Kebiasaan Yang Bikin Gigi Tonggos 

14 February 2020

Setiap orang ingin memiliki susunan gigi yang rapih dan baik, hal itu akan membuat penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri mereka, dan tentu saja hal tersebut sering membuat orang membayar harga mahal untuk mendapatkan susunan gigi tonggos menjadi rapi dan memperbaikinya.

Ternyata susunan gigi yang tidak rapih seperti gigi tonggos dapat dicegah ketika anak masih berusia kecil, karena pertumbuhan gigi yang tidak rapi biasanya dipengaruhi oleh kebiasaan kebiasaan saat masih kecil, dan jika anak Anda menjauhi kebiasaan tersebut, maka pertumbuhan giginya akan lebih baik dan rapih.

Untuk itu, Anda harus mengetahui kebiasaan penyebab gigi tonggos ya.

  • Bernapas Lewat Mulut

Normalnya kita bernapas melalui hidung, tetapi pada kondisi tertentu seperti flu atau pilek kita akan tersumbat dan kesulitan bernapas hingga membuat kita mau tidak mau bernapas melalui mulut.

Bernapas lewat mulut ketika sedang mengalami sakit tersebut boleh dilakukan, tetapi jangan biarkan hal tersebut menjadi suatu kebiasaan, karena bernapas lewat mulut dapat merubah bentuk rahang dan alhasil akan membuat gigi anak tumbuh tidak rapih atau tonggos.

 

  • Menghisap Jempol

Kebiasaan menghisap jempol juga adalah fase perkembangan yang wajar bagi semua anak balita, kebiasaan ini memiliki manfaat tertentu, tetapi kebiasaan menghisap jempol akan membuat gigi tonggos jika hal tersebut terus dilakukan meski anak Anda sudah tumbuh gigi.

Hal itu terjadi karena ketika menghisap jempol, anak akan melakukan gerakan maju mundur, gerakan itu akan merubah bentuk rahang si kecil hingga gigi anak akan tumbuh lebih maju atau tonggos.

 

  • Menggigit Kuku

Tidak hanya orang dewasa yang melakukan hal ini, orang dewasa biasanya memiliki kebiasaan menggigit kuku, tetapi beberapa anak terkadang juga bisa melakukan hal tersebut, dan jika Anda salah satu-nya Anda harus ingatkan anak agar tidak melakukan hal tersebut, karena menggigit kuku akan mengubah bentuk rahang.

Umum-nya orang menggigit kuku karena rasa cemas, dan untuk itu Anda bisa tahu bagaimana anak Anda bisa merasa cemas untuk dapat menghentikan kebiasaan tersebut.

 

  • Menggunakan Dot

Apakah Anda sering diingatkan oleh orang tua Anda untuk tidak boleh memakai dot terlalu lama? Hal itu memang benar karena jika Anda terlalu lama memakai dot, maka gigi anak Anda akan terbentuk maju ke

depan dan akan membuat anak Anda tonggos, kebiasaan tersebut tentu saja akan merubah bentuk rahang si kecil dan membuat gigi mereka tumbuh tidak rapih, ini juga menjadi salah satu alasan mengapa lebih baik memberikan ASI secara langsung dan tidak menggunakan dot.

 

  • Menggosok Gigi Dengan Cara Yang Salah

Ketika anak sudah memiliki gigi, maka Anda harus mengajarkan anak Anda untuk sikat gigi sendiri agar dapat menjaga kebersihan gigi mereka, dan pastikan Anda mengajarkan menggosok gigi tersebut dengan cara yang benar, karena jika cara tersebut salah, itu akan bisa membuat gigi anak menjadi tonggos.

Gigi anak masih mudah bergerak saat masih masa pertumbuhan, itu yang akan menjadi tugas berat bagi Anda untuk mengajari anak Anda cara sikat gigi yang benar.

 

  • Gigi Berlubang

Selama masa pertumbuhan, anak perlu menggunakan kedua sisi rahang mereka secara seimbang, selama masa itu, rahang anak masih dapat berubah, dan jika anak hanya menggunakan salah satu sisi rahang, maka rahang anak akan berubah dan gigi anak akan berpotensi menjadi tonggos, dan tentu saja salah satu alasan mengapa itu bisa terjadi karena adanya gigi berlubang, karena itu Anda harus menjaga kebersihan mulut anak agar tidak ada gigi berlubang ya.

 

  • Mencabut Gigi Terlalu Cepat

Beberapa orang tua sering memilih untuk mencabut gigi susu anak yang telah goyang saat sedang beralih ke gigi dewasa, tujuannya adalah untuk membuat si kecil lebih nyaman dan agar gigi anak tidak copot saat ia sedang tidur atau makan.

Hal ini ternyata bisa membuat gigi anak tonggos, karena jika gigi susu dicabut sebelum waktunya, gigi dewasa akan butuh waktu yang lebih lama untuk tumbuh, dan ruang kosong yang timbul akan membebaskan gigi lain untuk bergerak dan menjadi tidak rapih.

Itu adalah beberapa kebiasaan yang bisa membuat gigi anak tonggos, dan jika Anda melihat anak Anda memiliki salah satu dari kebiasaan tersebut, maka segera dihentikan yah.

 

Leave a reply
Dampak Memaksa Anak Membaca Melatih Anak Agar Berani Dan Mandiri 

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!