Ini Dia 5 Faktor yang Membuat Anak Terlambat Bicara

17 February 2019

Satu hal yang paling ditakuti oleh orangtua dalam perkembangan anak adalah ketika anak terlambat bicara. Ya, kondisi ini dapat memberi dampak besar pada banyak hal. Anak terlambat bicara dapat membuat orangtua menjadi tak dapat berkomunikasi dengan anak, membuat anak tak bisa masuk sekolah sesuai usia, dan juga membuat anak jadi kurang bisa menyerap ilmu dengan baik.

Nah, jangan sampai penanganan pada anak terlambat bicara tak segera anda lakukan. Untuk itu, anda harus mengetahui apa saja hal-hal yang membuat anak terlambat bicara. Ketahui dan segera tangani dengan baik, ya.

Kurangnya komunikasi

Anak bisa karena dia terbiasa untuk melakukan sesuatu, termasuk berbicara. Banyak orangtua yang tidak mengontrol perkembangan verbal anak dan hanya mencukupi kebutuhan anak di sisi lain, semisal finansial dan gizi semata. Orangtua yang sibuk juga terkadang melupakan aspek ini, padahal, tidak semua baby sitter rajin untuk mengajak bicara anak sejak bayi.

Faktor ini dapat membuat anak terlambat bicara. Pasalnya, anak tidak tahu harus menggunakan kosakata apa untuk mengungkapkan maksud hatinya. Nah, untuk itu, rajinlah mengajari anak bicara. Bila anda sibuk, anda dapat melakukannya di akhir minggu atau sepulang kerja.

Struktur gigi dan bentuk lidah

Anak terlambat bicara tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan saja, tetapi juga faktor fisik anak. Adanya struktur gigi dan lidah yang bermasalah juga dapat membuat anak kesulitan untuk mengikuti apa yang dia dengar.

Untuk mengetahui hal ini, anda bisa segera memeriksakan anak ke dokter gigi anak dan juga dokter anak. Lakukan penanganan sedini mungkin supaya nantinya hal ini tak berlanjut hingga dia tumbuh besar.

 

Lingkungan dwibahasa

Sebetulnya, kondisi ini tergantung pada anak. Ada anak yang cepat bicara meskipun dibesarkan di lingkungan dwi bahasa, tetapi ada pula yang mengalami keterlambatan bicara karena bingung bahasa mana yang harus digunakan untuk berbicara.

Untuk itu, lebih baik ajarkan saja satu bahasa saat anak bayi. Kemudian, ketika anak sudah mulai bisa berbicara dalam satu bahasa, baru ajarkan bahasa lain. Dengan begitu, anak pun tetap bisa berbicara lebih dari satu bahasa.

 

Masalah pendengaran

Anak Terlambat Bicara

Anak dengan masalah pendengaran sulit untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang lain sehingga dia tak dapat mempraktikkannya. Itulah yang kemudian membuatnya mengalami keterlambatan bicara. Nah, untuk mengetahui hal ini, perhatikan sejak kapan dia kesulitan untuk mendengar. Bisa saja hal ini diakibatkan oleh penyakit seperti infeksi telinga misalnya.

Bawa anak dengan segera ke dokter anak. Bila memang masalah pendengaran merupakan hal yang dialami oleh anak, maka dokter anak pun akan memberikan rujukan ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Permasalahan otak

Permasalahan pada bagian oral motor di otak anak juga dapat membuat anak menjadi terlambat bicara. Hal ini membuat gerak bibir, lidah, dan bagian otak menjadi tidak sinkron dan membuat anak menjadi terlambat bicara.

Anda harus pergi ke dokter untuk memastikan hal ini dan melakukan tes tertentu. Penanganannya pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi dengan kesabaran hal ini dapat diatasi.

Itulah beberapa faktor yang membuat anak terlambat bicara. Segera lakukan penanganan tepat seperti terapi wicara dan juga menghindari beberapa kebiasaan untuk membuat anak dapat berbicara dengan cepat, ya.

Leave a reply
Jangan Terburu-Buru, Ini 5 Tanda Anak Batita Belum Siap DisekolahkanCiri Preschool yang Memiliki Kualitas Bagus Untuk Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!