfungsi sebagai zat pencegah radikal bebas yang menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Hal ini akan memperkuat kekebalan tubuh si anak sehingga tidak mudah terkena penyakit. Si anak dapat meminumnya sehari sekali pada pagi hari.

 

  1. Membersihkan Rumah

Meminimalisir virus sangat penting dilakukan terutama dari diri sendiri. Ketika social distancing, aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Secara tidak langsung bakteri mulai hinggap di rumah. Moms harus lebih sering membersihkan rumah untuk meminimalisir virus yang tersebar di sudut rumah. Pastikan si anak untuk selalu membersihkan diri setelah beraktivitas di rumah.

 

  1. Berjemur Di Pagi Hari

Pastikan si anak tidak bermalas-malasan ketika social distancing. Berjemur di bawah matahari pagi menjadi salah satu cara untuk mencegah diri dari penyakit. Matahari pagi baik untuk kesehatan dan pertumbuhan si anak. Waktu yang cocok untuk berjemur adalah pukul 7 pagi sampai 9 pagi.

 

  1. Olahraga Di Rumah

Jangan hanya terbaring di kasur sepanjang hari. Badan perlu bergerak untuk melemaskan otot dan persendian. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari. Moms dapat mengajak keluarga untuk jogging pagi bersama sambil menghirup udara segar di pagi hari. Olahraga juga membantu membentuk daya tahan tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit.

 

Itulah beberapa aktivitas self-care di rumah yang bisa dilakukan selama social distancing dengan anak.  Sudah siap untuk melakukan social distancing? Mari jaga kesehatan diri dan keluarga dengan #dirumahaja.

Leave a reply
Pertolongan Jika Si Kecil Mimisan!Anak Sebagai “Carrier” Virus Corona?

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!