Ini Dia Cara Jitu Home Learning!

30 March 2020

Demi melakukan physical-distancing dalam rangka memperlambat laju penyebaran virus Corona, kini sekolah-sekolah banyak memberlakukan program online atau home learning. Adanya kegiatan belajar di rumah tersebut pun tentunya menjadikan Moms mau tidak mau harus berperan serta sebagai “guru” di rumah. Sempat viral di media sosial, banyak orangtua yang ternyata merasa kewalahan dan merasa rindu saat-saat anak belajar di sekolah selama periode self-quarantine ini. Tenang saja, Moms, wajar saja kok jika Anda mengalami kesulitan dalam menyuruh si kecil belajar atau mengerjakan tugas di rumah. Tidak perlu merasa gagal atau stres berlebih, ya! Berikut ini merupakan 3 cara yang bisa membuat anak menjadi mudah belajar di rumah menurut bestofparenting.com. Boleh dicoba, cara jitu home learning nih!

 

1. Memecah Tugas Besar Menjadi Kecil

 Kadang penyebab anak menjadi malas saat disuruh belajar atau mengerjakan PR adalah karena menumpuknya tugas yang harus dikerjakan. Dengan begitu, sang anak sudah merasa terbebani dengan tugas yang bertumpuk dan alhasil muncullah rasa enggan. Nah, apabila masalah ini yang dihadapi, Moms bisa membantu si kecil dengan cara membagi atau memecah-mecah tugas tersebut untuk dikerjakan. Misalnya saja, jika satu PR memiliki soal yang banyak, akan lebih baik jika dicicil setiap 3-4 jam sekali sehingga anak tidak merasa jenuh dan bosan dalam mengerjakan tugasnya.

 

2. Beri Pilihan

Anak – anak biasanya tidak suka jika terlalu dituntut dalam mengerjakan segala hal namun jika dibiarkan terlalu bisa juga membuatnya menjadi sulit diarahkan. Maka dari itu, memberikan pilihan kepada anak dapat menjadi salah satu cara yang efektif agar anak merasa tidak terlalu dituntut. Sebagai contoh, daripada langsung menyuruh anak untuk belajar berilah pilihan untuk belajar setelah atau sebelum waktu bermain. Dengan memberikan pilihan, anak akan merasa dirinya dapat dipercaya dan belajar cara bertanggung jawab.

 

3. Jaga Ekspektasi Anak

Setiap orang tua pasti berharap agar anaknya menjadi yang terbaik dalam setiap bidang pelajaran akan tetapi ternyata cara ini salah, loh! Pahamilah bahwa setiap anak memiliki bakat, talenta, dan cita-cita tersendiri. Maka dari itu, kita sebagai orangtua sangat tidak disarankan untuk menuntut anak menjadi sempurna dalam semua hal. Jangan sampai tuntutan ini membuat anak jadi malas belajar. Berilah motivasi kepada anak Anda sesuai minat mereka. Cari tahu pelajaran apa yang anak Anda sukai, dan berilah dorongan untuk mengeksplorasi hal-hal yang menarik minatnya tersebut. 

 

Selain 3 cara jitu home learning di atas, Moms juga harus ingat bahwa sikap dan perilaku anak seringkali terbentuk dengan mencontoh orangtuanya. “Monkey see, monkey do”. Sebagai orangtua, ayo berikan contoh sikap dan semangat belajar yang baik di depan anak-anak, ya!

 

Leave a reply
Hal Ini Buat Rileks Dari Virus Corona!Inilah Gejala Virus Corona Pada Anak!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!