Ketombe Pada Anak? Ini Tipsnya

10 April 2020

Terkadang ada masalah dimana rambut anak ber-ketombe dan tentu saja hal tersebut akan membuat Anda bingung, terlebih apabila Anda rajin memandikan si kecil dan juga membersihkan segalanya.

Ketombe sendiri sering terjadi dikarenakan adanya kesalahan saat memakai shampo, ada juga yang dikarenakan kepala yang kotor atau juga terlalu lembab, dan ketombe sendiri memang sangat mengganggu, anak akan sering menggaruk kepala mereka dan juga bisa menyebabkan luka pada kulit kepala mereka.

Untuk Anda ketahui, ciri-ciri anak berkotembe adalah memiliki kulit kepala yang gatal, ada ketombe atau kulit kering pada kepala yang kering, dan juga ada kumpulan seperti gumpalan pada kepala yang sudah mengering.

Penyebabnya mungkin saja karena Anda terlalu sering memakaikan shampo atau juga terlalu jarang memakai shampo, terkadang faktor cuaca juga berpengaruh untuk hal tersebut.

Dan tentu saja kami akan berikan tips untuk menangani rambut anak yang berketombe:

  • Menyisir Sebelum Mencuci Rambut

Anda bisa menyisir rambut si kecil sebelum Anda membilas rambut anak Anda, tujuan utamanya tentu saja agar ketombe di kepala anak Anda berkurang.

Dengan begitu, ketombe bisa segera hilang dari kepala si kecil dan menjadi tidak menumpuk.

 

  • Gunakan Minyak Pada Rambut Anak

Setelah menyisir rambut anak Anda, Anda bisa gunakan minyak bayi agar ketombe di kepala anak Anda berkurang, dan balurkan minyak di kepalanya dan pijat secara perlahan.

Setelah itu Anda bisa diamkan selama beberapa menit, jika terlihat gumpalan ketombe masih belum lepas, Anda bisa memijat hingga gumpalan tersebut lepas, Anda juga bisa kembali menyisir rambut si kecil untuk mengurangi ketombe setelah kepala si kecil diminyaki.

 

  • Cuci Bersih Rambut Si Kecil

Salah satu alasan mengapa anak berkotembe adalah si kecil menggunakan shampo yang tidak bersih, saat keramas masih ada shampo yang tertinggal di kepala mereka dan itu yang bisa menjadi penyebabnya.

Menggunakan shampo bayi tentu sangat berguna untuk mengurangi ketombe pada kepala anak, hal ini dikarenakan shampo bayi lebih mudah dibilas dibandingkan shampo normal, dan Anda harus pastikan membasuh kepala anak dengan bersih sampai semua shampo tidak ada tersisa di kepala lagi ya.

 

  • Gunakan Shampo Khusus Ketombe

Untuk kasus yang agak berat, Anda bisa mencari shampo ketombe yang memang khusus untuk anak-anak, dan agar lebih nyaman maka kita bisa berkonsultasi dengan dokter si kecil.

Saat memakai shampo khusus tersebut, diamkan shampo selama dua menit agar shampo bisa bereaksi dengan ketombe dan menghilangkan ketombe di kepala mereka, dan jika si kecil memang masih berketombe, maka Anda bisa menggunakan shampo dengan pH normal di kepala mereka.

 

  • Melakukan Dengan Tepat

Salah satu alasan mengapa anak bisa berketombe adalah kulit kepala yang terlalu kering, jika terlalu kering Anda bisa saja keramasi anak Anda sambil memijat kulit kepalanya, dengan begini kulitnya jadi lebih lembab dan ketombe bisa hilang dari kulit kepalanya.

Hindari menggunakan kondisioner karena tentu saja hal tersebut bisa membuat anak kembali mengalaminya lagi karena anak memiliki kulit kepala yang terlalu lembab.

Keringkan juga anak Anda punya rambut secara detail, karena jika lembab hal tersebut bisa menimbulkan kotoran tersebut menjadi basah pada si kecil.

 

  • Menggunakan Lotion Anti Jamur

Jika hal tersebut disebabkan oleh jamur, maka Anda bisa memakai lotion kulit kepala untuk anti jamur, lotion tersebut dijual bebas di apotek, dan tentu saja hal ini sangat membantu anak Anda.

 

Jika anak Anda sudah sembuh, Anda harus tetap memperhatikannya agar anak Anda tidak memiliki masalah pada rambut mereka kembali.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Aplikasi Belanja Makanan PokokTips Memilih Sepatu Untuk Batita

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!