Lakukan Beberapa Trik ini agar Anak tidak Menangis di Sekolah!

13 November 2018

Hari pertama atau minggu pertama masuk sekolah untuk anak usia dini merupakan masa-masa yang cukup menantang. Perasaan asing dan takut di lingkungan yang baru terkadang membuat anak menangis. Anda bisa mencegah agar anak Anda tidak menangis saat di sekolah. Yuk, lakukan beberapa trik ini agar anak tidak menangis di sekolah.

Berikan Pemahaman tentang Kegiatan Sekolah sebelum Berangkat Sekolah

Anak tidak Menangis

sittercity.com


Trik pertama yang harus dilakukan agar anak tidak menangis di sekolah adalah dengan memberikan pengertian tentang kegiatan sekolah yang akan si kecil hadapi. Berikan pembekalan informasi tersebut sebelum berangkat sekolah.

Informasi berupa kegiatan yang akan dilakukan, teman-teman yang banyak, serta bertemu dengan guru. Memberikan informasi sebelum berangkat sekolah bertujuan agar anak Anda lebih familier dengan situasi yang akan dihadapinya.

Cobalah untuk Konsisten

Anak tidak Menangis

merries.co.id

Trik selanjutnya yang Anda bisa terapkan agar anak tidak menangis saat di sekolah adalah mencoba untuk konsisten. Jangan ambil anak Anda dari kelas dan menenangkannya ketika anak Anda menangis saat masuk sekolah. Hal ini bertujuan agar si kecil dapat beradaptasi dan menghadapi situasi di sekolah.

Anda perlu meyakinkan kepada anak Anda bahwa Anda akan berada di samping si kecil saat mengantarnya ke sekolah dan akan menjemput si kecil saat pulang sekolah. Berikan pengertian kepada anak Anda untuk tidak merasa takut. Saat mengantarkan si kecil, ucapkan selamat bersekolah dan katakan padanya Anda akan menjemputnya saat pulang sekolah. Lakukan hal ini setiap hari dan tetap konsisten.

Libatkan Guru

Anak tidak Menangis

k12insight.com

Trik agar anak tidak menangis di sekolah adalah dengan melibatkan guru di sekolah. Peran guru di sekolah si kecil sangatlah penting. Anda bisa berkomunikasi dengan guru tentang sifat dan kebiasaan anak Anda saat masuk sekolah. Tujuannya agar guru di sekolah memiliki persiapan untuk menghadapi anak.

Informasikan juga kepada guru si kecil tentang warna favorit, jadwal ke kamar mandi, makanan kesukaan, alergi atau penyakit yang dialami, dan kegiatan yang sering dilakukan. Sebelum masuk sekolah, pastikan guru mengetahui informasi tentang kebiasaan anak Anda sehingga guru bisa berantisipasi untuk menghadapi si kecil. Dengan begitu, guru memiliki cara untuk menenangkan dan membuat nyaman si kecil saat di sekolah.

Jangan Tiba-Tiba Menghilang

Anak tidak Menangis

.hsringwoodnth.catholic.edu.au

Si kecil akan sangat histeris ketika Anda tiba-tiba menghilang dari pandangan matanya. Ketika sampai di sekolah, ajak anak Anda berkeliling ke lingkungan sekolah atau mengajaknya untuk berbaur dengan teman-teman sebayanya. Hal ini bertujuan agar anak Anda merasa nyaman dan membuatnya mengalihkan pikirannya dari ketakutan dengan keadaan lingkungan sekolah yang baru. Anda bisa memeluk dan mencium si kecil sebelum meninggalkan sekolah, lalu katakan kalau Anda akan menjemputnya saat pulang sekolah.

Bawakan Barang Kesayangan

Anak tidak Menangis

rte.ie

Bawakan barang kesayangan si kecil merupakan trik lain yang bisa Anda gunakan agar anak tidak menangis di sekolah. Anda bisa menaruh barang kesayangannya seperti boneka atau mainan di dalam tas. Jika barang kesayangan si kecil cukup besar, Anda bisa menggantikan barang tersebut dengan menyiapkan bekal makanan favoritnya. Si kecil bisa merasa tenang ketika dia melihat barang kesayangan.

Beri Komentar yang Positif

Anak tidak Menangis

realgood.id

Tutup hari pertama sekolah si kecil dengan memberikan komentar yang positif tentang sikapnya dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama bersekolah. Tunjukkan kepada anak jika Anda bangga dengannya karena bisa bersekolah dengan baik. Komentar yang positif akan membangun kepercayaan diri si kecil sehingga dia akan bersemangat untuk bersekolah di keesokan harinya.

Coba terapkan trik-trik di atas agar anak tidak menangis di sekolah. Diperlukan konsistensi saat melakukannya. Selamat mencoba!

 

Leave a reply
Ini Loh, Manfaat Mengenalkan Permainan Monopoli bagi Anak!Mendandani Anak Gemuk, Lakukan Beberapa Trik ini!

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!