Mengajarkan Etika Kepada Anak Ketika Bertamu, Mudah Tetapi Perlu Latihan

13 August 2018

Membawa anak-anak bertamu atau mengunjungi saudara dan kolega Anda sangat baik bagi perkembangan mereka. Anak-anak dapat mengenal siapa saja saudara-saudara mereka, serta berlatih bersikap sopan santun kepada orang lain. Sebagai orang tua, Anda perlu membimbing anak untuk bersikap baik di mana saja, termasuk ketika bertamu. Tidak mudah mengajarkan etika kepada anak ketika bertamu, namun Anda dapat menggunakan beberapa cara di bawah ini dan terus melatihnya.

Jelaskan tujuan, manfaat, dan kebaikan bertamu

Mengajarkan Etika Kepada Anak

Sumber : huffingtonpost.com

Sebelum mengajarkan etika kepada anak ketika bertamu, berikan beberapa penjelasan singkat tentang tujuan dan manfaat bertamu dengan bahasa yang mudah dimengerti. Berikan penjelasan bahwa dengan bertamu anak akan memperoleh banyak teman. Anda harus juga menceritakan terlebih dahulu siapa orang yang dikunjungi kepada anak. Berikan juga gambaran tentang di mana rumahnya, bagaimana keadaan di sekitar, dan siapa saja yang akan ditemui.

Buat perjanjian dengan anak

Mengajarkan Etika Kepada Anak

Sumber : balancedlifeskills.com

Sebelum berangkat bertamu, sampaikan apa yang Anda harapkan. Beritahu juga situasi di tempat tujuan, apa yang akan Anda lakukan, dan apa yang boleh atau tidak boleh dia lakukan. Katakan bahwa Anda berharap anak dapat bersikap baik, tidak berlari-lari, atau bermain di ruang tamu. Selain itu, Anda perlu membuat perjanjian dengan anak terkait berapa lama berada di sana, dan usahakan untuk menepati janji.

Ajarkan adab bertamu

Mengajarkan Etika Kepada Anak

Sumber : womantalk.com

Mengajarkan etika kepada anak ketika bertamu dapat dimulai dari adab-adab dasar terlebih dahulu. Pertama, ajarkan mengetuk pintu dan menekan bel atau mengucapkan salam dan permisi.Setelah pintu dibuka, berikan contoh untuk menyapa terlebih dahulu. Apabila tuan rumah mempersilakan masuk dan duduk, ajak anak duduk di tempat yang disediakan.

Beritahukan kepada anak untuk tidak berlari-lari atau mengambil barang tanpa izin. Ajari anak untuk minta izin untuk mengambil makanan atau minuman, berikan pengertian jika di rumah orang lain tidak sama dengan rumah sendiri.

Jika mendapat jamuan makan, ingatkan anak agar menggunakan peralatan makan dengan benar. Kebiasaan makan yang baik, seperti tidak berbicara ketika mengunyah dan mengambil makanan secukupnya sudah harus Anda biasakan sejak dini agar tidak repot ketika membawa mereka bertamu.Sebelum pulang ajarkan anak untuk berpamitan dengan sopan.

Mengatasi anak rewel ketika bertamu

Mengajarkan Etika Kepada Anak

Sumber : ibudanmama.com

Mengajarkan etika kepada anak dapat dilakukan ketika usia 1-1,5 tahun. Berikan pengajaran sopan mulai dari hal-hal kecil, seperti mengucapkan terima kasih. Pada usia 1-3 tahun Anda dapat mengajarkan memberi salam, meminta izin, dan mengucapkan tolong. Setelah itu, anak akan menerapkan sopan santun dan memahami tata krama jika Anda sering mengajarinya dan memberi contoh.

Meski Anda sudah berusaha mengantisipasi, anak rewel ketika bertamu kadang tak dapat dihindarkan. Perilaku anak tidak dapat diprediksi, ada saja ulahnya yang bisa membuat Anda malu atau tidak nyaman ketika mulai bosan. Misalnya berkeliling ruangan tanpa permisi, mengambil barang yang menarik, atauikutnimbrungobrolandengantuan rumah.

Walaupun agak mengkhawatirkan, Anda dapat mengatasinya. Biasanya anak di bawah 3 tahun masih belum peka dan memiliki keingintahuan serta ingin diperhatikan.

Saat anak terlihat bosan atau mulai rewel, lakukan negosiasi dan beritahukan bahwa waktu kunjungan tidak lama. Jika anak sudah mengerti waktu, tunjukkan dengan jam. Ingat bahwa Anda harus menepati perjanjian yang sudah ditetapkan.

Untuk acara formal, jangan sampai anak berkeliaran sendiri di ruangan. Anda harus sigap mengalihkan perhatian anak. Jika anak tampak tidak bisa diam, Anda dapat membawanya keluar.Anda juga dapat mengalihkan perhatian dengan mainan kesukaannya agar dapat duduk tenang.

Mengajarkan etika kepada anak ketika bertamu hingga mereka terbiasa memang tidak mudah dan memerlukan latihan. Maka, ketika Anda mendapati anak berkelakuan baik saat diajak bertamu, berikan apresiasi kepadanya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Les Anak Prasekolah, Perlu atau Tidak?Siapkan 4 Hal Berikut Sebelum Anak Ikut Karyawisata Sekolah

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!