Ingin Menanamkan Kecintaan Anak terhadap Buku? Yuk, Miliki 3 Jenis Buku Menarik Berikut Ini!

17 October 2017

Sebuah pepatah mengatakan “Buku adalah Jendela Dunia”. Hal ini bisa dimaknai bahwa buku adalah media paling efektif untuk menyingkap segala bentuk pengetahuan. Membaca buku menjadi sangat penting bagi kehidupan, karena aktivitas ini mampu mendorong kemampuan seseorang untuk berpikir, berkreasi, dan berinovasi.

Sayangnya, kegemaran dan kecintaan anak terhadap buku ini, tidak akan pernah muncul jika tidak ditanamkan. Dibutuhkan sebuah lingkungan dan budaya yang mendukung untuk terciptanya minat baca pada anak-anak ini.
Bagi anak usia dini, cara efektif untuk menanamkannya bisa dimulai dengan mengenalkan anak pada buku. Namun tentunya, ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan, ketika akan memilih buku untuk mereka. Sebuah buku yang dikemas secara unik dan menarik, tentu akan lebih menarik minat dibandingkan dengan buku yang monoton. Apalagi, bagi anak usia dini yang notabene-nya baru mengenal media pembelajaran ini. Tentu, jenis buku yang Anda pilih, akan menentukan keberhasilan dari proses penanaman kecintaan anak terhadap buku ini.

Kini, buku anak-anak pun kian beragam. Buku anak tidak lagi sebatas lembaran-lembaran cerita, melainkan telah berkembang menjadi sebuah kumpulan imajinasi dan kreativitas. Nah, berikut beberapa jenis buku menarik yang wajib Anda miliki, untuk menanamkan kecintaan anak terhadap buku.

Buku Lift The Flap

 

 

 

Buku Lift The Flap - Usborne Book At Home

Buku Lift The Flap – Usborne Book At Home

Buku lift the flap atau buku berjendela adalah jenis buku yang didesain dengan memadukan aspek visual dan aspek motorik anak. Dalam buku ini, anak tidak hanya bisa melihat gambar-gambar, tetapi juga bisa menggerakkan jendela yang ada untuk mendapatkan informasi atau keterangan di baliknya. Jendela tersebut bisa dibuka, baik itu ke atas, ke bawah, ke kanan, maupun ke kiri.

Jadi, dengan buku ini, proses pembelajaran tidak hanya akan mengajak anak untuk menggunakan indera penglihatan, namun juga dapat melatih saraf motorik halus anak. Yang lebih penting, anak juga akan lebih tertarik untuk belajar karena buku ini bisa menghindari anak dari kebosanan.

Convertible book

 

 

 

 

Convertible Book - Booktopia

Convertible Book – Booktopia

Convertible book dapat diartikan sebagai jenis buku yang halamannya bisa berubah bentuk, sesuai dengan desain di setiap halamannya. Misalnya, di halaman pertama terdapat bentuk mobil, maka anak bisa mengubahnya menjadi mobil dengan merekatkan masing-masing titik perekat. Atau, halaman tersebut juga bisa diubah menjadi playmat, yaitu alas bermain dengan gambar lalu lintas jalan raya. Yang kemudian bisa anak mainkan dengan mobil-mobilannya.
Dengan kata lain, buku ini adalah jenis buku yang bisa dibongkar pasang. Dengan memadukan unsur belajar dan bermain, buku ini sangat cocok untuk digunakan oleh para orang tua dalam proses menanamkan kecintaan anak terhadap buku.

Noisy book

Noisy Book - Usborne Publishing

Noisy Book – Usborne Publishing

Karakter hewan/binatang adalah salah satu karakter yang paling menarik minat anak usia dini untuk belajar. Karena itulah, umumnya, dongeng atau cerita anak selalu lekat dengan karakter makhluk hidup yang satu ini. Anak pun akan selalu antusias dengan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, termasuk akan bertanya segala hal yang berkaitan dengan dunia hewan kepada orang tuanya. Bahkan terkadang, orang tua harus repot-repot menirukan suara hewan guna memberi penjelasan yang edukatif pada anak.

Nah, untuk menjawab segala rasa ingin tahu anak pada dunia ini, kini Anda bisa menggunakan Noisy book atau buku bersuara dalam proses belajar dan bermain bersama anak. Dengan buku ini, Anak tidak hanya akan melihat karakter hewan, tetapi juga bisa mendengar suara hewan ketika gambar tersebut disentuh. Tersedia bolpoin khusus yang bisa digunakan untuk menunjuk gambar-gambar tersebut, yang kemudian akan memunculkan suara. Jadi, ketika bolpoin menunjuk gambar singa, maka akan muncul suara singa.

Lebih dari itu, juga tersedia ilustrasi menarik serta keterangan edukatif di setiap halamannya. Dengan menggabungkan aspek visual, audio, dan motorik halus anak, buku ini dirasa juga sangat efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia dini.

Nah, itulah beberapa jenis buku menarik yang cocok untuk digunakan dalam proses menanamkan kecintaan anak terhadap buku. Yuk, millliki segera!

Leave a reply
Bingung Jenis Dongeng untuk Anak? Inilah Dongeng yang Sesuai Usia AnakAjarkan Anak Mau Berbagi dengan 5 Cara Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!