Siapkan 4 Hal Berikut Sebelum Anak Ikut Karyawisata Sekolah

14 August 2018

Begitu anak menginjak usia prasekolah, salah satu kegiatan sekolah yang pasti ada adalah karyawisata. Meski Anda sering mengajak anak jalan-jalan ke berbagai tempat, karyawisata bersama sekolah tentu menjadi pengalaman berbeda. Memberikan pengalaman nyata pada anak prasekolah itu sangatlah penting, sehingga ia bisa melihat dengan mata kepala sendiri apa yang selama ini hanya ia dengar dari cerita guru atau lihat di buku.

Selain memberikan pengalaman baru, ketika anak ikut karyawisata sekolahjuga mengasah keterampilan sosialisasi anak. Ia juga tidak hanya pergi jalan-jalan, tetapi juga belajar menaati peraturan dan kesepakatan yang telah ditentukan bersama. Termasuk pula bagaimana ia menunggu giliran bermain wahana permainan, memakai dan menjaga kebersihan di tempat publik, dan berinteraksi dengan orang baru.

Selain karyawisata, ada pula field trip. Biasanya kunjungan ini berdurasi lebih singkat dan tempat tujuan masih di sekitar area sekolah. Contoh tempat yang sering menjadi tujuan field trip adalah kantor pos, pasar, pabrik makanan rumahan, kantor polisi, kantor pemadam kebakaran, dan perpustakaan kota. Karena jarak yang relatif dekat, biasanya orang tua tidak perlu mendampingi anak ketika field trip.

Anak Ikut Karyawisata Sekolah

Anak Ikut Karyawisata Sekolah

sumber : hellosehat.com

Sementara karyawisata biasanya memang pergi ke tempat yang cukup jauh dengan durasi kunjungan lebih lama. Pilihan utama jatuh pada objek wisata, tetapi juga mengandung nilai-nilai edukasi, sehingga anak tetap bisa mempelajari sesuatu yang baru. Untuk itu, orang tua dapat mendampingi anak ikut karyawisata sekolah. Nah, supaya Anda tidak dag dig dug ketika anak hendak berangkat karyawisata, coba siapkan 4 hal berikut ini.

Sounding pada anak jauh-jauh hari

Anak Ikut Karyawisata Sekolah

sumber : gracemelis.com

Tentu pengumuman karyawisata sudah disampaikan jauh-jauh hari. Nah, tugas Anda adalah menjelaskan pada anak perihal rencana tersebut. Sampaikan dengan jelas, mau pergi ke mana, dengan siapa saja, naik apa saja, kapan berangkatnya, dan apa yang perlu dibawa. Jika perlu, lakukan countdown pada H-7, sehingga anak excited menanti hari keberangkatannya. Jadikan hari H karyawisata sebagai penyemangat agar anak mau makan lebih banyak, sehingga tubuhnya tetap fit dan bisa jalan-jalan bersama teman-teman sekolahnya.

Persiapan matang sejak malam sebelumnya

Anak Ikut Karyawisata Sekolah

sumber : crowded.mind.com

Siapkan semua barang yang perlu dibawa pada malam sebelumnya. Jika anak mudah merasa lapar, pastikan Anda membawa camilan dalam jumlah cukup. Pakaian ganti, obat-obatan pribadi, payung/jas hujan, minum dan camilan  perlu dibawa. Simpan beberapa barang anak dalam tasnya sendiri, sehingga ia juga bertanggung jawab atas barang miliknya. Jangan lupa, ajak anak tidur lebih awal pada malam sebelum hari H.

Catat informasi penting sebelum anak ikut karyawisata

Anak Ikut Karyawisata Sekolah

sumber : quipper.com

Termasuk di sini jadwal selama berada di tempat tujuan, aktivitas yang akan dilakukan, apa saja yang perlu dibawa, hingga nomor telepon penting dari guru atau pendamping dari sekolah. Karena pergi berombongan, usahakan Anda memahami betul di mana meeting point yang ditentukan. Sebaiknya Anda tidak mengubah jadwal atau membuat jadwal sendiri, karena bisa merepotkan orang lain.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Mengajarkan Etika Kepada Anak Ketika Bertamu, Mudah Tetapi Perlu LatihanMemasuki Usia 2 Tahun, Lakukan Cara Menyenangkan Mengenalkan Warna Pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!