Penyakit Yang Sering Ada Di Sekolah 

6 December 2019

Memiliki anak yang masuk sekolah tentu saja akan menjadi tugas tersendiri bagi kita, dimana kita harus memberikan vitamin pada anak agar tidak terkena penyakit di sekolah, tetapi sering sekali kita mengalami meski dikasih vitamin dan sebagainya, anak kita tetap mengalami sakit ketika mereka sudah mulai masuk sekolah.

Memang banyak sumber penyakit di sekolah yang tentu saja akan menyerang putra putrid Anda, tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena penyakit yang biasa menyerang anak Anda sifatnya tidak terlalu serius dan tentu saja bisa ditangani.

Meski begitu, Anda harus waspada supaya anak Anda tidak terkena penyakit yang menular di sekolah agar anak Anda tidak mengalami sakit dan bisa mengikuti pelajaran di sekolahnya dengan baik. Dan berikut adalah beberapa penyakit yang sering menulari setiap anak di sekolah.

  • Batuk, Pilek, Dan Radang Tenggorokan

Batuk, pilek, dan radang tenggorokan sangat sering terjadi kepada anak di sekolah, ketiga penyakit tersebut biasanya merupakan gejala dari pilek.

Flu memang sangat mudah menulari orang melalui udara, ketika sedang sakit flu batuk dan bersin sehingga mengeluarkan kuman penyakit, dan jika terhirup dan masuk tubuh ke anak saat daya tahan tubuh anak Anda lemah, anak pun akan tertular dengan hal tersebut.

Penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus, maka pencegahan yang paling tepat agar anak Anda tidak mengalami sakit tersaebut adalah meningkatkan daya tahan tubuh anak Anda terhadap penyakit tersebut.

 

  • Cacar Air

Setiap anak tampaknya pernah mengalami penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster tersebut, cacar air sering terjadi di sekolah dan biasanya bisa berada di tubuh si kecil dari tujuh hingga sepuluh hari, dan jika satu orang terkena cacar air, maka akan hamper pasti akan menular ke teman-teman di sekitarnya.

Cacar air memang sangat mudah menular ke orang-orang di sekitar pasien, dan jika anak Anda terkena cacar air, maka biarkan anak Anda untuk tetap istirahat di rumah supaya tidak menularkan penyakit tersebut kepada teman-temannya, dan sebaiknya tunggu sampai cacar tersebut benar-benar kering agar resiko penularan penyakit tersebut berkurang atau tidak sama sekali.

 

  • Diare

Diare juga merupakan salah satu gejala yang sering terjadi dan disebabkan oleh banyak hal, misalnya intoleransi terhadap makanan, alergi makanan, infeksi bakteri dan virus, hingga karena penyakit pada usu.

Diare juga sering terjadi di sekolah dan hal tersebut membuat hal tersebut tidak dianggap sebagai penyakit yang serius, padahal jika sakit tersebut tidak ditangani, maka anak yang terkena diare bisa mengalami dehidrasi yang serius.

Untuk mencegah anak Anda agar tidak terkena diare, ajari anak Anda untuk terus mencuci tangan dengan sabun, hindari jajan di tempat kotor, dan juga menyimpan makanan yang dimakannya dengan benar agar tidak menimbulkan penyakit diare tersebut.

 

  • Cacingan

Cacingan juga merupakan penyakit yang wajar dan sudah umum di sekolah, cacingan memang biasanya terjadi pada anak-anak dibawah usia 10 tahun.

Penyakit tersebut biasanya terjadi karena cacing atau telur cacing masuk ke dalam organ tubuh melalui makanan atau permukaan lain yang terkontaminasi telur cacing, misalnya ketika anak Anda sedang bermain di taman atau ketika anak Anda jajan sembarangan.

Banyak jenis cacing yang akan menyerang anak-anak, tetapi salah satu yang paling sering merupakan cacing kremi, gejala yang muncul adalah sering gatal di sekitar anus, bahkan membuat nyeri dan membuat anak tersebut iritasi.

Dan supaya tidak terkena cacingan, Anda bisa mengingatkan anak Anda untuk selalu cuci tangan setelah bermain di tempat terbuka dan sebelum makan untuk cuci tangan.

Ketika anak Anda sudah masuk sekolah, maka penyakit seperti di atas ini akan menjadi makanan Anda, dan tentu saja Anda harus memperhatikan kekebalan tubuh anak, dan juga menyiapkan segala obat-obatan yang dibutuhkan oleh anak Anda atas resep dokter atau tidak tanpa resep dokter ketika anak Anda terkena sakit Anda bisa langsung memberikan penyuluhan pertama pada anak Anda.

 

Leave a reply
Cara Melerai Anak Yang Bertengkar  Anak Berbicara Dengan Orang Asing

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!