Edukasi Anak Selama di Rumah

22 June 2020

Physical distancing atau dalam pengertiannya adalah menjaga jarak dengan orang lain, sekarang ini sudah menjadi rutinitas bahkan menjadi gaya baru karena adanya himbauan dari pemerintah dalam upaya mengurangi penyebaran virus corona COVID-19. Tidak hanya perkantoran yang menutup aktivitasnya, banyak sekolah dan instansi pembelajaran lainnya yang juga ikut menutup aktivitasnya sementara dan merubah metode pembelajarannya melalui online. Adanya perubahan rutinitas dan gaya baru ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua yang juga harus bekerja dan disisi lain juga harus menemani dan membantu anaknya untuk belajar, dan untuk itu ada beberapa hal untuk edukasi anak yang anda bisa lakukan di rumah.

Menjadi orang tua tentu pastinya harus mencari akal untuk mencari aktivitas lain yang tetap menyenangkan dan tetap bisa mengasah kemampuan anak. Simak, berikut ulasan beberapa ide yang bisa menjadi acuan bagi para orang tua yang membaca artikel ini yang bisa dilakukan bersama anak selama dirumah aja.

Rangkai Sesi yang Menyenangkan

Membuat sesi untuk belajar dirumah terkadang memang susah-susah gampang. Buat ruangan khusus  untuk ruang belajar si anak, siapkan semua peralatan yang memadai dan membatu mendorong agar lebih antusias seperti misalnya tata meja, kursi, laptop, dan buku-buku dengan baik. Bentuk jadwal yang sama layaknya seperti disekolah. Beri variasi misalnya bel istirahat, sesi olahraga, ataupun bermain game yang seru berkaitan dengan pembelajaran.

Rangkaian ini dapat menjadikan si anak dengan cara yang baru tetapi masih merasakan suasana seperti ketika masih berada di sekolah. Berikan kebebasan kepada si anak ketika di jam istirahat.

Bentuk Ekstrakulikuler Sederhana

Munculnya virus corona membuat kegiatan ekstrakulikuler seperti sepakbola, Futsal, Taekwondo, Pencak Silat, dan lain sebagainya, biasanya menjadi wadah yang telah disediakan oleh pihak sekolah untuk menggali potensi anak selain bidang akademis pasti juga harus diberhentikan sementara. Dalam mengisi kekosongan ekstrakulikuler tersebut, kamu sebagai orang tua bisa mencoba mengganti dengan cara lain yang tentunya bisa dilakukan dirumah saja. Misalnya kelas melukis, dan bahkan karya ilmiah lainnya. Atau bisa menyediakan kelas ekstrakulikuler sesuai dengan minat si anak.

Siapkan barang-barang yang bisa membantu kelas yang direncanakan bisa terlaksana, bisa memanfaatkan barang rumah yang sudah tidak dipakai ataupun bisa membeli dengan harga yang murah meriah saja. Buat suasana kelas ekstrakulikuler tersebut menjadi semakin seru misalnya ajak semua orang dirumah untuk ikut didalamnya.

Rutinitas Piket

Guru disekolah biasanya punya jadwal piket yang telah disusun untuk murid-muridnya di kelas. Bagi para orang tua, kamu bisa menjadikan ini juga tetap dilakukan walaupun cuma dirumah saja tetapi dengan catatan tidak dengan paksaan ya.

Tidak cuma membersihkan debu yang berada di ruang belajarnya tapi juga coba untuk suruh menghapus tulisan-tulisan bekas di papan tulis. atau kalian bisa menyuruh si anak untuk membersihkan kamarnya sendiri. Anggap saja bisa mebantu meringankan pekerjaan rumahmu dan juga bisa edukasi anak kita dengan baik.

Buat Jajanan Sekolah Tetapi Versi Rumahan

Selama ini kita tidak mengtahui jenis jajanan seperti apa yang biasa dimakan oleh anak-anak di sekolah. Dengan maksud untuk menghabiskan waktu di rumah, Kamu sebagai orang tua memiliki keuntungan untuk mengontrol jajanan makanan yang dikonsumsi oleh anak selama di sekolah, tentu dengan adanya ini kamu bisa lebih berhemat karena tidak perlu memberikan uang saku kepada anak. Agar tidak bosan dengan makanan rumah yang hanya itu-itu saja, cobalah berkreasi bersama si anak untuk membuat jajanan sekolah yang biasanya mereka sukai. Kamu bisa membuat Cilung (aci gulung), Telung (telur gulung), Siomay, Bakso, atau yang lainnya, dan tentunya dengan bahan-bahan yang jauh lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Kamu sebagai orang tua juga bisa membuat miniatur kantin di ruang makanmu layaknya kantin di sekolah agar suasana menjadi menyenangkan, tapi hal ini bila diperlukan saja, bagi orang tua yang tidak mau repot untuk membuat miniatur kantin tidak menjadi masalah juga.

Nah, itu tadi tips bagi para orang tua yang cemas untuk menemani anaknya agar tetap bisa berkembang dan tidak melupakan kebiasaan anak di sekolah untuk itu kita harus edukasi anak di rumah agar anak kita tidak lupa dengan pelajaran mereka.

Leave a reply
Keracunan Makanan? Ini Yang Harus Di Lakukan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!