Tips dan Trik Unik Raih Skor Tinggi Tes IELTS

5 April 2017

Ada banyak persyaratan yang dibutuhkan mahasiswa untuk mendaftarkan diri kuliah di luar negeri. Salah satunya adalah memiliki nilai tes kemampuan bahasa Inggris seperti tes IELTS (International English Testing System). Hal ini untuk memastikan pendaftar mampu membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis dalam bahasa Inggris selama mengikuti perkuliahan.

Tes IELTS terdiri dari empat bagian, yaitu speaking, writing, listening, dan reading. Masing-masing sesi memiliki skor 0-9. Nilai keseluruhan tes pun dilihat dari jumlah rata-rata keempat sesi tersebut. Tes ini menggunakan Bahasa Inggris Britania atau British.

Berikut beberapa tips dan trik unik meraih skor tinggi pada tes IELTS yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah tanpa mengeluarkan biaya. Jika rutin mempraktikkannya, skor 6-9 pada tes IELTS bukan tidak mungkin bisa kamu dapatkan.

1. Menonton Film Hollywood

hollywood_film_awards - loopjamaica.com

hollywood_film_awards – loopjamaica.com

 

Jika sebelumnya kamu menonton film untuk sekadar hiburan, kali ini kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Dijamin persiapan mengikuti tes IELTS bisa menjadi sangat menyenangkan dan membuatmu lebih bersemangat.

Lewat film berbahasa Inggris, kamu bisa melatih indra pendengaran sekaligus kecakapan dalam berbicara. Kamu bisa mempelajari cara pengucapan, aksen, dan intonasi dalam mengucapkan kalimat bahasa Inggris dari dialog para aktor yang ada di film tersebut. Untuk melatih kemampuan listening, biasakan untuk tidak menggunakan subtitle.

Kamu pun bisa belajar tata bahasa atau grammar melalui film. Caranya dengan menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Hal ini membantumu meningkatkan kemampuan writing saat mengikuti tes IELTS. Selain itu, kamu juga bisa menambah perbendaharaan kosakata dan idiom dalam bahasa Inggris.

2. Menonton Serial Komedi Berbahasa Inggris

Comedian - harianjogja.com

Comedian – harianjogja.com

 

Tips unik lainnya, kamu bisa memilih serial televisi bergenre komedi sebagai tontonan sekaligus metode belajar bahasa Inggris yang tidak membosankan. Mengapa? Karena selain mengandalkan adegan yang bisa ditangkap secara visual oleh penonton, lelucon dalam film atau serial komedi juga ada pada dialog para pemainnya. Jika kamu berhasil tertawa karena memahami lelucon yang dimaksud, itu menandakan kemampuan pendengaran dan pemahamanmu sudah jauh lebih baik.

3. Latihan Tes Online Gratis

IELTS - Berkuliah.com

IELTS – Berkuliah.com

 

Mempersiapkan tes IELTS juga mengharuskanmu lebih sering mengunjungi situs YouTube. Dari situs video berbagi tersebut, kamu bisa menemukan puluhan bahkan ratusan tips dan trik menarik tentang persiapan menghadapi tes IELTS. Video yang tersedia bahkan dibuat lebih spesifik, ada yang khusus membahas speaking, writing, listening hingga reading.

Lewat beberapa kanal YouTube yang membahas tentang persiapan dan latihan IELTS , video-video yang dibagikan selalu update. Kamu pun berkesempatan untuk bisa latihan tes online secara gratis dengan materi yang bervariasi dan berbeda-beda setiap harinya.  Cara ini jauh lebih mengasyikkan dibandingkan hanya membaca buku panduan.

4. Manfaatkan Spell Check di Microsoft Word

word option proofing spelling - cahngrupit.com

word option proofing spelling – cahngrupit.com

 

Trik unik berikutnya untuk memperoleh skor tinggi adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang ada di komputer, laptop atau ponsel pintar. Microsoft Word dikenal sebagai software aplikasi alternatif untuk menjawab permasalahan teknis dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya yang berkaitan dengan spelling dan  tata bahasa.

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah menjalankan Microsoft Word adalah dengan mengeklik menu “Tools” kemudian klik “option”. Selanjutnya pilih bar “Spelling and Grammar” lalu aktifkan check spelling termasuk suggestion atau check grammar. Dengan memanfaatkan spell check pada Microsoft Word, kamu bisa mengecek jika terdapat kesalahan tata bahasa pada kalimat yang kamu tikan. Kamu pun langsung bisa mengetahui alternatif pembenarannya. Spell check pada Microsoft Word bisa menambah kemampuan writing-mu dalam bahasa Inggris.

5. Baca Surat Kabar dan Artikel Bahasa Inggris

Surat - pixabay.com

Surat – pixabay.com

 

Sesi reading pada IELTS tidak lagi menjadi momok jika kamu sudah mempersiapkannya dengan matang. Biasakan untuk membaca artikel atau surat kabar berbahasa Inggris. Agar lebih menyenangkan, baca rubrik-rubrik yang memang menjadi ketertarikanmu misalnya fashion atau entertainment.

Semoga kelima tips dan trik unik di atas bermanfaat untuk meningkatkan skor tes IELTS-mu. Selamat belajar bahasa Inggris dengan cara menyenangkan.

 

Leave a reply
Kuliah di Luar Negeri? 3 Negara Skandinavia Ini Bisa Jadi Alternatif4 hal penting agar kamu siap kuliah di luar negeri

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!