Begini Cara Mengajar Anak Di Rumah

19 September 2019

Kita sebagai orang tua juga harus mengajar anak di rumah karena bukan tugas guru saja di sekolah untuk mengajar anak. Memiliki anak dan sudah masuk sekolah maupun sebentar lagi masuk sekolah akan menjadi beban bagi setiap orang tua karena itu merupakan kebutuhan penting dalam perkembangan anak.

Karena itu, masalah untuk bagaimana mengajar anak selama di rumah sangat perlu diperhatikan, hal ini juga dipengaruhi dengan usia anak kita dimana jika memasuki usia taman kanak-kanak, maka anak kita akan dihadapkan dengan kondisi untuk mengajari anak agar bisa membaca maupun menulis, orang tua sendiri harus bisa mengawasi dan mengajari anak dikarenakan orang tua paling lama menghabiskan waktu bersama anak dibandingkan di sekolah, orang tua biasa menghabiskan 18 jam, sedangkan di sekolah maksimal enam jam bagi anak, dan tentu saja hal itu membuat orang tua juga berperan besar untuk mengajari anak dengan baik.

Ada banyak cara mengajari anak belajar, dimulai dari membaca, menulis, menggambar, dan yang lain-nya, tentu saja hal tersebut bisa menarik bagi sang anak, dan jika anak tertarik hal ini bisa membuat sang anak semangat untuk belajar, kemudian hal itu bisa menjadi kebiasaan yang baik bagi anak, mengajari anak kecil yang masih polos sangatlah membutuhkan usaha lebih, karena usia kecil adalah usia yang membuat sang anak masih tidak tahu apa-apa dengan rasa ingin tahu yang besar.

Meski begitu, berikut kami sediakan tips dan trik bagaimana mengajari anak agar nyaman belajar di rumah.

 

  1. Cara Mengajari Anak Untuk Membaca

Mengajari anak membaca di rumah mesti dimulai dengan mengajarkan dan mengenalkan abjad dan angka terlebih dahulu. Kita harus bisa menciptakan suasana yang nyaman sehingga anak kita tidak cepat merasa bosan, lebih baik lagi jika kita bisa mengajarkan hal tersebut menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris di-iringi oleh lagu, karena memori anak akan mudah mengingat abjad maupun angka tersebut jika dikombinasikan dengan lagu.

Selain cara menyanyi, mengajari anak untuk hal tersebut bisa juga dengan bantuan media elektronik, karena zaman sudah canggih, banyak teknologi yang bisa membantu anak belajar membaca, dan mengeja dengan benar. Dalam beberapa aplikasi maupun perangkat keras, banyak fitur seperti gambar ataupun hanya audio, hal itu pun hingga kini masih ampuh bagi setiap orang tua, dan membuat anak tidak cepat bosan untuk belajar.

 

  1. Cara Mengajari Anak Untuk Menulis

Mengajari anak menulis juga merupakan salah satu tingkat kesulitan bagi setiap orang tua, karena orang tua harus bisa mengajari anak bagaimana cara memegang alat tulis dengan baik dan benar terlebih dahulu, untuk media, kita bisa menggunakan papan tulis, papan magnet, maupun papan mainan, dan hal ini bisa membuat sang anak lebih dahulu membaca, dan untuk lebih mudah, pertama kali anak diminta untuk menulis nama-nya sendiri, kemudian nama ayah dan ibu-nya.

Selain itu, buku yang membantu untuk menulis juga sudah ada agar bisa membantu anak hanya menggabungkan titik-titik yang sudah ada agar sang anak terbiasa menulis dengan baik dan benar, selagi menulis, kita juga bisa membantu sang anak menghapalkan abjad atau angka yang ada.

  1. Ini Poin Penting Mengajari Anak

Ini adalah poin penting ketika kita ingin mengajari anak, hal terpenting untuk kita agar bisa mengajari anak adalah kita harus mengetahui mood anak, dan juga kita harus bisa memberikan hadiah atau memuji sang anak jika anak sudah mulai berkembang agar sang anak memiliki motivasi untuk terus belajar, kita sendiri juga tidak boleh bosan untuk mengajar anak agar anak kita tetap focus dan tidak berhenti pelajarannya di tengah jalan, karena kita tahu mengajari anak tidaklah mudah dan tentu saja membosankan bagi anak dan juga untuk kita, orang tua-nya.

 

Berikut tips mengenai cara mengajari anak, semoga hal ini bisa diterapkan dalam kehidupan kita yah parents.

Leave a reply
Mendidik Anak Balita Agar Disiplin (II)Bayi Tumbuh Gigi? Jangan Panik!

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!