Bingung Mengajari Anak Belajar Baca? Yuk, Intip Cara Seru dan Efektif Mengajari Anak TK Belajar Baca

4 December 2016

Cara belajar membaca anak TK berbeda dengan anak-anak usia sekolah. Cara belajar secara konvensional tidak sesuai untukmengajarianak TK. Alih-alih mahir membaca, si anak justruakan dibuatbosan dan stres.

Belajar baca untuk anak TKseharusnya tetap memberi mereka ruang untuk berimajinasi dan berkreasi. Karena sesuai fitrahnya, dunia anak adalah dunia kreativitas dan imajinasi. Kita sebagai orang tua yang acapkali merusaknya.

Saat mengajarianak TKbelajar membaca, orang tua dan tenaga pendidik diharapkan untuk mengikuti pola berpikir anak, bukan anak yang mengikuti pola berpikir orang tua. Karena sejatinya seorang anak belum pernah menjadi orang tua, tetapi orang tua sudah pernah menjadi seorang anak.

Anak TK akan lebih mudah diajarkan dengan hal konkret terlebih dahulu, bukan abstrak. Hal konkret adalah suatu objek yang pemahamannya mudah diserap oleh pancaindra anak TK. Menggunakan hal konkret saat belajar membaca akan lebih diterima oleh pola berpikir anak TK.

Nah, dalam hal belajar baca, suku kata merupakanhal konkret bagi anak, sedangkan huruf dan angka merupakan hal abstrak. Mempelajari hal abstrak akan membuat otak anak terlalu keras dalam berpikir. Dan berujung pada stres dan menurunnya mood anak.

Lalu, bagaimana implementasinya? Berikut ini kami informasikan cara belajar bacadengan mengedepankan hal konkretyang seru dan efektif bagi anak-anak.

  • Belajar sambil Bernyanyi

Belajar sambil Bernyanyi

Belajar sambil Bernyanyi

Belajar sambil bernyanyi adalah cara yang efektif untuk mengajari anak membaca. Pada saat bernyanyi, anak menggunakan indra pendengaran untuk memahami susunan katanya. Ini akan membantu anak untuk mengingat apa yang dipelajarinya. Nilai plus lainnya, anak pun senang saat melakukan ini.

  • Menggunakan Kartu Bergambar

Menggunakan Kartu Bergambar

Menggunakan Kartu Bergambar

Kartu bergambar atau flashcard adalah media belajar yang baik untuk anak. Flashcard dapat berupa gambar hewan, buah, atau benda-benda sekitar yang diselipi dengan tulisan. Anak menyukai gambar dan warna yang menarik dan itu membuatnya tertarik. Menunjukkan kartu bergambar ini secara berulang dapat membantu si kecil dalam menghafal pelajaran membacanya.

Oh ya, pada saat mengajari anak menggunakan flashcard, bunda juga sambil melihat mimik si kecil. Lihat pada saat dia mengulang kata, serta mana gambar dan kata yang dia sukai. Belajar baca akan lebih mudah jika dimulai dengan apa yang dia sukai terlebih dahulu.

  • Memanfaatkan Perabot Rumah

Memanfaatkan Perabot Rumah

Memanfaatkan Perabot Rumah

Perabot rumah pun bisa digunakan sebagai media belajar baca untuk si kecil. Gelas bergambar, jam dinding karakter hewan, seprei bergambar, karpet huruf, dan lainnya, pun bisa dimanfaatkan. Pada saat bermain, selipkan kegiatanbelajar baca dengan menyebutkan nama benda, hewan, atau huruf yang ada di karpet dan perabot rumah lainnya.Belajar yang dilakukan secara spontan, berulang, dan diselipkan dengan permainan akan lebih mudah diterima oleh anak dan memudahkan mereka dalam mengingatnya.

  • Memanfaatkan Buku Cerita Anak

Memanfaatkan Buku Cerita Anak

Memanfaatkan Buku Cerita Anak

Buku cerita untuk anak biasanya dilengkapi dengan gambar-gambar menarik yang melambangkan cerita. Bunda bisa memanfaatkan buku ini untuk belajar baca si kecil dengan mengajak dia membaca bersama. Melalui cerita dan gambar, anak akan mudah untuk membayangkan dan memahami isi cerita. Dengan begitu, anak pun mudah dalam mengingatnya. Nilai plus lain, bunda dapat sekalian menanam nilai-nilai budi pekerti yang diikhtisarkan dari cerita tersebut.

  • Memanfaatkan Media Elektronik

Memanfaatkan Media Elektronik

Memanfaatkan Media Elektronik

Dewasa ini banyak media elektronik yang mendukung proses belajar anak. Contohnya saja permainan yang bertujuan untuk mengajari anak belajar baca. Bunda dapat mengunduh aplikasi untuk dipasangkan di smartphonedan memanfaatkannya untuk belajar si kecil. Karena dikemas dengan menarik dan tidak monoton cara belajar ini kerap disukai si kecil. Tetapi jangan terlalu sering, karena radiasi dari layar TV dansmartphone kurang baik untuk kesehatan anak.

Demikian carabelajar membaca anak TK yang seru dan efektif. Cara ini bisa diulang-ulang dan dikombinasikan agar anak tidak bosan.

Leave a reply
Jangan Beri Bekal “Sampah” untuk Anak! Yuk, Intip Bekal Sehat untuk Anak TKCara Mengajar Anak TK yang Efektif dan Mengasyikkan

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!