Latih Si Kecil Minum Dengan Gelas

31 October 2019

Setiap anak kecil memang paling sulit ketika mereka ingin minum atau meminum sesuatu memakai botol susu-nya, meski begitu, seiring bertambahnya usia si kecil, Anda harus bisa mengalihkan buah hati Anda untuk minum dengan menggunakan gelas untuk meminum susu atau air putih, bukan botol susu lagi.

Menghentikan kebiasaan seperti itu tetapi tidak perrnah mudah seperti membalikkan tangan, dan tentu saja terkadang membuat kita stress, berikut kami berikan tips untuk bisa menghentikan si kecil untuk tidak minum memakai botol susu lagi.

Melatih anak berhenti memakai botol susu ata ngedot tidaklah mudah dan tentu saja membutuhkan cara khusus, mengapa begitu, karena botol susu sangat memudahkan bagi balita untuk minum, dan botol susu juga memberikan kenyamanan, hal itu yang membuat anak sangat lengket dengan botol dot dan sangat sulit memisahkan kedua-nya.

Tentu saja Anda sebagai orang tua tidak bisa membiarkan hal seperti itu terjadi, penggunaan botol susu dalam waktu lama bisa membuat gigi anak Anda berlubang, selain itu hal tersebut bisa membuat si kecil minum susu lebih banyak dari yang dibutuhkannya, dan seiring bertambahnya usia si kecil, anak tentu saja perlu beradaptasi dengan lingkungannya yakni dengan cara meminum dengan gelas.

Beralih dari botol susu ke gelas bayi tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua, tetapi menerapkan cara yang tepat agar anak berhenti ngedot bisa membuat perjuangan orang tua tidak sia-sia.

Berikut beberapa cara melatih anak untuk tidak memakai botol susu lagi untuk minum.

  • Lihat kesiapan si kecil

Anak-anak sudah bisa diperkenalkan dengan gelas bayi ketika diri mereka berusia enam bulan, setelah mencapai satu tahun, si kecil sudah bisa memegang gelas mereka sendiri, pada usia tersebut Anda bisa melatih anak Anda untuk berhenti minum susu memakai botol susu dan memakai gelas saja.

American Academy of Pediatric sendiri menyarankan bahwa anak seharusnya mulai berhenti minum pake botol susu sebelum usia mereka 18 bulan.

Sementara beberapa ahli lain mengatakan jika anak harus lepas dari botol dot sebelum usianya menginjak dua tahun, karena hal itu merupakan cara dasar jika Anda ingin melatih anak untuk tidak minum lagi memakai botol susu.

Jangan mengajari si kecil untuk minum dengan gelas terlalu cepat, dan memaksa anak Anda bisa membuat anak Anda merasa frustasi, Anda tetapi harus ingat bahwa Anda juga tidak boleh kasihan atau

terlalu santai untuk tidak mengenalkan cara minum dari gelas karena hal tersebut akan membuat Anda sulit mengajari anak Anda dari kebiasaannya untuk minum dari botol susu.

 

  • Ganti Botol Susu Secara Perlahan

Anda harus sabar ketika mengajari anak Anda melepas botol susu mereka, Anda harus ingat Anda harus lakukan hal ini dengan cara perlahan, bukan secara cepat atau tiba-tiba.

Jika anak Anda biasanya minum susu sehari lima kali, maka gantilah botol susu anak Anda dengan gelas bayi di pagi hari atau siang hari, lakukan hal tersebut secara bergantian, dan secara bertahap Anda juga bisa ajarkan anak Anda untuk tetap duduk di kursi bayi, hal ini memudahkan Anda ketika mengajari anak Anda untuk minum langsung dari gelas mereka.

Mengganti botol susu dengan gelas pada malam hari tentu akan lebih sulit dibandingkan waktu lain-nya, karena biasanya minum langsung memakai botol susu pada malam hari adalah rutinitas si kecil yang akan membuat tidur mereka merasa nyaman, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengalihkan perhatian anak Anda dengan aktivitas lain, hal itu akan membuat si kecil lupa bahwa mereka harus minum memakai botol susu yang mereka miliki.

 

  • Jadilah Contoh

Anak-anak selalu belajar dengan cepat dari apa yang mereka lihat dari orang orang yang berada di sekeliling anak Anda, dan saatnya waktu minum susu tiba, Anda bisa mencontohkan Anda juga meminum susu dengan sebuah gelas, hal ini bisa memancing rasa ingin tahu si kecil dan membuat dirinya melepas botol susunya demi dapat mencoba minum langsung dari gelas yang Anda miliki.

Anda bisa perlihatkan dengan perlahan bahwa sangat mudah minum dari gelas, dan ketika anak Anda berhasil menghabiskan susu-nya yang berada di dalam gelas, alangkah baiknya Anda memberikan pujian kepada anak Anda.

Pujian sendiri selalu bisa memotivasi anak untuk dapat melakukan yang terbaik, dan jika latihan ini dilakukan se cara rutin, bukan tidak mungki nsi kecil menghapus kebiasaan-nya untuk minum dari botol susu menjadi minum dengan gelas.

Untuk mengajari ini semua, orang tua perlu kesabaran ekstra dan kerajinan, karena jika tidak, anak akan terbiasa dan akan lebih sulit untuk dihentikan untuk memakai botol susu.

 

Leave a reply
Jangan Biarkan Anak Sendiri Di MobilManfaat Mengajak Anak Ke Museum

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!