Anak Tidur Malam Hari? Ini Sebabnya

20 April 2020

Banyak anak balita yang sering tidur hingga malam dan rasanya tidak pernah Lelah dan membuat orang tua kelelahan karena mereka harus tidur malam hari sekali dan juga bangun pagi karena harus melakukan kegiatan kerja maupun hal lainnya.

Orang tua sendiri sering merasa sulit ketika anak tidur diluar jam yang telah ditentukan oleh orang tua mereka. Anak yang suka tidur larut malam sendiri bisa membuat dampak buruk bagi kesehatan dan risiko mengalami kegemukan.

Setiap satu jam berkurangnya waktu tidur, maka anak akan memiliki risiko obesitas si kecil akan meningkat hingga 80%.

Dan ketika malam, hal tersebut merupakan waktu istirahat yang paling baik untuk anak-anak, hal tersebut tentu saja membuat kebiasaan anak anda yang sering tidur malam harus anda ubah, dan berikut adalah salah satu alasan mengapa anak anda tidur hingga malam hari.

Anak melakukan suatu aktivitas

Anak balita harusnya memiliki waktu untuk tidur yang harus dipenuhi agar anak tumbuh sehat secara jasmani dan juga pertumbuhan mental mereka, tetapi tidak banyak juga anak yang sering tidur hingga larut malam, dan jika sudah terjadi seperti itu, tentu saja hal yang terpenting adalah menambah waktu tidur si kecil.

Salah satu yang membuat anak anda suka tidur malam karena ada suatu kegiatan atau aktivitas yang membuatnya sulit untuk tidur, karena usia balita biasanya saat saat dimana mereka senang melakukan sesuatu hingga anak tidak kenal Lelah untuk bermain dan bergerak sampai larut malam.

Gadget

Salah satu kebutuhan dasar anak adalah tidur dimana ketika mereka akan memiliki energi mereka kembali setelah mereka bangun dari tidur mereka.

Salah satu mengapa anak suka tidur pada larut malam karena waktu anak yang suka bermain gadget, kecanduan bermain gadget tentu saja menyulitkan setiap orang, orang dewasa sendiri juga bisa kecanduan gadget dan membuat mereka lupa untuk tidur.

Kecanduan tersebut juga akan membuat anak sulit memejamkan mata mereka di malam hari, dan solusi untuk hal ini adalah menciptakan suasana yang hening di kamar anda tanpa adanya gangguan suara ataupun visual dari gadget maupun elektronik yang lain, dan lakukan tersebut satu jam sebelum waktu tidur anak.

Anda bisa mengajak anak anda melakukan kegiatan yang biasanya anak anda lakukan agar bisa tidur lebih cepat misalnya membacakan anak anda dongeng atau tidak bertukar cerita bersama anak anda.

Jadwal tidur yang berantakan

Ketika anak tidur larut malam, maka alangkah baiknya anda mencatat jadwal tidur anak kembali, banyak orang tua yang meminta anak mereka tidur lebih cepat dibandingkan malam sebelumnya, hal tersebut akan sulit dimana hormon melatonin anak belum tercipta dan hormon tersebut merupakan salah satu hormon yang bisa membuat anak terlelap.

Ketika anak tidur siang tetapi dilakukan ketika jam terlalu sore, itu akan menjadi salah satu alasan mengapa anak akan sulit tidur di waktu malam, dan untuk mengatasinya anda harus bisa memberikan jadwal tidur yang disiplin, jika anak anda tidur biasanya jam 21.00, maka harus anda rutinkan pada jam dan waktu yang sama, hal tersebut akan membantu anak anda terbiasa tidur pada waktu yang anda telah tetapkan.

Tidur siang terlalu lama

Memang anak-anak biasanya akan tidur siang setiap hari, tetapi jika anda tidak membangunkan anak anda dan membiarkan anak anda terlelap terus maka hal tersebutb isa membuat anak anda memiliki energi penuh dan akan sulit ketika mereka tidur pada saat malam hari.

Tidur siang terlalu lama bisa mengganggu waktu tidur si kecil di malam hari, anda bisa memberikan jatah waktu untuk anak anda tidur siang paling lama 90 menit, bahkan anda cukup memberikan waktu tidur siang untuk anak anda dalam waktu 30 menit.

Ketika anda sudah mengetahui beberapa alasan dimana anak anda suka tidur larut malam, maka anda bisa melakukan apa saja yang harus anda lakukan agar anak anda dapat tidur tepat waktu agar tidak membuat anda kesulitan mengatur jadwal tidur anda sendiri.

Leave a reply
Obat Kumur Untuk Balita? Amankah?Kenalkan Kuman Dan Bakteri Ke Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!