Anak Suka Coret-Coret? Ternyata ini lo Manfaatnya!

30 June 2018

Bunda sering merasa kesal melihat anak suka coret-coret dinding? Perasaan jengkel memang tidak bisa dihindarkan. Tapi tahukah Bunda jika coretan yang dibuat si kecil merupakan bagian dari proses pertumbuhan dan perkembangan kreativitas si kecil?

Bunda bisa membiarkan si kecil melakukan dan menikmati proses kegiatan mencoret dinding karena banyaknya manfaat yang diperoleh si kecil. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang bisa didapatkan oleh anak yang suka coret-coret di dinding rumah.

 

Pengembangan Kreativitas

Anak Suka Coret-Coret

Sumber : bexshea

 

Coret-coret yang dilakukan si kecil adalah proses pengembangan kreativitas yang dimiliki, terutama dalam mengembangkan kemampuan motoriknya. Perkembangan kemampuan motorik ini akan mengarah kepada kemampuan si kecil dalam menggambar dan menulis. Coret-coret di dinding juga sebagai bentuk ekspresi kreativitas dan imajinasi yang mereka buat. Jadi, jika anak suka coret-coret, Bunda bisa memfasilitasi si kecil untuk mencoret dengan berbagai media.

 

Mengekspresikan Emosi

Anak Suka Coret-Coret

Sumber : pinterest

 

Anak suka coret-coret dinding atau benda-benda lain di rumah bisa jadi merupakan bentuk ekspresi emosi si kecil. Si kecil bereksperimen dengan cara mencoba dan menjajal bentuk permukaan media yang bisa digunakan untuk mencoret.

Ketika merasakan kesenangan mencoret-coret, si kecil cenderung lebih ekspresif dan dengan senang hati melanjutkan kegiatan coret-coret tersebut.  Bunda juga bisa melihat jenis emosi yang ditunjukkan si kecil dengan melihat berbagai warna yang dipilih pada saat itu. Coret-coret juga bisa sebagai salah cara untuk mengelola emosi atau tantrum yang dimiliki si kecil.

 

Pengembangan Kemampuan Motorik

Anak Suka Coret-Coret

Sumber : livspace

 

Kegiatan coret-coret sangat bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan motorik si kecil. Ketika si kecil sedang asyik melakukan coret-coret, dia sedang mengendalikan gerak tubuhnya, yaitu tungkai lengan, gerakan bahu, dan jari-jari yang digunakan untuk menggenggam alat tulis. Gerakan dalam proses mencoret, misalnya menggenggam kuas, krayon, atau spidol. Gerakan tersebut menjadi bagian dalam pertumbuhan keterampilan motorik halus bagi anak yang suka coret-coret.

 

Pengenalan Awal Menulis

Anak Suka Coret-Coret

Sumber : pinterest

 

Ketika anak suka coret-coret, ternyata terdapat tahapan awal dalam pengenalan menulis. Si kecil memulai coret-coret dari sebuah titik. Gambar titik itu berkembang menjadi garis patah-patah sehingga berproses menjadi garis lurus dan melengkung dan kadang berbentuk benang kusut. Garis-garis tersebut akan terlihat seperti huruf-huruf. Jadi kegiatan mencoret ini bisa Bunda gunakan untuk menyiapkan si kecil untuk belajar menulis.

 

Peningkatan Fokus

Anak Suka Coret-Coret

Sumber : thespruce

 

suka coret-coret cenderung memiliki fokus yang cukup baik karena kegiatan coret-coret ternyata dapat melatih anak untuk fokus dalam melakukan satu kegiatan. Kemampuan fokus yang dimiliki si kecil dapat membangun kemampuan berinovasi serta menampilkan ide-ide terhadap sebuah gambar walau masih berbentuk coretan. Kemampuan fokus dan inovasi pada si kecil akan sangat berguna ketika si kecil mulai bersekolah bahkan sampai mereka dewasa.

 

Penambahan Kosakata

Anak Suka Coret-Coret

Sumber : kindercare

 

Dalam proses coret-coret, si kecil akan mengalami penambahan kosakata. Jika anak suka coret-coret, Bunda bisa mulai mengenalkan si kecil dengan beragam kata yang berhubungan dengan warna, tindakan, dan bentuk. Bunda juga bisa meminta si kecil untuk menjelaskan tentang maksud coretan gambar, bentuk, dan juga warna yang dibuatnya.

 

Kemampuan Membuat Keputusan

Anak Suka Coret-Coret

Sumber : amazon

 

Ketika si anak suka coret-coret di media mana saja yang ditemukannya, anak sedang mengembangkan kemampuan dalam membuat keputusan. Keputusan yang dibuat bisa berupa pemilihan warna, bentuk yang akan digambar, atau pun media yang digunakan untuk mencoret.

Dalam proses melakukan kegiatan tersebut, si kecil berproses menciptakan karya seni menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kemudian tahapan tersebut menjadi lebih tinggi yaitu berkhayal, berpikir, bereksperimen, dan mencoba ide-ide baru sehingga kreativitas si kecil dapat berkembang dengan baik.

Ternyata ada begitu banyak manfaat anak suka coret-coret. Jadi, Bunda tidak perlu merasa kesal lagi. Sediakan saja media untuk si kecil melakukan kegiatan coret-coretnya.

Leave a reply
Yuk, Ajari 3 Kata Ajaib ini untuk Pembentukan Karakter Anak!Kenali Dampak Fatherless Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Sejak Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!