Fashion Sebagai Sarana Melatih Anak Mengenal Warna dan Nama Hewan

5 May 2018

Meta deskripsi: Melatih anak mengenal warna dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui fashion yang dia kenakan.

Saat menginjak usia dua tahun, umumnya anak mulai menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi. Pada usia yang memasuki tahap awal tumbuh kembang ini, seorang anak juga memiliki kemampuan visual yang lebih baik dibanding usia satu tahun. Anak usia dua tahun memiliki ketajaman daya penglihatan, kemampuan akomodasi mata yang lebih baik, dan juga daya pandang yang lebih luas. Oleh karena itu, usia dua tahun adalah waktu yang tepat untuk mulai melatih anak mengenal warna dan nama hewan pada si kecil.

Ada berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih anak mengenal warna dan nama hewan. Selain dari benda-benda dan hewan yang dia jumpai di sekitarnya, Anda juga dapat melatih si kecil melalui fashion yang dia kenakan. Fashion yang dimaksud tidak terbatas pada bajunya saja, namun semua yang dia kenakan dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Berikut ini tips melatih anak mengenal warna dan nama hewan dari fashion yang dia kenakan:

 

Kenalkan warna dasar terlebih dahulu

Melatih Anak Mengenal Warna

beyeume

Untuk anak usia dua tahun, sebaiknya Anda mulai dengan mengenalkan tiga warna dasar merah, biru, dan kuning terlebih dahulu. Setiap mengenakan pakaian, topi, atau sepatu dengan ketiga warna tersebut, ajak si kecil bermain tebak-tebakan dengan menyebutkan warnanya.

 

Lafalkan nama warna dasar dengan jelas

Melatih Anak Mengenal Warna

julesandco

Melafalkan nama warna dengan intonasi yang jelas membuat anak mampu membedakan ketiga warna dan gambar hewan pada baju yang dia kenakan dengan lebih baik. Sebagai awal perkenalan warna, minta si kecil memperhatikan wajah Anda dengan seksama. Karena si kecil juga dapat mempelajari dan membedakan ketiga warna dasar dari ekspresi yang Anda tunjukkan.

 

Lakukan dengan konsisten

Pada usia dua tahun, pertumbuhan otak si kecil berada dalam tahap maksimal. Sehingga mengulang informasi mengenai warna pakaian atau sepatu yang dia kenakan dalam dua atau tiga kali sehari, dengan durasi 15 atau 20 menit akan membantunya mengenal dan mengingat warna-warna tersebut dengan baik. Hal tersebut juga berlaku saat Anda melatihnya mengenal nama hewan yang tergambar pada baju yang dia kenakan.

 

Pahami kemampuan si kecil

Melatih Anak Mengenal Warna

Youtobe

Setiap anak memiliki kemampuan dan cara belajar yang berbeda-beda. Ada anak yang indra penglihatannya lebih peka dibanding indra pendengarannya, begitu pula sebaliknya. Dengan memahami kemampuan si kecil, Anda akan lebih mudah menentukan metode seperti apa yang dapat Anda gunakan untuk melatihnya mengenal warna dan nama hewan pada pakaian dan sepatunya.

 

Bunda harus sabar

Prinsip dalam melatih anak mengenal warna dan nama hewan adalah bermain sambil belajar. Jadi tidak perlu terlalu memaksakan diri jika ternyata si kecil lambat belajar. Yang terpenting adalah terus dampingi si kecil dan dorong semangat belajarnya. Jika memang diperlukan, Anda dapat menambah waktu belajarnya. Misal biasanya hanya dua sampai tiga kali, Anda dapat mengulangnya hingga empat kali agar anak lebih familier dengan warna dan nama hewan pada baju yang dia kenakan.

 

Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Melatih Anak Mengenal Warna

todaysparent

Beberapa orang tua ingin buah hati mereka bisa menggunakan bahasa inggris sejak kecil. Hal tersebut tidak salah dan boleh saja dilakukan. Anda boleh mengenalkan warna dan nama hewan tersebut dalam dua bahasa. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan si kecil memahami bahwa kedua bahasa tersebut memiliki arti yang sama.

Demikian tips melatih anak mengenal warna dan nama hewan melalui fashion yang dapat Anda terapkan pada si kecil. Satu hal yang perlu Anda ingat, jika si kecil lambat mengenal warna dan nama hewan bukan berarti dia tidak cerdas. Karena setiap anak memiliki kemampuan otak yang berbeda-beda. Kecerdasan pada anak dapat diasah dengan terus membantu si kecil melatih kekuatan otaknya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Yakin Anak Siap Sekolah? Intip 5 Cara Meningkatkan Kemandirian Anak Prasekolah Berikut!Kenali Gejala Demam Berdarah Dengue Pada Anak Sekarang Juga!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!