Latih Anak Agar Menjadi Anak Dewasa

12 October 2019

Kita harus bisa melatih anak kita menjadi anak mandiri dan itu adalah tugas bagi orang tua, dan merupakan salah satu hal penting dalam membesarkan anak, hal mandiri adalah sikap yang paling penting dipelajari oleh anak sejak dini karena itu akan menjadi bekal bagi sang anak ketika mereka telah dewasa.

Sejak lahir, bayi adalah hal yang lucu, mereka menggantungkan hidup dan masa depan mereka kepada orang tua, dari makan, mandi, dan juga tidur, tentu saja mereka akan berharap kepada orang dewasa, dan ketika anak sudah mulai besar atau remaja, maka mereka harus bisa melakukan hal tersebut sendiri.

Mustahil bagi sang anak untuk mengandalkan orang tua selalu, sejak balita, kita harus bisa melatih mandiri sang anak, dimulai dari makan sendiri, hal mandiri perlu dipersiapkan sedini mungkin, jika terlambat, maka bisa menjadi masalah besar ketika sang anak sudah mencapai usia dewasa.

Untuk menghindari kesulitan tersebut, orang tua bisa mencoba beberapa hal untuk melatih anak mereka menjadi anak mandiri seperti yang akan kami jelaskan sebentar lagi.

  • Berikan Pengertian

Perhatian dari orang tua memang sangat diperlukan oleh sang anak, tetapi orang tua harus mengetahui kapan mereka harus memperhatikan anak mereka, dan juga kapan harus memberikan pengertian kepada sang anak, perhatian berlebih akan membuat anak menjadi manja karena sang anak akan mengharapkan perhatian yang lebih dari orang tua mereka.

Anak berusia 3-4 tahun seharusnya sudah bisa makan sendiri, hal yang paling awal adalah membiarkan mereka menyuap makanan mereka sendiri, kita harus jelaskan kepada sang anak bahwa mereka sudah bukan bayi lagi, sehingga mereka seharusnya sudah seharusnya mulai belajar untuk makan sendiri.

Orang tua juga bisa memperlakukan anak sesuai usia-nya, berikan tugas yang kira-kira anak anda bisa lakukan, seperti membereskan mainan mereka sendiri, melepas baju atau hal hal lain-nya.

 

  • Berikan Kesempatan Pada Anak

Selain itu, orang tua juga harus bisa memberikan kesempatan pada anak anda dimana mereka bukanlah bayi dan tentu saja anda juga harus memberikan kesempatan pada sang anak untuk melakukan semua-nya sendiri, seperti ketika mereka ingin makan, maka biarkanlah sang anak mencoba untuk makan sendiri, sama seperti apabila sang anak ingin menyikat gigi sendiri, memakai baju sendiri, dan yang lain-nya, hal ini anda harus bisa memberikan sang anak kesempatan untuk mencoba hal baru tersebut.

Hal ini bisa dilakukan ketika anak anda sudah berusia 4 tahun, ketika anak anda sudah bisa mengerti keadaan, dan anda harus berikan kesempatan itu dahulu sebelum membantu anak anda, untuk mencoba sangatlah penting bagi anak agar sang anak bisa mandiri, jangan pernah larang atau takut sang anak akan kotor, karena  jika begitu, maka sang anak tidak akan mau mencoba segala sesuatu karena takut dengan ocehan anda.

 

  • Berikan Tanggung Jawab

Berikan anak anda tanggung jawab, berikan target kepada sang anak agar bisa bertanggung jawab, salah satu contoh paling mudah adalah membersihkan atau merapihkan mainan ketika sang anak sudah selesai bermain, berikan mereka pengertian bahwa mereka harus bertanggung jawab dengan apa yang telah mereka perbuat, begitu juga dengan mainan yang mereka mainkan.

Ajarkan setelah mereka bermain, maka mereka harus merapihkan mainan mereka, meski begitu, hal ini tidak akan mudah, kita harus sabar karena rasa tanggung jawab tidak akan muncul begitu saja, tetapi anda harus terus mengajari sang anak agar sang anak mengerti dan memahami pentingnya rasa untuk bertanggung jawab atas segala apa yang telah mereka lakukan.

 

  • Berikan Jadwal

Anda bisa memberikan jadwal kepada anak anda untuk rutinitas sang anak, rutinitas bisa membuat anak anda menjadi anak mandiri, jadwal tersebut seperti jadwal kapan sang anak harus bangun, mandi, cuci muka, dan jam paling telat untuk makan malam, dan dengan jadwal tersebut, sang anak secara perlahan akan mengubah menjadi kebiasaan yang baik, dan hal tersebut akan dipikirkan oleh anak anda sehingga anak itu menjadi kebiasaan dan sang anak akan bisa mandiri sendiri.

Kebiasaan tersebut akan menjadikan sang anak untuk mandiri dengan bangun, dan rutinitas yang anda berikan kepada anak anda, tentu saja hal tersebut akan membantu anak anda dengan baik.

 

  • Negosiasi

Anak berusia tiga tahun ke-atas sudah mengerti cara negosiasi dengan orangtua, jika anak anda ingin sesuatu, maka anda bisa bernegosiasi dengan anak anda, kemampuan anak tersebut bisa dimanfaatkan agar sang anak bisa lebih mandiri, ketika anak melakukan protes atau complain dengan orang tua mereka, maka anda bisa mengajarkan mereka juga untuk negosiasi untuk hal lain-nya, misalnya sang anak tidak menyukai baju yang anda pakaikan kepada anak anda, maka anda bisa mengajarkan sang anak atau bernegosiasi dengan sang anak agar mereka mengambil baju yang mereka inginkan sendiri, hal ini akan membuat sang anak menjadi mandiri.

Hal tersebut akan membuat anak anda mulai merasa harus melakukan semua-nya sendiri dan akan membuat anak anda mandiri.

Menyayangi anak anda merupakan hal yang tidak salah, tetapi jika terlalu dimanjakan maka itu akan menjadi hal yang tidak baik bagi anak anda dan juga anda sendiri, untuk itu, anda harus bisa mengajarkan anak anda untuk mandiri dari usia dini, karena dengan begitu, sang anak akan terbiasa untuk hidup mandiri sejak dini.

Leave a reply
Cara Menghadapi Anak Yang CuekDampak Buruk Bohong Pada Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!