Manfaat Bermain Boneka Untuk Anak

20 November 2019

Jika Anda memiliki anak perempuan, tentu saja anak Anda akan senang bermain boneka, terkadang anak Anda juga akan mengoleksi banyak boneka dari beragam karakter yang anak Anda sukai, meski terlihat hanya bermain, anak-anak akan mempelajari banyak hal dari permainan tersebut, dan apa saja manfaat dari anak yang bermain boneka? Simak yuk artikel ini untuk mengetahui hal tersebut.

Bermain tentu saja merupakan kegiatan utama yang selalu dilakukan oleh anak-anak untuk mempelajari banyak hal sekaligus mengembangkan kemampuan diri mereka, termasuk bermain dengan boneka, dan tentu saja tidak heran jika psikolog terkadang menggunakan boneka setiap sedang melakukan konseling dengan anak-anak, karena psikolog tentu tahu bahwa boneka akan memiliki kedekatan dengan setiap anak.

Berikut manfaat bermain boneka untuk tumbuh kembang anak, seperti yang tertulis di website Child Adeventures:

  • Meningkatkan Keterampilan Sosial

Bermain dengan boneka ternyata bisa mendukung keterampilan sosial pada perkembangan si kecil, saat bermain boneka dengan temannya, mereka tentu saja akan belajar berkomunikasi satu sama lain dan hal ini akan membuat anak Anda bisa bersosialisasi dengan baik ketika anak Anda berada di dunia luar dan bertemu dengan orang banyak setelah anak Anda melakukan komunikasi dengan teman-teman sepadan-nya dan juga boneka yang dimainkan oleh anak Anda bersama temannya atau dimainkan sendiri.

 

  • Bertanggung Jawab

Ketika anak Anda bermain boneka, misalnya boneka bayi, anak Anda akan memainkan peran sebagai orang tua atau sebagai Ibu, dan mereka akan belajar dan mempraktikkan kembali apa yang telah dilihat dari ibu mereka ketika ibu mereka mengajari mereka dan menjaga dirinya, dan tentu saja hal tersebut akan kembali dilakukan oleh si kecil dan mencoba mempraktikkan hal tersebut kepada boneka yang dijadikan sebagai contoh seorang bayi.

Hal ini tentu saja dapat mengembangkan sifat tanggung jawab si anak, dan dari permainan ini, anak akan lebih mudah mengetahui bagaimana cara merawat hewan peliharaan atau saudara mereka yang lebih muda dan masih butuh perhatian dari orang yang lebih tua, termasuk diri-nya.

 

  • Menambah Rasa Empati

Bermain boneka juga bisa membantu si kecil mengolah emosi mereka, seperti rasa empati dan rasa kasih sayang, hal ini tentu saja bisa terlihat dari cara anak memperlakukan boneka yang menjadi latihan bagi anak untuk dapat meningkatkan kepeduliannya bagi orang-orang di sekitar si anak.

 

  • Menambah Imajinasi Anak

Ketika anak Anda sedang bermain boneka, tentu saja anak Anda akan menggunakan imajinasi mereka, jika anak Anda menyukai profesi sebagai polisi, maka anak Anda tentu saja akan membayangkan bahwa dirinya adalah polisi dan boneka tersebut adalah seseorang yang membutuhkan bantuan dari seorang polisi.

 

  • Menambah Kemampuan Berbahasa

Anak akan sering mengobrol bersama boneka dan teman-temanya ketika sedang bermain bersama, dan dengan adanya boneka yang memiliki perangkat suara, maka kemampuan berbahasa si kecil akan lebih luas karena kosakata yang mereka miliki akan semakin lebih bertambah dengan sering bermainnya bersama boneka tersebut.

Namun, sebagai orang tua ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, karena meski bermain boneka akan membantu perkembangan anak, orang tua tidak boleh asal pilih boneka untuk anak. Anak tetap boleh memilih boneka yang mereka inginkan, tetapi boneka yang dibeli harus sesuai dengan usia anak Anda, dan berikut ada juga beberapa tips untuk memilih boneka untuk anak.

 

  • Memilih Boneka Sesuai Umur

Ada banyak ukuran dan bahan untuk boneka, dan boneka Anda bisa pilih sesuai dengan usia, tidak terlalu besar dan ringan sehingga usia anak Anda tetap dapat membawa boneka tersebut kemana-mana, ukuran boneka tentu saja akan memudahkan anak untuk dapat bermain bersama boneka mereka.

Kemudian, pilih boneka yang bisa dirapihkan atau dapat masuk ke kotak mainan, karena biasanya anak anak memiliki boneka yang banyak dan belum tentu semua tidak bisa ditaruh di samping tempat tidur anak.

 

  • Berikan Tanggung Jawab Kepada Anak

Saat anak bermain, mereka biasanya tidak akan peduli dengan mainannya yang berantakan di mana-mana, dan ajarkan anak Anda bagaimana cara untuk merapihkan kembali mainan yang telah mereka mainkan, misalnya boneka beruang harus ditaruh di atas kereta dorong, dan juga boneka kelinci harus taruh di samping kasur, hal ini akan membuat anak menghapal lokasi boneka tersebut dan membiasakan setelah mereka bermain akan merapihkan mainan yang telah mereka mainkan.

Hal tersebut akan membantu anak Anda untuk dapat bertanggung jawab merapihkan boneka yang mereka mainkan setelah mereka bermain boneka, dan tentu saja hal tersebut akan membuat sang anak yang bermain boneka akan merapihkan mainan mereka setelah bermain. Itu dia beberapa manfaat bermain boneka untuk anak!

 

Leave a reply
Jaga Kesehatan Mata Anak Junk Food Membuat Anak Alergi?

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!