Apa Bedanya Playgroup, Pre-school, dan Kindergarten?

20 July 2022

Sebelum masuk ke jenjang sekolah dasar, anak-anak perlu membiasakan diri terlebih dulu untuk belajar dan bergaul. Kita pun mengenal ada istilah playgroup, pre-school, dan kindergarten sebagai “sekolahnya” balita. Ketiga jenjang ini sekilas terdengar sama ya? Padahal ketiganya memiliki perbedaan.

Yuk, kenali perbedaan di antara playgroup, pre-school, dan kindergarten supaya Anda tidak salah memilih!

Playgroup

Apple Tree BSD

Sesuai dengan namanya, playgroup merupakan lembaga pendidikan yang diisi dengan kegiatan bermain. Sifatnya sendiri non-formal. Suasana kelas dibuat menarik layaknya tempat bermain. Kegiatan bermain di playgroup ini dapat bervariasi, bisa saja ada permainan dengan unsur edukasi. Playgroup sendiri dapat diikuti oleh balita usia 1-4 tahun.

Pre-School

Apple Tree BSD

Di Indonesia, pre-school dikenal juga sebagai PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini. Jenjang pendidikan ini tergolong lebih formal dibandingkan playgroup. Jika playgroup hanya dikelola oleh swasta, maka pre-school ini ada juga yang dikelola oleh pemerintah.

Sistem administrasi dan pembelajaran disusun secara profesional oleh ahli pendidikan. Beberapa di antaranya terkait ukuran kelas, jumlah guru dan murid, kualitas lingkungan belajar, kurikulum, hingga sistem penilaian. Topik-topik pembelajaran disesuaikan dengan standar tumbuh kembang anak per usia. Selain itu, ada juga target pencapaian anak. Setiap kelas diisi oleh murid yang usianya sama. Selain memudahkan sistem belajar-mengajar, anak pun bisa lebih mudah bergaul dengan teman-teman sebayanya.

Semua ini dilakukan supaya anak bisa berkembang menjadi individu yang memiliki perilaku sosial dan akademik berkualitas. Tidak heran kalau di sejumlah negara, pemerintahnya memberikan subsidi untuk mengikuti pre-school.

Kindergarten

Apple Tree BSD

Usai merampungkan pendidikan di playgroup atau pre-school, anak-anak bisa melanjutkan pendidikan ke kindergarten. Jenjang pendidikan kindergarten lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia sebagai TK (Taman Kanak-kanak).

Kindergarten ini sifatnya formal dan merupakan langkah persiapan anak sebelum masuk SD (Sekolah Dasar). Di Indonesia sendiri, kindergarten terdiri dari 2 tingkat yaitu K1 dan K2. Keduanya untuk murid usia 5 dan 6 tahun.

Materi yang dipelajari juga akan semakin bertambah, tidak hanya sekedar bermain saja. Setidaknya ada 6 aspek perkembangan anak yang distimulasi seperti nilai agama moral, bahasa, motorik, kognitif, sosial emosional, dan kesenian.

Layaknya jenjang SD, SMP, dan SMA, kindergarten juga tersedia dalam banyak pilihan basis pengajaran. Dari kurikulum ada yang sifatnya nasional dan internasional. Ada pula yang diklasifikasi berdasarkan agama yang kurikulumnya resmi, hanya saja ada tambahan beberapa kegiatan ibadah sesuai agama tersebut sehingga anak tumbuh sebagai pribadi yang religius.

Memilih Pre-School dan Kindergarten

Apple Tree BSD

Ada banyak pre-school dan kindergarten di Indonesia. Tapi untuk Anda yang berdomisili di BSD atau Serpong, ada Apple Tree Pre-school yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Apple Tree BSD menyediakan kelas pre-school dan juga kindergarten dalam 2 tingkatan.

Apple Tree BSD menerapkan kurikulum Singapore dengan kelas dalam bahasa Inggris dan Mandarin. Anak-anak akan diajar oleh guru yang ramah dan profesional di bidangnya. Lokasi Apple Tree BSD berada di Gedung EduCenter BSD sehingga terciptalah lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.

Parents, apakah anak Anda sudah siap untuk memasuki jenjang pendidikan tersebut? Pastikan untuk memilih lembaga yang terpercaya karena masa kanak-kanak berperan penting dalam membentuk pribadi mereka di kemudian hari.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.7 / 5. Vote count: 435

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Pre-school Terbaik di IndonesiaTips Mengedukasi Anak Agar Tidak Menjadi Korban Bullying

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!