Hujan-Hujanan Bersama Anak

14 November 2019

Setiap anak kecil tentu akan menyukai bermain hujan-hujanan ketika sedang ada hujan di luar rumah, dan memang hujan selalu menggoda setiap anak-anak untuk bermain di luar rumah, karena itu terkadang mereka akan meminta anda mengizinkan mereka untuk keluar untuk bermain dengan hujan.

Dan agar anak anda memiliki pengalaman dengan bermain hujan, sebenarnya ada baiknya untuk anda mengizinkan mereka sesekali bermain hujan dengan tips dari kami sebagai berikut, agar anak anda tidak mengalami sakit karena bermain hujan-hujanan.

Orang tua sering menolak penawaran anak mereka untuk hujan-hujanan karena setiap orang tua memiliki alasan tersendiri, dan salah satu yang paling sering dijadikan alasan adalah ketika anak bermain hujan di luar rumah, maka anak akan mengalami sakit.

Salah satu virus yang membuat anak sakit adalah Rhinovirus, virus tersebut sangat berkembang baik di dalam tubuh manusia, terutama ketika suhu tubuh seseorang menurun, udara dingin hujan memang membuat suhu tubuh anak atau seseorang sekaligus sistem kekebalan tubuh yang membuat anak akan lebih mudah sakit.

Main hujan juga bisa membuat anak memiliki risiko terjatuh atau terpeleset karena si kecil akan bermain di luar dan terpeleset karena jalan akan menjadi lebih licin, meski begitu, bermain hujan dapat mengembangkan pengetahuan anak mengenai hujan dan juga meningkatkan kemampuan motorik sang anak.

Dan tentu saja hal tersebut akan membuat anda tidak ada salahnya mengizinkan anak anda untuk main hujan sesekali dengan menerapkan beberapa tips supaya anak anda tidak mengalami jatuh sakit.

  • Pastikan Tubuh Anak Fit

Bermain dengan air hujan memang memberikan manfaat untuk anak anda, tetapi bukan berarti anda harus memberikan anak anda izin untuk bermain di luar ketika sedang hujan.

Sebelum memberikan izin tersebut, anda harus memastikan kondisi kesehatan anak terlebih dahulu, jika kondisinya kurang fit, sebaiknya jangan berikan izin kepada anak anda agar anak anda tidak terkena sakit karena bermain hujan.

Karena bermain hujan sendiri akan mempengaruhi kekebalan tubuh sang anak, dan akan membuat anak lebih mudah jatuh sakit, ajaklah anak anda bermain hal lain di dalam rumah agar diri si kecil akan tetap senang karena dirinya tidak di izinkan bermain di luar rumah.

  • Persiapkan Kebutuhan Si Kecil

Anak anda agar dapat bermain hujan di luar dengan aman dan nyaman harus anda siapkan sejak awal, anda bisa mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan oleh anak anda.

Main hujan bukanlah berarti anak anda atau anda harus basah-basahan tanpa pelindung, anda bisa memberikan anak anda payung, jas hujan, atau sepatu boot untuk anak anda bermain di luar rumah, meski alat alat tersebut tidak melindungi setiap anak secara sempurna, tetapi hal hal tersebut dapat mengurangi resapan air yang mengenai anak anda.

  • Awasi Anak

Membiarkan anak anda bermain hujan tanpa pengawasan memang akan lebih membuat anak anda mengeksplorasi banyak hal secara bebas, meski begitu, jika anda tidak mengawasi anak anda, maka akan ada risiko dimana anak anda akan bermain jauh dari rumah atau di area yang kurang aman seperti jalan curam, atau jalan yang sering dilewati oleh kendaraan.

Pastikan anak anda ketika anda memberikan izin kepada anak anda agar tetap berada di sekitar anak anda, dan temanilah anak anda agar tidak terjadi hal yang tidak anda inginkan.

  • Jangan Bermain Terlalu Lama

Salah satu syarat yang anda harus lakukan berikan kepada anak anda ketika anak anda bermain hujan-hujanan adalah berikanlah waktu kepada anak anda agar tidak bermain air hujan terlalu lama.

Selain anda bisa mengawasi gerak gerik anak anda, anda juga harus bisa menentukan batas waktu anak anda bermain hujan di luar rumah, karena jika bermain terlalu lama bisa membuat tubuh anak anda kedinginan dan akan mudah terkena penyakit.

Jika perlu, anda bisa memasang timer di ponsel anda untuk mengingatkan batas waktu bermain anak anda di luar rumah.

  • Segera Ganti Baju

Jika anak anda usai  bermain hujan di luar rumah anda, anda harus langsung menggantikan anak anda baju dan hangatkan tubuh anak anda, ajak anak anda untuk mandi dan membersihkan diri setelah bermain, hal tersebut memiliki tujuan untuk menghilangkan kotoran yang mungkin saja menempel di kulit anak.

Setelah itu, keringkan tubuh anak dan pakaikan anak anda baju yang lebih tebal dan buatkan minuman yang hangat atau panas sehingga suhu tubuh anak anda yang tadinya dingin karena bermain hujan menjadi lebih hangat setelah anda berikan minuman tersebut kepada anak anda dan membuat anak anda tidak mudah terkena penyakit karena kedinginan tadi.

Leave a reply
Trik Agar Anak Mau MendengarkanWaspadai Penyakit Mata Si Kecil

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!