Bunda, Ini Dia Cara Mengatasi Penyakit Gondongan pada Anak

9 February 2018

Gondongan pada si kecil adalah hal yang paling umum terjadi, terutama pada anak yang sudah masuk usia sekolah. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus. Anak-anak yang terjangkit gondongan juga kerap mengalami flu dan batuk. Penyakit ini mudah menular melalui kontak fisik dan kontak cairan dengan si penderita. Lebih jelasnya, simaklah pemaparan mengenai gejala dan cara mengatasi penyakit gondongan pada anak.

Gejala Penyakit Gondongan

Gejala Penyakit Gondongan - polezno.vitania.bg

Gejala Penyakit Gondongan – polezno.vitania.bg

Pada umumnya, gondongan pada anak terlihat dua minggu setelah terpapar virus. Beberapa gejala yang biasanya muncul adalah kelelahan, sakit kepala, pegal-pegal, demam tinggi, dan hilangnya nafsu makan. Demam tinggi yang dialami si kecil bisa mencapai angka 39 derajat celcius. Selain demam, penyakit gondongan memicu pembengkakan pada kelenjar air liur yang terjadi secara bertahap dan diikuti rasa sakit.

Gejala lain yang timbul saat anak terkena penyakit gondongan adalah mulut terasa kering. Si penderita akan merasa sakit saat mengunyah ataupun menelan makanan. Tidak jarang juga perut akan terasa nyeri.

 

Cara Mengatasi Gondongan dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Gondongan dengan Bahan Alami - www.caraobati.com

Cara Mengatasi Gondongan dengan Bahan Alami – www.caraobati.com

Bunda tidak perlu khawatir saat anak terserang penyakit ini. Ada beberapa cara mengatasi penyakit gondongan pada anak, yaitu dengan bahan-bahan alami. Berikut ulasannya.

Teh Daun Cleavers

Teh Daun Cleavers - ekocodziennie.

Teh Daun Cleavers – ekocodziennie.

 

Teh cleavers adalah daun alami yang kerap difungsikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gondongan. Kandungan senyawa flavonoid yang ada di dalamnya dapat mengatasi peradangan pada kelenjar air liur. Selain itu, daun cleavers juga mengandung tanin yang dapat mengatasi efek sakit karena gondongan.

Bawang Putih

Bawang Putih - bp.blogspot.com

Bawang Putih – bp.blogspot.com

 

Cara mengatasi penyakit gondongan pada anak selanjutnya dengan bawang putih. Bawang putih mengandung flavonoid dan sulfur yang dapat mengatasi peradangan serta membasmi virus yang memicu infeksi pada kelenjar lidah. Caranya cukup sederhana yaitu dengan menghancurkan bawang putih, lalu terapkan pada bagian gondong secara langsung. Jika cara ini kurang efektif, Anda bisa mengolah bawang putih dalam sup hangat untuk disantap si kecil.

Jahe

Jahe - sijai.com

Jahe – sijai.com


Jahe adalah bahan tradisional selanjutnya yang dapat memerangi virus penyebab infeksi pada kelenjar ludah. Kandungan gingerol yang terdapat di dalam jahe mampu melawan virus serta peradangan yang diakibatkan oleh gondong. Anak-anak kemungkinan tidak menyukai jahe karena rasanya sedikit pedas sehingga Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan lain sebagai alternatif.

Baking soda

Baking soda - yourbutterflymoment.com

Baking soda – yourbutterflymoment.com

Cara mengatasi penyakit gondongan pada anak selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Baking soda sangat mudah ditemukan karena biasa digunakan dalam proses pembuatan kue. Sifat alkali yang dimilikinya dapat membantu melawan virus yang mengecilkan gondong. Selain gondongan, baking soda juga bisa digunakan untuk mengobati cacar air pada anak

Selada Air

Selada Air - .tokopedia.net

Selada Air – .tokopedia.net

Selada air bisa dimanfaatkan juga sebagai cara mengatasi penyakit gondongan pada anak. Kandungan yodium tinggi yang ada di dalamnya dapat mengatasi penyakit gondongan dalam waktu yang cukup singkat.

Kentang Rebus

Kentang Rebus - i.ytimg.com

Kentang Rebus – i.ytimg.com

Anak-anak yang mengalami gondongan cenderung kurang nafsu makan karena timbulnya rasa sakit ketika menelan. Jika ini dibiarkan, anak akan kekurangan protein dan karbohidrat yang membuat tubuh menjadi lemah. Untuk memulihkan kondisi tubuh si kecil, Anda bisa memberikan kentang rebus untuk disantap. Kentang mengandung karbohidrat sebagai alternatif pengganti nasi untuk memberi energi pada tubuh.

Bunda, itu dia cara mengatasi penyakit gondongan pada anak yang bisa dilakukan. Jadi, mulai sekarang tidak perlu lagi khawatir saat si kecil terkena penyakit ini karena ada cara-cara tradisional sebagai alternatifnya. Selain mudah dan murah, bahan-bahan alami jauh lebih aman digunakan sehingga minim efek samping.

Leave a reply
7 Kiat Memotivasi Anak Agar Semangat BelajarMom, Ini Dia Pola Asuh yang Bisa Anda Lakukan untuk Menghindari Anak Menjadi LGBT Ketika Dewasa

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!