Hal Ini Buat Rileks Dari Virus Corona!

27 March 2020

Semakin meningkatnya populasi yang positif terkena Corona, tentunya membuat Moms menjadi semakin waspada terhadap lingkungan sekitar. Banyak hal preventif yang dilakukan untuk menjaga keluarga dari virus Corona ini, salah satunya adalah penerapan physical distancing. 

Namun, sebetulnya tidak hanya kesehatan fisik saja yang perlu dijaga, tetapi juga pikiran. Banyak orangtua yang terlalu mencemaskan virus ini hingga membuat diri semakin takut dan panik berlebih. Ini tentunya tidak baik bagi kesehatan pikiran karena akan menimbulkan stress. Ini sangat penting untuk diperhatikan, karena stress dapat membuat tubuh menjadi semakin rentan terhadap berbagai penyakit, loh. Lantas bagaimana supaya Moms tetap memiliki pikiran yang sehat dan tetap tenang dalam menghadapi virus Corona? Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar bisa rileks dari corona:

  1. Tetap Aktif Bergerak

Meskipun Moms hanya berada di rumah, pastikan untuk tetap bergerak dan melakukan aktivitas rumah tangga. Jika merasa pekerjaan sudah selesai, Moms bisa melakukan aktivitas positif lainnya seperti berolahraga. Hal ini dapat menjadi alternatif dalam menghindar dari kecemasan berlebih terhadap pemberitaan mengenai COVID-19. Selain itu, olahraga dapat memperkuat imun dan stamina tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

 

  1. Membatasi Penggunaan Media Sosial

Karena merebaknya virus ini, Moms menjadi sering membaca berita-berita terkait wilayah mana yang sudah terinfeksi. Ketika radius semakin dekat dengan wilayah rumah, seketika Moms menjadi merasa panik. Betul, bukan?

Namun pada kenyataannya, Moms tidak perlu panik karena keluarga tentunya sudah melakukan physical distancing dan anak pun dalam pengawasan Moms di rumah. Oleh karena itu, tidak perlu terlalu cemas. Moms juga perlu membatasi penggunaan gadget untuk mencari berita tentang Corona. Lebih baik Moms mencari informasi terkait hal-hal positif yang dapat dilakukan di rumah selama physical distancing.

 

  1. Jangan Hanya Berfokus Pada Hal Negatif

Jangan terlalu memikirkan hal-hal negatif dari dampak yang diberikan virus ini saja. Moms juga harus melihat dari sisi positifnya. Meskipun virus ini telah menyebar ke berbagai manusia di berbagai negara, namun Moms juga dapat melihat sisi positifnya yaitu banyak juga pasien yang berhasil sembuh dari virus ini secara global. Saat ini pun beberapa negara mulai bangkit kembali, salah satunya China. Tidak hanya itu, banyaknya aktivitas work from home dan pembatasan aktivitas perusahaan dan industri juga membuat kadar polusi di dunia turut mengalami penurunan, loh!

 

  1. Tetap Jaga Pola Makan Dan Tidur Dengan Teratur

Meskipun Moms merasa cemas ataupun panik mengenai virus pademik ini, pastikan untuk tetap menjaga pola makan dan istirahat yang cukup, ya. Jangan sampai kecemasan ini membuat Moms lupa makan, apalagi tidak bisa tidur. Moms juga dapat melakukan hal positif seperti melakukan hobi maupun melakukan aktivitas self-care dengan si buah hati!

 

  1. Tetap Berhubungan Dengan Teman

Meskipun keluarga saat ini sedang melakukan physical distancing, pastikan untuk tetap melakukan kontak dengan teman-teman yang ada. Moms dapat melakukan aktivitas positif seperti bercerita melalui media sosial atau bertelepon untuk menanyakan kabar. Bahaslah sesuatu yang positif seperti aktivitas apa saja yang sudah dilakukan di rumah, berbagi resep kue, dan lainnya. Jangan mengisolasi diri secara social karena virus ini ya, Moms.

Selain 5 hal di atas, hal penting lainnya yang dapat Moms lakukan agar menjadi lebih tenang adalah beribadah dan berdoa. Mintalah kekuatan dan penghiburan dari Yang Maha Esa agar dapat melalui masa sulit ini dengan tegar.

Seperti kata pepatah, “what consumes your mind, controls your life”. Jangan biarkan hal-hal negatif menguasai pikiran kita. Tetaplah berpikir positif dan semangat dalam menghadapi pandemi global ini ya, Moms. Yuk, jaga pikiran, jaga kesehatan dan rileks dari pemberitaan virus corona!

Leave a reply
Tidur Cukup, Bisa Cegah Corona Loh!Ini Dia Cara Jitu Home Learning!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!