Beberapa Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Sekolah TK

21 December 2016

Dalam memilih sekolah untuk sang buah hati yang masih berusia dini, tentunya ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan dengan matang. Setiap sekolah TK atau preschool memiliki kelebihan dalam fasilitas dan kurikulumnya. Setiap orang tua tentunya memiliki beberapa kriteria ideal mengenai sekolah anak. Pertimbangan memilih sekolah dapat dimulai dengan memikirkan kriteria-kriteria tersebut.

Tidak mudah bagi orang tua melepaskan anak selama beberapa jam untuk berada di bawah pengawasan guru atau pendidik. Karena itu, orang tua harus memiliki kepercayaan penuh kepada sekolah, agar proses belajar anak berjalan dengan lancar. Orang tua yang waswas dan sering mempertanyakan kebijaksanaan sekolah dapat membuat kenyamanan anak ikut terganggu.

Sebagai langkah awal, orang tua bisa mencoba menuliskan daftar kriteria yang dikehendaki. Misalnya:

  • Sekolah memiliki fasilitas ruangan terbuka untuk bermain.
  • Bahasa pengantar lebih dari satu bahasa.
  • Sekolah menyiapkan makan siang untuk anak.
  • Ada fasilitas antar jemput anak.

Beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan juga adalah:

  • Jarak sekolah dengan rumah.

    jarak-sekolah-dengan-rumah

    Jarak sekolah dengan rumah.

Cobalah menempuh rute dari rumah ke beberapa sekolah yang memenuhi kriteria yang sudah dituliskan, pada jam sebelum masuk sekolah. Jarak tempuh yang jauh, jarak dekat tapi macet, atau susah mencari parkir di sekitar area sekolah, dapat menyulitkan orang tua ketika mengantar jemput anak.

Belum lagi, anak mungkin saja akan lelah dan bosan ketika sampai di sekolah. Perjalanan yang panjang menuju ke sekolah dapat menjadi alasan anak malas sekolah nantinya karena harus bangun lebih pagi dan duduk lama di kendaraan.

  • Kurikulum pelajaran sekolah.

    kurikulum-pelajaran-sekolah

    Kurikulum pelajaran sekolah.

Sekolah TK umumnya memiliki tujuan untuk menstimulasi perkembangan anak dari berbagai macam aspek dan mempersiapkan anak untuk memasuki jenjang sekolah dasar. Namun, setiap sekolah memiliki kurikulum dan metode belajar yang berbeda.

Ada sekolah TK yang terpaku pada proses perkembangan anak, ada pula yang berfokus pada nilai akademis. Beberapa sekolah TK memiliki metode belajar sambil bermain dengan anak seumur, dan ada pula sekolah TK yang mencampur usia anak kecil hingga besar dalam satu kelasnya.

  • Fasilitas CCTV di ruangan kelas dan area sekolah.

    fasilitas-cctv-di-ruangan-kelas-dan-area-sekolah

    Fasilitas CCTV di ruangan kelas dan area sekolah.

Adanya fasilitas kamera yang dapat diakses secara online dan real time, bagi sebagian orang tua memberikan rasa aman tersendiri. Ketika orang tua khawatir atau hanya sekadar ingin tahu kegiatan yang sedang anak lakukan di sekolah, mereka tinggal membuka aplikasi di telepon genggam dan mengakses akun pribadi yang diberikan sekolah.

Tetapi, ada juga sekolah yang tidak menyediakan fasilitas ini dengan beberapa alasan valid, seperti menjaga privasi anak lain dan guru, atau kemungkinan fasilitas ini bisa mengganggu fasilitas belajar mengajar. Sebagian kecil orang tua mungkin sependapat dengan alasan-alasan tersebut.

  • Biaya sekolah.

    biaya-sekolah

    Biaya sekolah.

Sekolah ideal adalah sekolah yang biayanya sesuai dengan bujet orang tua. Sekolah yang sangat diidamkan orang tua namun biayanya terlalu tinggi dari kemampuan, akan membuat orang tua khawatir dalam merencanakan pendidikan anak.

Dengan banyaknya pertimbangan dalam memilih sekolah TK atau playgroup, tentunya tidak berlebihan jika orang tua sudah mulai mencari sekolah yang sesuai semenjak anak memasuki usia toddler. Orang tua dapat mulai menaruh nama dan nomor telepon di beberapa sekolah, untuk mendapatkan undangan ketika sekolah mengadakan acara open house.

Umumnya, acara yang diselenggarakan sekolah untuk mengiklankan sekolah tersebut diselenggarakan dua hingga tiga kali dalam setahun. Di acara open house, sekolah menjelaskan berbagai fasilitas dan sarana yang disediakan, serta metode pengajaran dan kurikulum yang digunakan sekolah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Perlukah Anak Belajar Membaca Sejak Dini?Mendidik Anak Melalui Permainan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!