Jangan Beri Bekal “Sampah” untuk Anak! Yuk, Intip Bekal Sehat untuk Anak TK

3 December 2016

Membawa bekal untuk anak TK memang dianjurkan. Namun, sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh LeedsUniversity di Inggris menemukan bahwa dari 5 anak yang membawa bekal, hanya 1 anak yang memenuhi kategori “bekal sehat”. Sisanya, banyak bekal anak TK yang mengandung gula, garam, dan lemak jenuh dalam kadar yang relatif tinggi. Padahal, sudah menjadi rahasia umum bahwa kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan anak.

Lalu, seperti apa sih “bekal sehat” itu?Bekal anak TK yang sehat, adalah bekal yang mencukupi kebutuhan gizi si anak. Idealnya, di dalam bekal terkandung karbohidrat, protein, lemak, dan sayur. Nah, masalahnya, banyak anak TK yang tidak menyukai sayuran. Jika demikian, bunda dituntut kreatif untuk menyelipkan sayuran diantara bekal yang dia bawa.Mau tahu caranya? Yuk, simak cara kreatif yang dapat digunakan untuk menyiapkan bekal anak TK yang sehat dan lezat.

  • Makanan Siap Saji versi Sehat

Makanan Siap Saji versi Sehat

Makanan Siap Saji versi Sehat

Coba tengok bekal si kecil pasti banyak yang menyajikan makanan siap saji. Meski kita tahu kandungan gizinya kurang, tapi seakan kita menyerah pada kemauananak. Nah, untuk anak TK, bunda perlu membiasakan anakmengonsumsi makanan sehat sedari dini. Ada cara yang bisa Bunda coba, yaitu dengan menambahkan sayuran pada makanan yang anak sukai. Jika anak gemarnugget, bunda bisa membuat nugget sayur untukbekal anak TK.

Bahan:

  1. Daging ayam giling
  2. Wortel yang telah diparut
  3. Brokoli,dikukus dan dicincang halus
  4. Keju dipotong dadu kecil
  5. Telur
  6. Tepung roti

Bumbu:
Bawang putih, lada, garam

Cara Membuat:

  1. Masukkan daging ayam giling, parutan wortel, dan brokoli yang telah dicincang halus ke dalam wadah. Tambahkan telur, kemudian campur hingga merata.
  2. Beri potongan keju, lada, garam, dan bawang putih. Aduk kembali hingga rata.
  3. Tambahkan tepung roti secukupnya agar adonan tidak terlalu encer.
  4. Kukus adonan hingga matang. Lalu angkat dan dinginkan.
  5. Setelah dingin, potong-potong sesuai selera.
  6. Celupkan pada kocokkan telur, dan gulingkan di tepung roti.
  7. Nugget sayur telah jadi untuk bekal anak TK. Nugget bisa langsung digoreng atau disimpan di dalam lemari es.
  • Sandwich Sehat

Sandwich Sehat

Sandwich Sehat

Sandwich (roti apit) kerap menjadi pilihan bekal anak TK. Selain rasanya yang nikmat, bekal ini juga mudah untuk dibuat. Kesalahan yang sering dilakukan adalah, menggunakan makanan olahan seperti daging asap, daging patty, dan sosis sebagai isian. Perlu bunda ketahui bahwamakanan olahantersebut tidak sehat karena mengandung lemak, garam, dan zat kimia yang tidak baik untuk tubuh. Alternatif lainnya, bunda bisa mengganti dengan telur mata sapi, ikan tuna, atau daging pattyyang telah diolah sendiri untuk bekal anak TK. Untuk resep kali ini, kami menggunakan daging pattyyang diolah sendiri.

Bahan Sandwich:
Roti tawar, selada, keju cheddar, tomat, saus tomat, sedikit mayones.

Bahan Isian Sandwich:
Daging cincang, bawang bombay dicincang kasar, lada, garam, telur, tepung tapioka.

Cara Membuat:

  1. Buat isian terlebih dahulu.
  2. Masukkan daging cincang, bawang bombay, lada, garam, dan telur. Campur hingga menyatu. Beri tambahan tepung tapioka hingga campuran dapat dicetak.
  3. Cetak dengan ukuran serupa roti tawar yang digunakan. Kemudian goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  4. Ambil satu lambar roti tawar tanpa pinggiran, letakkan selada, keju, isian daging-yang telah dibuat, dan tomat. Beri sedikit saus tomat dan mayonessebagai pelengkap rasa. Kemudian tutup dengan roti tawar. Potong menjadi 2 bagian, dan bekal anak TK sudah siap untuk dibawa.

Bekal anak TK dapatdilengkapi dengan susu segar yang telah direbus hingga mendidih dan diberi sedikit gula. Tambahkan juga potongan buah untuk melengkapi gizinya.

Demikian bekal anak TK yang sehat dan nikmat. Selamat mencoba!

Leave a reply
cBingung Mengajari Anak Belajar Baca? Yuk, Intip Cara Seru dan Efektif Mengajari Anak TK Belajar Baca

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!