Pujian Tidak Selalu Dibenarkan Lho

14 April 2020

Terkadang ada beberapa orang tua yang selalu memberikan pujian kepada anak mereka, memang hal tersebut bukanlah suatu hal yang salah, tetapi jika anda melakukannya di saat yang tidak tepat atau juga disaat yang tidak benar, maka anak tersebut bisa menyalah artikan pujian dari anda.

Memuji anak bisa membuat anak kita menjadi optimis dan bangga mengenai kemampuan akan diri mereka, meski begitu memuji anak-anak secara berlebihan juga bisa membuat si kecil tidak mau berusaha maksimal karena diri mereka sudah merasakan cukup ketika mereka mendapatkan pujian dari orang tua, dan berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu anda agar tidak salah ketika memberikan anak anda pujian.

Berikan di saat yang tepat

Memuji anak anda memang akan membuat mereka lebih semangat dan juga merasa dihargai, tetapi alangkah lebih baik apabila anda sebagai orang tua bisa memuji kepada mereka di saat yang tepat, berikan pujian ketika anak anda sudah melakukan sesuatu atau berusaha dengan keras melakukan sesuatu dan sudah ada hasil akhirnya.

Hasil akhir yang telah dilakukan anak jangan dijadikan sebuah hal penting, karena meski tidak berhasil anda tetap bisa memberikan pujian atas usaha dan kerja keras si kecil dalam melakukan hal tersebut.

Anda juga tidak perlu sampai berlebihan ketika memberikan pujian kepada anak anda, berikan pujian tersebut ketika anda merasa anak anda berhak mendapatkannya ketika mereka melakukan sesuatu, karena jika anda sering memberikannya, maka anak anda mungkin tidak begitu mengerti apa yang sudah baik dan juga mana yang belum, di sisi lain si kecil akan merasakan rasa percaya diri dan cepat puas dan tentu saja hal tersebut akan membuat mereka tidak ingin melakukan hal lain yang seharusnya mereka lakukan.

Perhatikan hal kecil

Anda bisa memberikan pujian kepada anak anda ketika anak sedang belajar dan mendapatkan nilai yang bagus, ketika anda ingin memberikan pujian kepada anak anda, anda tidak perlu menunggu anak anda melakukan suatu hal yang besar, anda bisa memberikan pujian kepada anak anda dari hal hal sederhana seperti ketika anak anda sudah mau membereskan mainan yang telah mereka mainkan sebelumnya.

Ketika anda memberikan pujian kepada anak anda mengenai hal hal kecil, maka anak anda tahu bahwa hal kecil tersebut merupakan hal yang benar dan tepat, sehingga anak anda bisa mengerti bahwa hal kecil yang telah mereka lakukan adalah hal yang benar.

Tatapan dan suara

Ketika mendapatkan pujian tentu saja setiap anak senang, tetapi si kecil akan merasa lebih bahagia ketika orang tua memberikan sekedar kata-kata pujian saja, anda bisa berinteraksi dengan menatap mata anak anda dan memuji anak anda dengan lembut. Anda juga bisa memberikan posisi yang tepat agar anak anda bisa mendengar suara anda tersebut dengan baik.

Anda juga bisa memberikan hal positif tersebut ketika anak anda sedang mau tidur, anda bisa memberikan pujian dan mengatakan bahwa anda bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh anak anda.

Anak anda yang melihat hal tersebut tentu saja akan senang dan akan mengulang hal tersebut di esok harinya, karena anak anda tahu apa yang telah dia perbuat adalah hal yang benar dan membuat orang tua-nya senang dan juga dia mendapatkan kata-kata positif kembali dari anda.

 

Ketika anak anda melakukan suatu hal yang benar, maka anda bisa memberikan kata kata positif dan juga mungkin hadiah kepada anak anda agar anak anda mengerti mengenai hal tersebut dan bisa membuat anak anda melakukan hal tersebut kembali.

Leave a reply
Wasir Pada Si Kecil? Lakukan IniKerokan Untuk Balita, Bolehkah?

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!