SD Swasta atau Negeri? Simak Kelebihan dan Kekurangannya di Sini

23 February 2019

SD swasta atau negeri? Pertanyaan itu kerap kali hadir pada orangtua setiap sang anak telah berusia enam hingga tujuh tahun. Memilih sekolah dasar untuk anak memang tidak mudah, mengingat sekolah dasar merupakan bekal dasar yang akan memengaruhi perkembangan mental dan juga kecerdasan anak.

Sekolah dasar yang tidak cocok akan membuat anak merasa trauma dan menumbuhkan rasa malas belajar dalam dirinya. Nantinya, anak juga akan jengah belajar untuk ujian kelulusan dan tidak dapat memasuki SMP yang berkualitas. Padahal, kualitas SMP dan SMA sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anak untuk memasuki universitas impian dan berhasil di dunia kerja.

Begitu besar bukan pengaruh sekolah dasar untuk kehidupan anak? Nah, bagi anda yang bingung untuk memilih SD swasta atau negeri, simak kelebihan dan kekurangan keduanya di sini.

 

Kelebihan SD Swasta

Dibandingkan dengan SD negeri, SD swasta jelas lebih mahal, apalagi bila SD tersebut menggunakan kurikulum khusus atau kurikulum internasional. Nah, dengan harga yang lebih mahal, otomatis anak anda pun akan lebih diperhatikan di sekolah daripada bila anak bersekolah di SD negeri.

Metode pengajaran di SD swasta pun lebih terintegrasi dan juga lebih variatif apabila dibandingkan dengan SD negeri. Untuk itu, murid-muridnya pun juga lebih kompetitif. Selain materi pelajaran, SD swasta juga menyediakan ekstrakurikuler yang lebih lengkap daripada SD negeri.

Nah, beberapa SD swasta unggulan juga menyediakan layanan antar-jemput lho. Ini dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin menyekolahkan anak di SD berkualitas tetapi terhalang oleh jarak rumah yang jauh.

 

Kekurangan SD Swasta

Kekurangan dari SD swasta bila dibandingkan dengan SD negeri adalah biayanya yang lebih mahal. Bahkan, ada banyak SD swasta dengan uang masuk hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Kondisi ini jamak terjadi di kota besar seperti Jakarta misalnya.

Selain itu, SD swasta dengan kurikulum internasional terkadang kurang menunjang bagi anak yang nantinya berniat memasuki SMP negeri. Karena kurikulum yang berbeda, maka anak pun akan mengalami kebingungan di SMP negeri. Untuk itu, bila anda berniat memasukkan anak ke SMP negeri kelak, sebaiknya pilih SD swasta dengan kurikulum nasional.

 

Kelebihan SD Negeri

SD negeri merupakan SD yang disubsidi oleh pemerintah. Itulah alasan mengapa bila ditanya ingin memilih SD swasta atau negeri, jawaban SD negeri lebih tepat apabila biaya adalah masalah utama anda. Uang pangkal untuk SD negeri jauh lebih murah daripada SD swasta dan tentunya tidak ada biaya macam-macam seperti biaya tahunan, biaya perkumpulan orangtua, dsb.

Selain itu, SD negeri juga tersebar di mana-mana. Di dekat rumah anda, pastilah ada SD negeri. Untuk itu, bagi orangtua yang tidak ingin sekolah anaknya jauh dari rumah, SD negeri seringkali menjadi pilihan.

Oh ya, SD negeri juga menyediakan pilihan ajaran agama yang diakui di Indonesia. Ini merupakan hal yang tidak dimiliki SD-SD swasta yang berbasis agama tertentu.

 

Kekurangan SD Negeri

Mengingat harganya jauh lebih murah daripada SD swasta, maka anda pun tak dapat menuntut variasi ekstrakurikuler atau metode pengajaran visioner berbasis teknologi terkini. Itulah alasan mengapa terkadang SD negeri sulit bersaing dengan SD swasta.

Selain itu, usia masuk minimal SD negeri adalah tujuh tahun. Jadi, apabila anda ingin menyekolahkan anak di usia enam tahun, maka lebih baik anda memilih SD swasta

 

Itulah beberapa pertimbangan yang dapat membantu keputusan anda untuk memilih sd swasta atau negeri bagi anak anda. Memang secara garis besar, kualitas SD swasta lebih unggul. Namun masih ada banyak kok SD negeri yang bermutu tinggi. Nah, pikirkan matang-matang ya mau sd swasta atau negeri, karena masa depan anak anda dipengaruhi pilihan anda sejak dini.

Leave a reply
Anak Ketagihan Gadget? Simak 5 Cara Ini Untuk MengatasinyaHal yang Harus Diajarkan Orangtua Supaya Anak Tidak Suka Menyontek di Sekolah

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!