Kegiatan Liburan Seru, Bermanfaat untuk Anak

8 July 2022

Periode libur sekolah menjadi masa-masa yang menyenangkan bagi anak karena mereka tidak perlu bangun pagi dan berangkat ke sekolah. Tapi, periode liburan ini sebaiknya tetap dihabiskan dengan kegiatan yang bermanfaat. Tujuannya untuk selalu mengasah kinerja otak, fisik, dan pastinya mengembangkan kemampuan bersosialisasi si anak.

Ini dia beberapa ide kegiatan liburan yang bermanfaat untuk anak!

 

Mengunjungi Tempat Wisata Edukasi

Pixabay

Jika biasanya anak-anak pergi belajar ke sekolah, sekarang kita ajak belajar ke tempat wisata edukasi. Suasana pembelajaran pun lebih menyenangkan dan refreshing. Ajaklah anak ke tempat wisata edukasi yang mengandung unsur sejarah dan budaya. Contohnya dengan mengunjungi museum, candi atau perpustakaan.

Anak-anak yang tadinya hanya belajar secara teori, kini bisa melihat langsung benda/bangunan bersejarah. Bila perlu, tanyakan beberapa hal terkait objek wisata edukasi tersebut pada anak. Lalu kaitkan dengan pelajaran yang pernah ia dapatkan di sekolah.

 

Back to Nature

Pixabay

Tak kenal maka tak sayang. Bagaimana anak mau peduli dan merawat alam sekitar jika tidak diperkenalkan sejak dini? Saat libur sekolah, ajaklah anak ke alam bebas. Misalnya dengan mengunjungi kebun binatang atau tempat wisata alam. Tempat wisata tersebut mudah ditemukan di kawasan Bogor, Puncak, Bandung, Bali, dan Malang.

Berkunjung ke kebun binatang dapat menambah wawasan anak terhadap fauna dunia. Anak-anak juga diharapkan dapat memahami bahwa kita perlu melestarikan habitat mereka. Dengan demikian, rantai kehidupan dan ekosistem berjalan sempurna.

Sedangkan kunjungan ke tempat wisata alam dapat mengajarkan anak tentang keberagaman flora, fauna, dan fenomena alam. Selagi menikmati pemandangan yang indah, jelaskan bagaimana cara anak bisa berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam.

 

Gali Minat dan Bakat Anak

Pixabay

Cara mudah menggali minat dan bakat anak adalah mendaftarkannya ke berbagai kursus. Tapi sebelum betul-betul mendaftarkannya, ajak anak untuk berdiskusi. Jangan sampai anak merasa terpaksa untuk mengikutinya. Kursus yang dimaksud sebaiknya terkait kemampuan yang di luar pelajaran sekolah. Misalnya kursus bahasa, musik, dance, atau melukis.

 

Liburan di Rumah Saja

Pixabay

Tidak semua orangtua bisa cuti dari pekerjaan selagi anak libur sekolah. Kalau sudah seperti ini, cara terbaik untuk melakukan kegiatan liburan bermanfaat ya di rumah saja. Liburan di rumah bisa tetap terasa menyenangkan, kok. Di saat orangtua bekerja, anak bisa menikmati tontonan edukasi atau film dengan pesan moral. Lalu diselingi juga dengan game edukasi seperti menyusun balok, permainan tradisional, dsb.

Pada akhir pekan, nikmati quality time dengan keluarga. Kegiatan ini bisa diisi dengan berdiskusi bersama. Bisa juga dengan pergi staycation di hotel terdekat. Alternatif lainnya adalah mengajarkan kegiatan sehari-hari seperti belajar memasak atau mencoba resep baru.

 

Persiapan Sekolah

Pixabay

Liburan memang seru, tapi jangan terlena. Pasalnya anak harus melanjutkan sekolah pada waktu yang telah ditentukan. Agar anak bisa move on dari liburan dan bersemangat menyambut periode sekolah, lakukan persiapan sekolah. Bawa anak ke pusat perbelanjaan untuk belanja kebutuhan sekolah. Cari tahu periode promo back to school supaya budget tetap terkendali. Setelah itu, ajak anak untuk melakukan check up kesehatan tubuh, mata, dan perawatan gigi. Kondisi tubuh yang fit dapat mendukung konsentrasi anak saat belajar di sekolah.

Yuk, mulai susun jadwal dan budget untuk melakukan kegiatan-kegiatan liburan di atas! Jangan lupa libatkan anak dalam penyusunannya, karena pada dasarnya kegiatan liburan tersebut diperuntukkan bagi si anak. Kalau anak merasa tidak sreg, tentu manfaatnya akan kurang terasa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 788

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Makanan Yang Bikin Balita SenangPre-school Terbaik di Indonesia

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!