5 Cara Ampuh Membuat Anak Senang Membaca

14 February 2018

“Buku adalah jendela dunia.” Anda pasti sudah tidak asing dengan peribahasa tersebut ‘kan? Lalu, apa sih makna dari peribahasa tersebut? Makna dari peribahasa tersebut adalah dengan rajin membaca buku, wawasan Anda akan semakin luas. Hanya dengan membaca, Anda bisa mengetahui seluruh isi dunia. Membaca juga akan meningkatkan daya imajinasi dan mengurangi tingkat stres. Selain itu, tanpa disadari, membaca akan menstimulasi mental kita sehingga kita akan tercegah dari Alzheimer dan Demensia. Banyak sekali ‘kan manfaat dari membaca buku? Nah, untuk itu penting bagi Anda, sebagai orangtua, untuk membuat anak senang membaca sejak dini.

Namun, menumbuhkan rasa senang membaca kepada generasi saat ini tidaklah mudah. Seiring dengan perkembangan zaman, pertumbuhan gadget pun semakin pesat. Hal tersebut ditambah dengan banyaknya permainan dari gadget tersebut yang lebih menarik perhatian anak. Hal ini tentunya akan membuat buku semakin dianggap sebagai barang yang membosankan bagi anak. Lalu, bagaimana caranya agar anak senang membaca? Simak 5 cara ampuh agar anak senang membaca berikut ini.

Kenalkan pentingnya membaca

Kenalkan pentingnya membaca - 2.bp.blogspot.com

Kenalkan pentingnya membaca – 2.bp.blogspot.com

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengenalkan kepada anak tentang pentingnya membaca buku. Anda bisa menjelaskan manfaat membaca buku untuk masa depannya nanti. Seperti contohnya, Anda bisa menjelaskan kepada anak bahwa ia akan mampu menjawab pertanyaan ujian atau tes masuk sekolah jika rajin membaca buku.

Kenalkan sejak dini

Kenalkan sejak dini - sahabatmembaca.org

Kenalkan sejak dini – sahabatmembaca.org

Agar anak senang membaca buku, Anda harus mengenalkan buku kepada anak sejak dini, akan lebih baik jika sejak masih bayi. Anda bisa mulai dengan rajin membacakan buku cerita sebelum tidur. Rajin membacakan buku sebelum tidur ternyata mampu mengembangkan kemampuan berbicara dan berkomunikasi anak, lho. Anak akan belajar kosakata baru setiap harinya. Selain itu, Anda bisa mengenalkan buku dengan mengajak anak berkunjung ke toko buku dan biarkan mereka memilih buku yang mereka suka.

Tidak perlu memaksa

Tidak perlu memaksa - hellosehat.com

Tidak perlu memaksa – hellosehat.com

Membaca memang akan membuka wawasan dan pengetahuan anak, tetapi Anda juga jangan memaksakan anak untuk membaca buku ensiklopedia yang tebal. Jika anak senang membaca komik, biarkan mereka berimajinasi dengan komik kesukaannya. Yang penting adalah jangan sampai Anda mematikan kegemaran anak membaca buku. Jika terlalu dipaksa, anak akan merasa takut dan menjadi malas untuk membaca buku. Cara ampuh agar anak senang membaca adalah dengan membebaskannya membaca buku yang mereka sukai.

Berikan contoh

Berikan contoh - tuturma.ma

Berikan contoh – tuturma.ma

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Sebelum Anda menyuruh anak untuk senang membaca, sebaiknya Anda berikan contoh terlebih dahulu kepada anak. Jika anak melihat Anda membaca buku di waktu luang, anak akan mencontoh kebiasaan Anda membaca buku. Nah, akan lebih asyik jika Anda membaca buku bersama anak. Selain membangkitkan semangat anak untuk gemar membaca, hal ini juga akan meningkatkan kualitas kebersamaan antara Anda dan  anak.

Berikan apresiasi

Berikan apresiasi - anekatempatwisata.com

Berikan apresiasi – anekatempatwisata.com

Agar anak senang membaca, Anda bisa memberikan target kepada anak untuk membaca dua buah buku dalam sebulan. Nah, jika anak sudah mencapai target, jangan lupa untuk memberikan mereka apresiasi atau penghargaan. Anda bisa mengajaknya ke taman hiburan ataupun memberikan mainan yang sangat mereka inginkan. Hal ini dipercaya akan semakin memotivasi anak untuk senang membaca.

Itulah tadi beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan agar anak senang membaca. Semangat bereksplorasi!

Leave a reply
Yuk, Cegah Penyakit Difteri pada Anak dengan 7 Cara IniBunda, Perhatikan Hal Ini agar Tidak Salah Memilih Sekolah Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!