Mainan Yang Berbahaya Untuk Anak

2 March 2020

Memiliki anak-anak berarti Anda harus membelikan mainan karena mainan tersebut merupakan salah satu aktivitas mereka sehari-hari yang menyenangkan bagi mereka. Jauhkanlah mainan yang berbahaya untuk anak.

Tak hanya bersenang-senang, bermain tentu saja bisa mengasah kemampuan anak, membuat anak belajar, dan membuat anak menghabiskan energi mereka dan membuat mereka lebih cepat tidur, mainan yang tepat juga bisa menjadi wadah untuk belajar bagi si kecil.

Tetapi Anda harus mengetahui ketika Anda ingin membelikan mainan kepada anak Anda, Anda harus sesuaikan jenis mainan tersebut untuk anak Anda karena hal tersebut bisa berbahaya bagi si kecil.

Ini adalah beberapa jenis mainan yang berbahaya bagi si kecil dan Anda harus menajuhkan mainan tersebut hingga umur si kecil sudah cukup.

  • Mainan Dengan Ujung Runcing atau Tajam

Mainan yang memiliki ujung runcing atau tajam akan termasuk dalam mainan yang mudah pecah, seperti mainan yang memiliki bahan dengan kaca atau plastik, dan Anda perlu ketahui bahwa tidak semua mainanan yang memakai bahan kayu atau logam memiliki kualitas yang baik juga.

Jika Anda tidak teliti, bisa saja Anda membelikan mainan kepada si kecil dengan kualitas yang buruk karena ujungnya tersebut bisa melukai anak Anda.

Dinosaurus merupakan salah satu contoh mainan yang jika Anda salah berikan maka itu akan bisa berbahaya bagi anak Anda, karena bagian ekor dinosaurus maupun gigi dan jarinya yang tajam runcing.

Selain itu, boneka anak Anda yang memakai mahkota yang terdiri dari bahan yang tajam bisa berbahaya ketika aksesoris tersebut copot maka hal tersebut bisa menusuk si kecil.

Solusi yang Anda bisa pikirkan untuk hal tersebut adalah Anda harus memeriksa semua mainan anak Anda entah yang baru maupun yang lama, dan jika ada mainan yang longgar atau copot atau Anda rasa tidak aman untuk anak Anda, maka Anda harus membuang atau menyingkirkan mainan tersebut dari anak Anda.

 

  • Memiliki Pita atau Tali

Tentu saja Anda bertanya mengapa mainan yang memiliki pita atau tali seperti yang ada di boneka bisa berbahaya? Hal itu dikarenakan ada beberapa kejadian yang membuat anak tersedak dan sesak napas akibat tercekik oleh tali yang ada di mainan tersebut.

Hal tersebut tentu saja akan membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih mainan untuk anak Anda, jangan tertipu dengan boneka yang menggemaskan, padahal justru itu boneka bisa membuat anak Anda dalam berbahaya.

 

  • Memiliki Suara Yang Keras

Ketika Anda ingin membelikan mainan yang memiliki suara yang keras, Anda juga harus berhati-hati, karena jika terlalu kencang, maka itu bisa membahayakan pendengaran anak Anda.

Sebelum Anda membelikan mainan tersebut, lebih baik Anda mencoba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah bunyinya cukup aman untuk telinga anak Anda atau tidak.

Yang harus Anda garis bawahi bahwa pendengaran anak di usia yang masih kecil tentu saja masih berada dalam tahap berbeda dengan kita yang merupakan orang dewasa, pedengaran anak masih belum sempurna, dan tentu saja untuk itu anak-anak biasanya lebih sensitif pada suara bising dibandingkan orang dewasa.

Suara pistol mainan sebagai contohnya bisa membahayakan pendengaran si kecil karena memiliki suara yang cukup kencang, hal itu bisa membuat gendang telinga si kecil pecah, dan tentu saja Anda harus berhati-hati.

 

  • Mainan Bermagnet

Hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum memberikan mainan kepada anak Anda adalah mainan yang mengandung magnet.

Tentu saja mainan tersebut bisa berbahaya jika anak Anda tidak sengaja menelan magnet tersebut, karena cara kerja magnet bisa menarik magnet lain dan jika tidak sengaja tertelan oleh si kecil dan melewati sistim pencernaan anak, maka magnet tersebut bisa merobek dinding usus si kecil.

Selain itu, mainan tersebut juga bisa membuat usus mereka tersumbat, untuk itu Anda harus memastikan anak Anda sudah siap dengan mainan tersebut dan Anda harus peringatkan bahaya jika anak Anda menelan mainan tersebut.

Ingat yah sebelum Anda membelikan mainan untuk anak Anda, Anda harus memperhatikan segalanya agar ketika Anda memberikan mainan kepada anak Anda, hal tersebut tidak berbahaya bagi anak Anda.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Manfaat Infused Water Untuk Si Kecil Pemicu Serangan Asma Pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!