Begini Cara Atasi Kulit Kering Bayi!

31 January 2020

Kulit kering pada anak sering muncul tiba-tiba, bisa hilang dalam waktu yang cepat dan juga tidak hilang, dan kondisi kulit kering pada bayi yang paling sering bermasalah karena kondisi udara di tempat anak berada terlalu kering.

Dan apa yang menyebabkan kulit si kecil kering? Mandi terlalu sering dan menggunakan sabun terlalu banyak bisa menyebabkan kulit si kecil menjadi kering atau bisa memperburuk kulit jika memang sudah kering, hal ini dikarenakan sabun menghilangkan minyak alami pada kulit dan membuat kulis si kecil lebih sulit untuk bisa tetap lembab.

Cuaca juga bisa mempengaruhi kulit si kecil, cuaca panas atau dingin dengan kelembaban rendah mungkin bisa membuat kulit menjadi kering.

Penyakit genetik seperti eksim juga bisa membuat kulit sangat kering di masa kecil, dan tanda tanda yang harus Anda rasakan ketika anak Anda mengalami kulit kering dimana jika Anda melihat kulit kering anak Anda seperti bercak bersisik atau seperti kasar, kulit kasar sendiri awalnya tidak terlalu gatal atau merah, kulit kering bisa muncul kapan saja dan dimana saja.

Sebagian besar mendapatkan kulit kering mereka di wajah, lengan bagian siku, dan kaki bagian lutut, jika kulit anak Anda sangat kering, Anda bisa mencoba memberikan beberapa langkah agar kulit mereka tetap lembab.

Jika kulit kering pada anak Anda menjadi gatal atau merah, kemungkinan eksim telah berkembang, eksim sendiri biasanya ada dilipatan siku, dibelakang lutut, atau wajah, kita sebagai orang tua juga bisa meredakan gejalan dan mempercapat penyembuhan kulit pada si kecil, dan berikut adalah beberapa langkah agar anak bisa terhindar dari sakit tersebut.

  • Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Mandi air panas yang lama akan membuat kulit bayi menjadi kering, kita bisa menggunakan air hangat sebagai pengganti air panas, dan jika anak mandi terlalu lama, maka Anda bisa membatasi hal tersebut, seperti memberikan waktu hanya 15 menit.

Sebelum mandi, kita bisa membiarkan si kecil bermain di air tanpa sabun, lebih baik ketika sedang mengalami kulit kering, hindari anak memakai sabun yang memiliki banyak busa.

 

  • Pakai Pelembab

Memakai pelembab pada kulit ketika sedang basah akan membuat pelembab mengunci lebih banyak air di dalam kulit agar kulit terhidrasi dengan baik, dan jangan lupa untuk mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti kulit yang sensitif dan tidak menyebabkan iritasi serta bebas dari bau bau wangi.

Usahakan untuk mengoleskan pelembab dengan bentuk salep kepada si kecil, karena pelembab dengan bentuk salep dapat membuat kulit lebih jadi berminyak, pakaikan pelembab pada anak minimal dua kali sehari atau lebih jika memang memungkinkan.

 

  • Buat Anak Tetap Tenang

Berikan kompres es atau air dingin pada kulit anak Anda, hal ini membuat anak Anda menghindari keringat berlebih karena cuaca panas yang dapat membuat kulit anak Anda benar-benar kering, Anda juga harus membuat anak Anda tetap tenang dengan kondisi kulit keringnya tersebut.

 

  • Hindari Kontak Kulit

Ketika sedang berbicara dengan seni dan kerajinan, pastikan anak Anda terhindar dari lem, cat, atau bahan kimia yang bisa membuat anak Anda iritasi, bahan tersebut bisa membuat kekeringan dan iritasi pada tangan dan bagian kulit lainnya yang bersentuhan dengan produk seperti itu.

Kenakan juga sarung tangan yang tepat untuk melindungi kulit si kecil dari bahan senin, dan jika memang harus bersentuhan, maka kita harus mencarikan bahan yang memang aman untuk kulit anak kita.

 

Leave a reply
Hindari Corona Dengan Gizi Ini!Organic Parenting? Apakah Itu? 

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!