Cara Mudah Bersenang-Senang Dengan Anak Tanpa Biaya Mahal

12 May 2017

Begitu banyak cara untuk memperdalam ikatan bersama anak-anak, terutama di hari libur. Mulai dari bepergian ke taman wisata, bermain ke perpustakaan, atau bersenang-senang di rumah. Terkadang, dengan bersenang-senang bersama anak, kita bisa memberikan pendidikan ketrampilan dan juga mengajari anak tentang berbagai hal. Bersenang-senang dengan anak tidak perlu selalu mengeluarkan biaya mahal, bahkan anda bisa melakukannya dengan gratis. Berikut beberapa cara bersenang-senang dengan anak tanpa biaya mahal.

 

1. Kunjungi Perpustakaan

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Perpustakaan merupakan salah satu tempat terbaik untuk memperoleh ilmu dan mencari buku untuk semua umur. Namun tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ada banyak jenis hiburan di perpustakaan yang bisa dimanfaatkan.

Perpustakaan kota saat ini juga memiliki komputer yang terhubung dengan internet, berbagai video pendidikan anak bisa ditonton bersama di tempat tersebut. Tidak hanya itu, perpustakaan juga terkadang mengundang penulis cerita anak dan mengadakan acara untuk balita.  

Perpustakaan yang disediakan oleh pemerintah kota biasanya tidak menarik bayaran. Di sana Anda tidak hanya bisa memperkenalkanmereka dengan buku dan  ilmu pengetahuan tetapi juga bersosialisasi dengan anak lain di perpustakaan.

 

2. Jelajahi alam

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Cara bersenang-senang dengan anak tanpa biaya mahal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak mereka menjelajahi alam sekitar rumah atau berjalan-jalan ke taman kota. Perkenalkan Anak dengan lingkungan  sekitar dan temani dia bermain di alam bebas.

Anak-anak yang aktif bergerak dan  bermain di alam akan tumbuh lebih baik secara fisik dan mental karena mereka lebih riang, memiliki selera makan yang lebih baik, dan akan tidur lebih lelap.

Sambil mengawasinya bermain, Anda juga bisa bersantai sambil menikmati alam. Dalam suatu kesempatan, mereka mungkin akan bertanya tentang berbagai hal yang ada di alam, persiapkanlah diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sebagai pendukung, Anda juga bisa menyiapkan buku-buku tentang alam atau buku ilustrasi agar anak cepat mengerti mengenai hal tersebut.

 

3. Berjalan-jalan sebelum tidur malam

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Sebelum jam tidur, si kecil bisa saja menjadi sangat berisik dan memiliki banyak energi, apalagi jika anak anda hiperaktif. Karena itu, coba praktekan teknik bersenang-senang sebelum tidur bersama si kecil.

Pertama ajak si kecil untuk menggosok gigi, mencuci muka dan berganti baju menjadi piyama. Kemudian, pakaikan sepatu dan ajak berjalan-jalan di sekitar rumah. Nikmati perjalanan dan ajak ia bersosialisasi dengan tetangga dan anak-anak lain. Saat kembali ke rumah, anak anda akan menjadi tenang dan siap untuk tidur.

 

4. Makan malam bersama

 

Source - pixabay

Source – pixabay

Makan malam bersama merupakan cara untuk berkumpul bersama seluruh keluarga dan juga cara menghabiskan waktu dengan anak. Namun, anak akan lebih senang jika Anda memberikan tema pada makanan yang dimakan, misalnya masakan cina untuk malam itu, sushi, atau makanan favorit si kecil. Jika si kecil senang dan antusias, mereka akan lebih bersemangat berkomunikasi dengan Anda.

Jika anak sudah cukup besar, Anda bisa mengajaknya memasak bersama dan mengajarinya membantu Anda menyiapkan makanan. Sembari melakukan hal-hal kecil seperti membersihkan sayuran, menumpuk piring, atau mengocok telur, Anda bisa berbicara tentang kesehariannya dan mengenal karakternya. Anak akan merasa diperhatikan dan mereka akan menanti makan malam bersama lagi.

 

5. Bermain bersama mereka

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Anda bisa memberikan video games di komputer atau bermain bersama si kecil menggunakan mainan favoritnya. Tanyakan tentang permainan favorit mereka dan bagaimana memainkannya, setelah itu ajak untuk bermain bersama.

Dengan cara sederhana ini, Anda bisa bersenang-senang sekaligus mengetahui lebih jauh tentang dunia si kecil, ikuti permainannya dan tunjukkan kalau Anda tertarik. Namun, jangan lupa untuk menentukan berapa lama waktu permainan tersebut agar Anda dan anak anda tidak bermain terlalu lama.

Dengan 5 cara diatas, Anda dapat bersenang-senang dengan anak tanpa biaya mahal dan tetap memberikan pengetahuan kepada mereka. Selamat mencoba!

Leave a reply
5 Strategi Untuk Mengatur Berat Badan AnakAyo Mengajari Anak Berpakaian Sendiri

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!