Bahaya Konsumsi Susu Kental Manis yang Berlebihan bagi Balita

7 March 2018

Susu kental manis yang diseduh dengan air hangat merupakan salah satu sajian lezat bagi anak-anak. Rasanya yang manis dengan tambahan beberapa perisa menjadikan susu jenis ini sebagai salah satu minuman favorit balita. Namun, apa efeknya jika si kecil terlalu sering atau terlalu banyak minum susu jenis kental manis ini? Apakah berbahaya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Susu Kental Manis?

Apa Itu Susu Kental Manis-cdn.shopify.com

Apa Itu Susu Kental Manis-cdn.shopify.com

Susu kental manis adalah salah satu produk susu sapi yang banyak beredar di Indonesia. Susu jenis ini berasal dari susu sapi murni yang telah mengalami penghilangan kadar air dan penambahan gula. Susu jenis ini biasanya sering digunakan untuk tambahan pada kue, es, atau hidangan penutup. Rasanya yang sangat manis dan tambahan aroma pada susu jenis ini membuat hidangan makin lezat.

Berdasarkan iklan susu jenis kental manis yang sering tayang di layar kaca, susu jenis ini layak untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Susu jenis ini diklaim mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak karena bisa menjadi salah satu sumber kalori yang baik.

Kandungan Glukosa pada Susu Kental Manis

Kandungan Glukosa pada Susu Kental Manis-mmc.tirto.id

Kandungan Glukosa pada Susu Kental Manis-mmc.tirto.id

Susu jenis kental manis merupakan susu sapi yang dihilangkan kandungan airnya. Ada pula susu jenis kental manis yang dibuat dari susu bubuk yang diolah kembali sehingga membentuk cairan kental. Dalam proses pembuatannya, tak lupa produsen menambahkan gula, vitamin, serta mineral. Dalam satu takaran saji (empat sendok makan) susu kental manis, rata-rata terkandung 39 gram gula. Gula ini bisa berupa glukosa maupun sukrosa.

Kebutuhan Gula pada Balita

Kebutuhan Gula pada Balita-wordpress.com

Kebutuhan Gula pada Balita-wordpress.com

Untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal, anak perlu mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Anak juga perlu mendapat asupan kalori untuk menciptakan energi. Gula merupakan salah satu zat makanan yang akan diubah menjadi energi. Namun, berapa kebutuhan gula pada balita?

Badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) sudah merekomendasikan jumlah gula yang ideal untuk balita. Untuk balita umur 1 hingga 3 tahun, ia hanya butuh 25 gram atau 4 hingga 5 sendok teh gula dalam sehari. Sementara itu, anak-anak yang berusia 3 hingga 6 tahun boleh mengonsumsi gula sebanyak 38 gram atau 7 hingga 8 sendok teh dalam sehari.

Bahayakah Bila Balita Terlalu Banyak Minum Susu Kental Manis?

Bahayakah Bila Balita Terlalu Banyak Minum Susu Kental Manis-magazine.orami.co.id

Bahayakah Bila Balita Terlalu Banyak Minum Susu Kental Manis-magazine.orami.co.id

Menurut rekomendasi dari WHO di atas, seorang balita hanya membutuhkan 38 gram gula dalam satu hari. Kebutuhan gula tersebut sudah termasuk gula yang berasal dari makanan, misalnya nasi. Lalu, apa jadinya jika seorang balita terlalu banyak minum susu kental manis yang kaya akan kandungan gula?

Jika seorang balita mengonsumsi gula yang berlebihan dalam satu hari, maka dia akan rentan mengalami kenaikan kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah ini bisa membuat energi anak menjadi berlimpah. Terkadang, anak tidak bisa membendung energi ini dan menjadi sulit fokus pada satu hal.

Namun, efek ini biasanya hanya berlangsung sementara saja. Setelah kandungan gula dalam darah mulai normal, biasanya anak akan berperilaku normal kembali. Yang perlu diwaspadai adalah jika asupan gula yang berlebihan ini terjadi secara terus-menerus. Bukan hal mustahil bahwa sesuatu yang berlebihan akan mendatangkan sesuatu yang buruk. Begitu juga dengan asupan gula yang berlebihan pada balita.

Maka, sebaiknya batasi konsumsi susu kental manis pada balita Anda sebelum si kecil

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Tertarik Mengaplikasikan Cat Rambut pada Anak? Ketahui Dulu Risiko dan Bahaya yang MengintaiSi Kecil Takut Gelap? Ini Solusinya
All comments (2)
  • tyas
    7 October 2021 at 13:10

    terimakasih atas artikel yang bermanfaat, silahkan baca artikel berikut untuk menambah ilmu dan wawasan https://fkm.unair.ac.id/ahli-gizi-unair-perbolehkan-konsumsi-susu-kental-manis-dengan-beberapa-catatan/

    Reply
  • tyas
    7 October 2021 at 13:10

    terimakasih atas artikel yang bermanfaat, silahkan baca artikel berikut untuk menambah ilmu dan wawasan https://fkm.unair.ac.id/ahli-gizi-unair-perbolehkan-konsumsi-susu-kental-manis-dengan-beberapa-catatan/

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!