Bunda, Yuk Cari Tahu 5 Manfaat Sarapan Pagi untuk Si Kecil

28 November 2017

Seringkali, si kecil melewatkan sarapan jika ia bangun kesiangan dan membiarkan perutnya kosong hingga memasuki waktu makan siang. Padahal, ada beragam manfaat sarapan pagi yang justru penting untuk tubuh si kecil. Terlebih jika ia akan melakukan aktivitas yang cenderung padat di luar rumah seharian.

Oleh karena itu, sebagai seorang ibu, Bunda harus membiasakan si kecil untuk selalu makan sebelum ia memulai beraktivitas, agar tubuhnya pun merasakan manfaat sarapan pagi berikut ini:

Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Si Kecil

Manfaat Sarapan Pagi - dayaingat.com

Manfaat Sarapan Pagi – dayaingat.com

Manfaat sarapan pagi pertama yang bisa dirasakan si kecil adalah daya ingat dan konsentrasinya akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena tubuh, terutama otak, telah mendapatkan nutrisi yang cukup untuk berpikir. Jika tidak sarapan, si kecil pasti akan mudah mengantuk dan sulit untuk memfokuskan pikiran. Bukan tidak mungkin ia akan tertidur di dalam kelas ketika pelajaran tengah berlangsung.

Sarapan Sebagai Sumber Energi

Manfaat Sarapan Pagi - solusisehatku.com

Manfaat Sarapan Pagi – solusisehatku.com

Ibarat bensin sebagai sumber energi agar kendaraan mampu menyala dan bergerak, makanan pun berperan sebagai sumber energi utama untuk tubuh melakukan aktivitas. Tanpa adanya asupan makanan, tubuh akan menjadi mudah lemas, dan si kecil akan menjadi tak semangat dalam menjalani rutinitasnya. Jika si kecil bangun kesiangan, Bunda bisa membawakan bekal sarapan paginya untuk disantap di sekolah.

Mencegah Si Kecil Jajan Sembarangan

Manfaat Sarapan Pagi - mymilk.com

Manfaat Sarapan Pagi – mymilk.com

Si kecil yang melewatkan sarapan akan beraktivitas dengan perut kosong. Terlebih jika ia tidak membawa bekal makan siang. Hal ini justru akan memicu si kecil untuk membeli jajan di lingkungan sekolah untuk mengisi perutnya. Padahal, tidak semua jajanan yang dijual di sekolah terjamin kebersihan dan kehigienisannya. Dan tentunya, tubuh si kecil akan lebih mudah terserang penyakit.

Menjaga Suasana Hati Si Kecil

Manfaat Sarapan Pagi - eatright.org

Manfaat Sarapan Pagi – eatright.org

Manfaat sarapan pagi lainnya adalah mampu menjaga suasana hati si kecil. Dalam keadaan perut kosong, si kecil akan cenderung malas-malasan saat mengikuti pelajaran atau pun mendengarkan penjelasan dari gurunya. Akibatnya, ia jadi tidak dapat belajar dengan maksimal, karena yang ada di pikirannya adalah kapan waktu istirahat tiba dan makanan apa yang akan dibelinya untuk mengisi perut nanti.

Memperkuat Ikatan Emosional antara Si Kecil dan Orang Tuanya

Manfaat Sarapan Pagi - food.fnr.sndimg.com

Manfaat Sarapan Pagi – food.fnr.sndimg.com

Tahukah Bunda, jika sarapan ternyata mampu membuat ikatan emosional antara Ayah dan Bunda serta si kecil semakin kuat? Saat sedang menyantap sarapan di meja makan, Ayah dan Bunda bisa bertanya persiapan si kecil, sekaligus memberikan nasihat-nasihat penting untuknya.

Tidak hanya itu, Ayah dan Bunda juga bisa memberikan motivasi agar si kecil semakin giat dan semangat dalam belajar atau menjalani rutinitasnya. Justru, dalam kondisi yang lebih santai seperti saat sarapan bersama, si kecil akan lebih mudah mengingat pesan dan nasihat yang diberikan oleh kedua orang tuanya. Tidak melulu serius, Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil bercanda sembari makan.

Ternyata, sarapan amat penting untuk si kecil ya Bunda. Jadi, jangan sampai si kecil melewatkan sarapan pagi setiap hari ya. Bagaimana pun juga, kesehatan si kecil tetaplah menjadi hal utama yang perlu mendapatkan perhatian Ayah dan Bunda sebagai orang tua. Apalagi dengan banyaknya penyakit yang kini amat rentan menyerang anak-anak.

Namun, bukan hanya si kecil, Ayah dan Bunda pun tidak boleh meninggalkan sarapan pagi meskipun sudah jauh dewasa. Manfaat sarapan pagi tidak hanya untuk anak-anak, Ayah dan Bunda juga bisa merasakannya kok. Yuk, biasakan sarapan setiap pagi setiap hari!

Leave a reply
5 Trik Ampuh Atasi Anak Tidak Suka Sayuran5 Langkah Mudah Mengajari Anak Membaca

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!