Tips dan Trik Mengenalkan Huruf pada Anak Usia Playgroup

10 December 2016

Anak playgroup berada pada periode emas pertumbuhan. Perkembangan otak anak pada periode tersebut sangat pesat hingga ia mampu menyerap segala informasi yang ada di sekitarnya. Itulah mengapa banyak orang tua yang sudah mulai mengenalkan pengetahuan dasar seperti mengenal huruf dan angka pada buah hati mereka, di samping mendaftarkan mereka ke preschoolatau playgroup.

Meskipun mengenalkan anak balita pada kegiatan belajar membaca masih menjadi kontroversi, hal tersebut tidak menyurutkan minat para orang tua dan guru untuk menemukan metode menarik dalam mengenalkan huruf pada si kecil. Dengan metode tepat, menyenangkan, dan tanpa paksaan, si kecil pun akan tertarik dan bersemangat untuk belajar.

Ingin tahu bagaimana tips dan trik mengenalkan huruf pada anak usia playgroup? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Belajar Sambil Bernyanyi

Tips dan Trik Mengenalkan Huruf pada Anak Usia Playgroup

Tips dan Trik Mengenalkan Huruf pada Anak Usia Playgroup

Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang mampu menarik minat dan perhatian si kecil. Kegiatan menyanyi juga dapat diterapkan ketika mengajak si kecil belajar mengenal huruf. Trik pertama adalah dengan memutar lagu ABC secara terus-menerus sambil menyanyikannya ketika bermain bersama si kecil. Ketika si kecil sudah terbiasa mendengarkan lagu tersebut, ia pun secara otomatis akan mengikuti irama dan lirik lagu tersebut.

Tempelkan Poster atau Wallpaper ABC di Kamar atau Ruang Kelas Anak

Tempelkan Poster atau Wallpaper ABC di Kamar atau Ruang Kelas Anak

Tempelkan Poster atau Wallpaper ABC di Kamar atau Ruang Kelas Anak

Salah satu metode belajar yang dinilai cukup efektif adalah melalui media gambar dan warna. Agar si kecil dapat dengan mudah menghafal abjad, Anda dapat menempel poster ABC dengan gambar dan menarik atau memasang wallpaper  yang terdiri dari huruf-huruf dengan bentuk yang lucu.

Anda juga dapat menempelkan kertas karton pada dinding, lalu menuliskan huruf di atasnya dan meminta anak untuk menirukan tulisan tersebut. Si kecil pasti akan kegirangan ketika disodori pensil atau krayon yang disertai dengan kebebasan untuk mencoret-coret karton di dinding. Jangan takut dinding Anda akan kotor akibat tempelan poster dan corat-coret si kecil. Anggap saja hal tersebut sebagai bagian dari proses belajar si kecil.

Buat Permainan Cari ABC

Buat Permainan Cari ABC

Buat Permainan Cari ABC

Melalui permainan, anak tidak hanya mampu mengenal huruf tetapi juga dapat mengasah kemampuan motorik mereka. Permainan mencari ABC ini dapat dilakukan dengan matras, karpet, atau kubus ABC. Cobalah minta si kecil untuk melompat ke arah huruf atau mencari boks dengan huruf tertentu. Buatlah permainan tersebut tampak kompetitif dengan mengajak teman si kecil bermain bersama. Perlombaan semacam itu dapat membantu anak agar dapat berpikir cepat sekaligus melatih kemampuan fisiknya.

Buat Kue dengan Bentuk Huruf

Buat Kue dengan Bentuk Huruf

Buat Kue dengan Bentuk Huruf

Anak kecil mana sih yang tidak suka makan kue? Kue atau biskuit tidak hanya enak untuk dimakan. Kudapan renyah itu juga bisa menjadi media efektif untuk mengenalkan huruf pada si kecil. Cobalah untuk membuat kue yang dibentuk sesuai dengan bentuk huruf. Selagi Anda membuat kue, si kecil juga dapat dilibatkan dalam proses pembuatannya, seperti memasukkan adonan kue ke dalam cetakan huruf, atau bermain tebak-tebakan seputar huruf. Kegiatan menyenangkan yang dilakukan bersama seperti ini akan tertanam dalam ingatan si kecil sehingga akan memudahkannya untuk mengingat apa saja yang ia pelajari hari itu.

Hal yang harus diingat para orang tua dan guru ketika hendak mengajari anak untuk mengenal huruf, membaca, maupun berhitung adalah karakter dan kondisi mood si anak. Pastikan metode pembelajaran yang Anda terapkan tidak mengandung unsur paksaan, sebab jika anak sudah merasa tidak nyaman atau tertekan, ia tidak akan mampu menyerap apa yang Anda sampaikan. Bahkan, tidak jarang rasa tidak nyaman tersebut akan berbuntut pada rasa takut.

Jadi, yuk ciptakan suasana dan metode belajar yang menyenangkan untuk si kecil.

Leave a reply
Mengapa Anak Balita Dianjurkan Masuk Playgroup? Simak 5 Alasannya Berikut IniMengajarkan Konsep Keuangan Sesuai Usia Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!