Pentingnya Resolusi Tahun Baru Anak 

20 January 2020

Banyak orang yang akan bersiap untuk membuat resolusi tahun baru setelah mereka merayakan tahun baru atau bahkan sebelum terjadinya tahun baru, dan hal tersebut mungkin berlaku juga untuk Anda, meski begitu, resolusi tahun baru juga bisa saja berlaku untuk anak-anak.

Tahun baru merupakan kesempatan bagus untuk mengajar anak cara menetapkan tujuan mereka pada tahun yang baru, Anda bisa membantu mereka mempelajari keterampilan baru dan menangani hasilnya jika mereka gagal mencapai tujuan mereka.

Meski begitu, jangan beri tahu anak-anak Anda untuk menetapkan tujuan sendiri, Anda bisa membuat resoulsi bersama sehingga Anda bisa memberikan panduan dan dukungan di sepanjang tahun bersama anak Anda.

Dan berikut adalah beberapa langkah untuk membuat resolusi tahun baru bagi anak Anda dan juga Anda.

  • Tanggapi Raihan Anak Secara Serius

Daripada bertanya mengenai tujuan masa depan anak dengan cara yang salah, anggaplah itu merupakan tugas Anda yang utama, Anda harus terlihat serius, singkirkan perangkat digital Anda dan adakan diskusi untuk membahas resolusi secara bersama.

Ini bukan berarti seperti Anda sedang melakukan wawancara kerja kepada seseorang, tetapi Anda bisa berbicara tentang pengembangan diri dan pertumbuhan pribadi anak Anda dengan cara yang bermanfaat.

Gunakan pembicaraan tersebut sebagai kesempatan untuk membicarakan mengapa penetapan tujuan itu penting dan bagaimana rasanya mencapai tujuan meski itu sulit dilakukan.

Anda juga bisa membantu anak anak membuat resolusi individual seperti berlatih alat musik atau berlatih bernyanyi.

  • Berikan alternatif resolusi

Anak akan lebih cenderung berpegang pada tujuan yang terasa menyenangkan dan tidak menyulitkan, daripada melelahkan dan merepotkan mereka.

Daripada memilih tujuan tentang kesehatan atau uang, Anda bisa memutuskan tujuan keluarga adalah mengisi papan penguuman dengan hal yang dapat Anda syukuri bersama setiap minggu.

Anda juga bisa memberikan anak Anda tantangan setiap bulan, tantangan keluarga Anda bisa berkisar dari membersihkan semua lemari dan laci hingga mempelajari suatu hal yang baru secara bersama-sama dengan keluarga lain.

  • Bantu anak identifikasi tujuan

Ketika Anda bertanya kepada anak Anda apa yang mereka ingin capai, Anda bisa mendengar apa saja dari anak Anda, dengarkan ide mereka dan bantu mereka mengubah resolusi mereka sesuai kebutuhan, jika tujuan mereka tidak bagus, tidak realistis, atau tidak bisa dicapai, kritik untuk membangun resolusi akan menjadi lebih baik.

Jika anak Anda memilih tujuan yang tidak sesuai dengan kemauan Anda, Anda dapat mencoba menerima hal tersebut dan bisa juga mengubah hal tersebut dengan menjadi sesuai dengan anak Anda mau dan Anda inginkan juga.

  • Mulai dari langkah kecil

Bantu anak Anda mengubah tujuan resolusi yang besar tersebut menjadi langkah langkah kecil yang bisa mereka mulai agar bisa menjadi hasil yang besar.

Anda harus bisa membantu anak Anda jika anak Anda ingin menguasai bahasa Inggris, maka Anda bisa membantu anak Anda dengan langkah kecil seperti setiap hari Anda berbicara dengan anak Anda selama 10 menit memakai bahasa Inggris.

  • Jadikan pengalaman belajar

Anak Anda memiliki tujuan entah nantinya berhasil atau tidak, maka Anda harus menjadikan hal tersebut menjadi pelajaran bersama, terlebih jika anak Anda memiliki resolusi yang tidak bertahan lebih dari sehari atau seminggu, maka Anda bisa menjadikan itu pelajaran untuk anak Anda.

Anda bisa berbicara mengenai masalah tersebut seperti motivasi, penetapan tujuan, manejemen waktu, kegagalan, dan hal hal lain yang tidak terduga, persiapkan anak Anda mengenai hal tersebut, jadi jika sudah dewasa, maka anak Anda sudah mengerti hal tersebut dan anak Anda akan bisa sama-sama belajar menghadapi resolusi di tahun berikut-nya bersama dengan Anda.

 

Leave a reply
Cara Melatih Imajinasi AnakMenjadi Orang Tua Tanpa Stress 

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!