Asam Folat, Pentingkah Untuk Anak?

7 August 2020

Ketika masa kehamilan, anda sering sekali mendengar mengenai asam folat yang selalu dikatakan sangat bagus dikonsumsi pada saat kehamilan, dan juga bisa membantu perkembangan janin dan meminimalisir cacat pada saat ke lahiran, tetapi tahukah anda bahwa asam folat ternyata tetap dibutuhkan oleh si kecil meski mereka sudah lahir.

Vitamin B, tiamin, niasin, dan vitamin B12 dimiliki oleh asam folat dimana semuanya memiliki peran penting bagi pertumbuhan dan perkembangan normal bagi si kecil, dan banyak juga selain itu beberapa hal penting yang membuat anak membutuhkan asam folat, dan tentu itu sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan normal si kecil, dan berikut adalah beberapa hal yang membuktikan bahwa asam folat penting bagi anak-anak dan makanan apa saja yang bisa membantu untuk mendapatkan kandungan asam folat yang tepat.

Bagus bagi otak si kecil

Menurut beberapa penielitian, dengan kadar folat rendah maka fungsi otak seseorang bisa buruk dan bisa memiliki risiko demensia, dan karena itu pemenuhan folat sangat penting bagi kesehatan bagi otak si kecil, kebaikan kandungan tersebut juga bisa meningkatkan fungsi otak yang bisa membantu perkembangan untuk si kecil ketika mereka tumbuh dewasa nanti-nya, contohnya bahwa si kecil terhindar dari gangguan mental dan penyakit alzheimer.

Membentuk sel baru

Kandungan tersebut membantu pembuatan DNA dalam tubuh si kecil dan memandu pembentukan sel baru bagi si kecil, anak anak sendiri membuat banyak sel selama mereka bertumbuh kembang, dan menurut beberapa penelitian, salah satu fungsi asam folat pada tubuh adalah membuat proses sel baru dalam usus kecil yang selalu terjadi setiap lima hari sekali, dan setiap pembaruan tersebut, ada sekitar 17 miliar sel baru dan hal tersebut biasanya terjadi sebanyak enam kali dalam waktu satu bulan.

Hal tersebut juga merangsang terbentuknya sel darah baru setiap hari, dan hal tersebut sangatlah penting bagi si kecil karena mereka membutuhkan sel darah merah karena mereka terus menerus bergerak secara aktif setiap hari dan tentu saja akan menjadi hal yang baik dan benar.

Bantu kesehatan dan fungsi jantung

Untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung dan risiko penyakit jantung pada anak, ternyata kandungan ini sangatlah penting, hal ini ditujukan dengan membuat studi pada lebih dari 80.000 orang dimana orang yang memiliki kandungan tersebut membuat mereka memiliki risiko yang berkurang sebesar 4% pada penyakit jantung, dan juga 10% pada penyakit stroke.

Kandungan tersebut juga sudah terbukti bahwa aliran darah bisa meningkat dan membuat fungsi kerja jantung dapat berjalan lebih baik lagi.

Sumber

Dan jika memang anda ingin memberikan anak anda kandungan tersebut, maka anda bisa memberikan makanan kepada anak anda seperti kacang polong, kacang hijau, brokoli, selada, kacang merah, bit, kubis, bayam, alpukat, stroberi, pisang, jeruk, dan juga asparagus.

Selain makanan di-atas anda juga bisa memperbanyak memberikan buah-buahan kepada anak anda, kacang-kacangan yang merupakan secara alami merupakan sumber folat, dan selain itu anda juga masih bisa memberikan susu kedelai, pasta, roti, dan juga makanan seperti sereal.

Berapa kebutuhannya

Yang perlu anda ingat, bahwa anda tidak perlu memberikan asam folat tersebut secara berlebih dan ada beberapa kebutuhan yang harus didapatkan oleh si kecil dimana hal tersebut tergantung usia anak, dan berikut adalah kebutuhan si kecil untuk si folat.

Anak bayi dibawah enam bulan hanya membutuhkan 65 mikrogram yang tentu saja bisa didapatkan dari ASI atau susu formula setiap hari,nya, dan bayi 6 hingga 12 bulan akan membutuhkan 80 mikrogram per hari, jika anak anda sudah berusia 1-3 tahun maka mereka akan membutuhkan 150 mikrogram setiap hari, ditambah kembali menjadi 200 mikrogram ketika mereka berusia 4 hingga 8 tahun, dan setelah itu hingga 13 tahun mereka akan membutuhkan 300 mikrogram per hari, dan setelah 14 sampai 18 tahun, mereka tetap membutuhkan folat dimana mereka butuh 400 mikrogram per hari.

Nutrisi tersebut akan menjadi hal penting bagi kehidupan si kecil, maka dari hal tersebut anda harus membuat asupan asam folat yang seimbang dan sesuai dengan usia si kecil, jika asam folat kurang, maka anak anda bisa kekurangan sel darah dan bisa menjadi anemia, dan selain itu seperti kulit pucat, sariawan, hingga gangguan pencernaan bisa terjadi apabila seseorang mengalami kekurangan folat.

Leave a reply
Manfaat Makan Kentang Bagi AnakPerkenalkan Buku Ke Anak, Kapan?

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!