Berbagai Kondisi Stres pada Anak dan Cara Mengatasinya

Stres pada Anak

dichan

Tahukah Anda? Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalaminya, ternyata stres juga bisa dialami oleh anak kecil. Sama seperti orang dewasa, stres yang dialami si kecil dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain: karena pertengkaran orangtua, kondisi ekonomi keluarga, trauma, kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru, maupun karena masalah di sekolah (bertengkar dengan teman bermain atau mengalami bullying). Namun, tidak banyak orangtua yang menyadari munculnya tanda-tanda stres pada anak. Karena pada usia anak-anak, mereka belum bisa memahami dan mengungkapkan yang dirasakan saat itu.

Pada kondisi demikian, maka tugas orangtua untuk mengenali tanda-tanda stres yang muncul pada si kecil. Berikut 7 gejala stres pada anak yang biasanya terjadi:

Sumber : babysleeppositioners

 

Jika Anda menemukan gejala-gejala di atas pada si kecil, sebaiknya tangani segera mungkin. Stres pada anak yang dibiarkan begitu saja akan berdampak negatif dalam jangka panjang. Anak yang memiliki riwayat stres berkepanjangan tanpa penanganan yang tepat, sangat rentan mengalami depresi atau gangguan jiwa. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu kehidupan sosialnya kelak di masa depan.

 

Menangani Stres Pada Anak

Sumber : huffingtonpost

 

Saat si kecil mengalami stres, berikut beberapa bantuan yang dapat Anda berikan sebagai orangtua untuk membantu buah hati Anda menghadapi stres yang dia rasakan:

Yuk, bantu si kecil untuk mendapatkan tidur nyenyaknya kembali. Dari semua cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan keceriaannya, perhatian dan kasih sayang keluargalah yang paling utama. Karena perhatian dan kasih sayang dari keluarga dapat membantu meredakan serta menghindarkan stres pada anak. Selalu berikan dukungan dan bimbingan yang maksimal pada tahap tumbuh kembangnya agar si kecil tumbuh sehat dan bahagia.

Exit mobile version