Cara Menanamkan Kegemaran Membaca Sejak Dini

4 June 2017

Kegiatan membaca sangat penting bagi anak, terutama untuk meningkatkan kecerdasan anak di masa mendatang. Sayangnya di Indonesia sendiri, budaya literasi atau budaya membaca dan menulis masih terbilang rendah. Indonesia menempati peringkat 64 dari 65 negara dalam persoalan literasi, bahkan kalah dari negara tetangga Vietnam yang menempati peringkat 20. Penyebab utama ketertinggalan ini adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya membaca sejak dini. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua di era sekarang untuk menanamkan kegemaran membaca sejak dini pada anak-anaknya.

Dengan majunya teknologi, tentu cukup sulit menarik perhatian anak pada buku, karena umumnya anak lebih tertarik bermain game yang tersedia di gadget. Tetapi, ada beberapa metode yang dapat digunakan orang tua untuk menanamkan kegemaran membaca sejak dini, yaitu seperti berikut ini:

 

1. Membacakan cerita

Source - blog.medel

Source – blog.medel

 

Dengan membacakan cerita, anak senantiasa mengingat rangkaian kata yang didengarnya. Rangkaian kata tersebut akan terekam dalam memori dan memperkaya kosa katanya. Dengan begitu, kemampuan berbahasanya pun akan terlatih. Cara ini merupakan pancingan agar anak tertarik dengan rangkaian kata dalam sebuah buku.

 

2. Ajak ke toko buku atau perpustakaan

 

Mengisi waktu luang atau berlibur tidak harus ke mall atau bioskop. Orang tua bisa mengajak anaknya pergi ke perpustakaan umum atau toko buku. Ketika tiba di toko buku atau perpustakaan, biarkan anak berkeliaran dan mencari hal yang menarik baginya. Tugas orang tua adalah memerhatikan jenis buku apa yang membuatnya tertarik, karena itu dapat menjadi pancingan untuk memulai kebiasaan membaca.

 

3. Hadiahi buku

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Ketika buah hati Anda berulang tahun, jangan selalu memberi sesuatu yang mewah seperti mainan, baju baru atau gadget. Buku dapat menjadi hadiah yang bernilai karena memiliki manfaat yang banyak dan isi buku tersebut akan selalu menempel di kepala anak. Berilah hadiah buku mengenai sesuatu yang disukainya atau menarik perhatiannya agar anak dapat menanamkan kegemaran membaca sejak dini.

 

4. Pancing menceritakan isi buku yang dibacanya

 

Setelah anak membaca buku, berikanlah sebuah pertanyaan mengenai isi buku tersebut. Dengan begitu, sang anak akan merasa bahwa yang dibacanya memberi wawasan baru. Selain itu bercerita juga dapat memancingnya untuk memperkaya kosa kata.

 

5. Beri contoh bahwa membaca dapat menjadi hobi

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Sebelum menuntut anak untuk rajin membaca, kegiatan tersebut harus didahului oleh orang tua sebagai contoh. Baik itu membaca koran, buku pengetahuan atau novel, kegiatan tersebut akan memancing anak untuk meniru perilaku tersebut, karena pada dasarnya anak selalu mengamati perilaku orang tua dan mengikutinya.

 

6. Ciptakan perpustakaan keluarga

 

Pada tahap yang lebih lanjut, ketika perilaku anak sudah mencerminkan kegemaran membaca, tentu dirinya akan mulai mengumpulkan buku-buku yang menurutnya menarik untuk dibaca. Buatlah perpustakaan keluarga yang isinya berupa kumpulan buku yang dimiliki oleh seluruh anggota keluarga.

Perpustakaan yang dihadirkan di rumah tidak perlu mewah. Jika tidak memiliki ruang kosong di dalam rumah, cukup menyediakan satu tempat di satu sudut ruangan untuk menaruh lemari dan rak buku.

Atur buku tersebut secara rapi berdasarkan jenis atau urutan nama penulisnya. Sediakan pula karpet, agar suasana perpustakaan keluarga nampak lebih nyaman. Dengan adanya perpustakaan tersebut, budaya literasi akan tumbuh dalam keluarga seiring berjalannya waktu.

Itulah enam metode yang dapat digunakan orang tua untuk dapat menanamkan kegemaran membaca pada anak sejak dini. Seperti kata peribahasa ‘Buku adalah jendela dunia’, jika Anda sebagai orang tua berhasil menanamkan kegemaran membaca sejak dini pada anak, artinya Anda memberikannya kesempatan membuka wawasannya lebih luas lagi. Biarkanlah anak tumbuh bersama buku-buku yang disukainya.

Leave a reply
Cara Melihat Kecerdasan Alami AnakMengatasi Rasa Minder Pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!