Jadi Orang Tua Super Sibuk, Ini Caranya Habiskan Quality Time dengan Anak

7 August 2019
Quality Time

pixabay.com

Menjadi orang tua yang bekerja harus pintar-pintar mencari peluang. Tak hanya sibuk dengan urusan pekerjaan di kantor, Anda juga dituntut untuk menyediakan waktu yang cukup demi memantau tumbuh kembang anak. Meskipun hanya sebentar, kehadiran orang tua dalam keseharian anak ternyata sangat penting untuk perkembangan mental si kecil. Bagi kalian yang super sibuk, ini cara yang efektif untuk menghabiskan quality time dengan anak.

1. Minta Bantuan Anak Kerjakan Tugas Rumah

Quality Time

pixabay.com

Setelah menjalani hari yang sibuk di kantor, masih ada banyak tugas yang masih harus diselesaikan ketika sampai di rumah. Mulai dari membersihkan rumah, membuang sampah hingga mengerjakan hal-hal kecil lainnya. Semuanya akan membuat Anda cepat lelah, terlebih bila  tidak memiliki asisten rumah tangga.

Mintalah bantuan anak mengambil peran dalam pekerjaan rumah. Bagi balita yang sudah memasuki usia 4 atau 5 tahun, Anda bisa menugaskan mereka mengatur meja untuk makan malam atau merapikan mainan yang berserakan. Bila sedang memasak, Anda juga bisa meminta bantuan mereka. Tak hanya menghabiskan quality time dengan anak, Anda juga akan mengajarkan mereka bertanggung jawab atas kebersihan hunian yang ditempati.

2.Manfaatkan Waktu Sebelum Tidur

 

Setelah selesai menyantap makan malam, Anda bisa menggunakan jeda waktu tersebut untuk berbicara dengan si kecil. Bila cuaca memungkinkan, ajak anak berjalan mengelilingi halaman rumah atau kompleks dan tanyakan mengenai aktivitasnya selama berada di sekolah.

Ketika sudah selesai, minta anak untuk mempersiapkan dirinya untuk tidur yakni dengan memakai piyama serta menggosok gigi. Anda bisa membacakan cerita serta menemaninya hingga tidur.

3. Main Game

Quality Time

pixabay.com

Kegiatan lainnya yang bisa Anda coba untuk membuat quality time dengan anak adalah bermain game. Ternyata banyak permainan asyik yang bisa Anda mainkan bersama tanpa bantuan gadget. Mulai dari kartu, ludo, halma, monopoli, scrable hingga catur. Tak perlu banyak mengobrol dan nikmati keseruan saat permainan berlangsung.

Meskipun terlihat sederhana, permainan-permainan diatas ternyata memberikan efek yang bagus bagi perkembangan kognitif dan mental si kecil. Misalnya mereka akan belajar mengenai cara berhitung, mengatur keuangan, hingga bagaimana berpikir kritis untuk memecahkan masalah.

4. Berlibur Bersama

Quality Time

pixabay.com

Berlibur bersama merupakan salah satu opsi quality time dengan anak yang cukup sering dilakukan orang tua bekerja. Tak hanya berlibur ke luar kota atau luar negeri, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sekitar tempat tinggal. Misalnya kebun binatang, pantai, museum atau taman bermain. Mintalah pendapat si kecil manakah tempat yang ingin sekali ia kunjungi.

Bila tidak memiliki waktu yang panjang untuk berlibur bersama, Anda bisa menggantinya dengan mengajak si kecil ‘kencan’. Misalnya pergi bersama ke bioskop, makan malam di restoran atau sekedar berjalan kaki di pusat kota sambil menikmati es krim favoritnya.

5. Membantu Anak Mengerjakan Tugas

Quality Time

pixabay.com

Anak, terutama yang masih berusia di bawah enam tahun, akan senang bila orang tua memperhatikannya dalam hal-hal kecil termasuk saat mengerjakan tugas sekolah. Membantu anak bukan berarti mengambil alih tanggung jawab untuk mengerjakan tugas tersebut. Namun Anda harus memberi arahan yang benar. Karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk terus belajar dan memperluas pengetahuan.

5 hal diatas bisa diterapkan orang tua yang sibuk untuk menghabiskan quality time dengan anak. Agar semua berhasil, usahakan Anda harus fokus kepada sang anak. Sebisa mungkin singkirkan ponsel atau komputer saat Anda bersama dengan mereka.

Leave a reply
Anak Susah Diatur? Ini Saatnya Mencoba HypnoParentingAnak Bermimpi Buruk Saat Tidur? Lakukan 7 Tips ini Untuk Menguranginya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!