Ingin Anak Aktif? Berikan Permainan!

10 March 2020

Apabila anak Anda merupakan anak hiperaktif Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut, anak hiperaktif adalah anak yang mengalami gangguan tingkah laku tidak normal yang akan membuat mereka lebih aktif dari anak lainnya. Namun jangan khawatir, bila Anda ingin anak aktif banyak cara yang bisa dilakukan.

Hal tersebut dikarenakan disfungsi neurologia dimana hal tersebut membuat anak-anak tidak mampu fokus pada satu hal.

Gangguan pada sang anak tentu saja membutuhkan penanganan khusus terutama anak tersebut akan memiliki stamina yang luar biasa dan tidak akan pernah mengenal kata lelah, terlebih jika Anda sudah menemani mereka untuk bermain selama seharian penuh.

Dan ketika anak mulai merasa cemas akan suatu hal dan terlihat lebih agresif, Anda bisa memberikan beberapa permainan seperti yang akan kami infokan agar si kecil menyalurkan rasa ingin tahunya dengan benar, dan berikut informasi akan hal tersebut.

  • Ajak Bermain Di Luar Rumah

Anda harus bisa menjaga anak Anda agar tetap sibuk dengan salah satu cara yaitu membiasakan mereka melakukan sesuatu di luar rumah, hal tersebut bisa mengurangi tingkat kecemasan pada anak yang hiperaktif.

Salah satu alasan mengapa ajak anak Anda bermain di luar rumah karena anak hiperaktif adalah anak yang cepat bosan, dan anak tersebut tidak bisa duduk diam dalam jangka waktu yang lama, dan ketika mereka berada di luar rumah, maka mereka akan bisa bermain di tanah lapang dan membuat mereka melakukan sesuka hati mereka seperti menari, berlari, bermain loncat-loncatan, maupun berteriak tanpa adanya batasan yang melarang mereka melakukan hal tersebut.

Selain melakukan hal yang menyenangkan tersebut, kegiatan tersebut bisa membuat anak Anda mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi, dan tentunya vitamin D tersebut merupakan peran penting untuk perkembangan tulang dan sistim kekebalan tubuh si kecil.

 

  • Bermain Lego

Lego bisa menjadi salah satu Andalan Anda untuk mengajak anak Anda bermain, mainan tersebut juga merupakan mainan yang terkenal di seluruh dunia, Lego adalah mainan yang menyenangkan dan bisa mengembangkan keterampilan dan keterampilan anak-anak.

Ketika anak hiperaktif membuat sesuatu dari Lego, maka ia akan mengenal berbagai konsep dasar dari bentuk, warna, dan juga tentang sebuah ruangan.

Dan tanpa sadar, anak akan membuat hal tersebut dan mengasah logika mereka dimana mereka harus berpikir bagaimana cara membuat Lego tersebut sesuai dengan konsep Lego yang mereka ingin bikin atau bentuk.

 

  • Bermain Puzzle

Gangguan hiperaktif memang terkadang membuat anak sulit untuk berkonsentrasi, dan anak-anak yang mengalami gangguan tersebut sebaiknya diberikan kegiatan positif seperti bermain puzzle.

Anak yang mengalami gangguan hiperaktif sebaiknya Anda berikan kegiatan positif seperti bermain puzzle, dan melalui puzzle ia akan menyusun gambar yang di-acak terlebih dahulu, dan hal tersebut akan membuat si kecil penasaran dan akan membuat mereka ingin mencoba menyusun potongan tersebut sehingga menjadi gambar yang utuh.

Selain membuat mereka meningkatkan konsentrasi si kecil, bermain puzzle juga bisa membantu melatih koordinasi tangan dan mata pada anak, dan kedua hal tersebut merupakan hal yang penting bagi anak hiperaktif.

 

  • Bermain Dengan Binatang

Ketika anak hiperaktif diajak bermain dengan se-ekor binatang peliharaan, hal tersebut akan membuat anak tersebut memiliki sikap disiplin, rasa kasih sayang dan juga perhatian.

Interaksi antar anak dengan binatang tersebut bisa membuat mereka memiliki dukungan emosional dan membantu menjaga kesehatan mentalnya dalam jangka panjang, mereka juga akan menjalankan tanggung jawab mereka saat memelihara binatang seperti memandikan, memberikan makanan, dan membersihkan kAndang tersebut.

Rutinitas tersebut bisa membuat si anak aktif jika Anda ingin anak aktif dan menyalurkan energi pada diri anak sehingga ia bisa menjadi lebih tenang.

 

Leave a reply
Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak!Anak Pandai Bergaul? Ini Tandanya!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!