Anak Rewel di Hari Pertama Sekolah, Lakukan Ini!

3 August 2022

Hari pertama sekolah bisa jadi momen yang paling menyenangkan bagi anak karena bisa bertemu dengan teman dan melakukan aktivitas seru. Namun, perlu diketahui juga kalau ada segelintir anak yang malah enggan masuk sekolah dan menjadi sangat rewel. Hal ini biasanya terjadi karena anak merasa asing dengan lingkungan baru, serta tidak mau jauh dari orangtua.

Alih-alih memaksanya untuk pergi ke sekolah begitu saja, sebaiknya Anda lakukan tips berikut sebagai persiapan hari pertama sekolah.

 

Perkenalkan anak pada lingkungan sekolah

 

Sebelum masuk, perkenalkan anak pada lingkungan sekolah. Misalnya dengan menceritakan kegiatan apa saja yang dilakukan di sekolah dan ada siapa saja yang terlibat. Bila perlu, ajak anak ketika mengurus pendaftaran sekolah hingga mengambil seragam. Biarkan anak menjelajahi dan beradaptasi dengan lingkungan baru tanpa beban pikiran.

 

Tidak meninggalkan anak begitu saja

 

via Pixabay

 

Beberapa anak kerap rewel dan menangis karena tidak mau ditinggal oleh orangtuanya. Sayangnya masih ada banyak orang tua yang menyiasatinya dengan menyelinap pergi diam-diam. Si kecil pasti akan merasa sedih dan semakin ketakutan.

Cara yang tepat adalah memberi tahu anak kalau Anda tidak akan ikut ke dalam kelas selama proses belajar berlangsung. Katakan kalau Anda akan menunggu di luar atau kembali ke sekolah untuk menjemput anak pada waktu yang sudah ditentukan.

 

Jelaskan peran guru

 

Ketika ada orang dewasa yang asing, mungkin anak akan merasa takut. Jadi, Anda bisa jelaskan peran guru terlebih dulu. Beri penjelasan kepada mereka kalau guru akan bertindak sebagai wakil orangtua untuk mengajar dan melindungi selama berada di lingkungan sekolah. Dengan demikian, anak bisa merasa lebih aman selama di sekolah. Jika menghadapi kendala, ajarkan anak untuk menyampaikan dan bertanya kepada guru.

 

Antar anak ke sekolah

 

Setiap orangtua pastinya memiliki kesibukan masing-masing. Meski demikian, sempatkan diri untuk mengantar anak pada hari pertama sekolah. Anak akan merasa aman dan nyaman, serta menikmati keistimewaan di hari pertama sekolah. Selain itu, tindakan ini dapat menjadi sebuah dukungan dan bentuk kasih sayang untuk anak pergi sekolah.

 

Say goodbye dengan perasaan senang

 

via 30 Seconds

 

Merasa khawatir ketika meninggalkan anak di sekolah hari pertama memang wajar. Tapi, perasaan negatif ini bisa terbaca oleh anak kalau sekolah adalah tempat yang kurang aman. Sebaiknya ketika hendak meninggalkan anak, lakukan dengan perasaan dan gerak tubuh yang positif. Contohnya dengan tos, memberi kecupan, berpelukan, dan lambaian tangan. Namun, jangan dilakukan berlama-lama seakan-akan anak akan berpisah dari orangtuanya dalam waktu yang sangat lama.

 

Beri anak waktu

 

via Unsplash

 

Tidak dapat dipungkiri, kita sebagai orangtua menginginkan anak bersikap mandiri di sekolah. Namun perlu diingat kalau masing-masing anak membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk adaptasi. Apabila anak masih belum siap untuk ditinggal, tetap temani pergi ke sekolah. Lain halnya jika anak sudah bisa berbaur dengan teman-teman dan bisa melangkah dengan percaya diri. Kalau sudah demikian, orangtua bisa meninggalkan anak untuk bersosialisasi dan membiarkannya bersikap mandiri dengan caranya sendiri.

 

Siapkan bekal favorit

 

via Pixabay

 

Menyiapkan bekal favorit anak bisa membuatnya bersemangat melakukan aktivitas di sekolah. Tips ini juga bisa membuat anak nyaman karena masih bisa menikmati bekal buatan rumah. Hindari membawakan mainan favoritnya karena hanya akan membuatnya sibuk bermain sendiri.

Demikian 7 tips agar anak tidak rewel di hari pertama sekolah yang bisa Anda terapkan. Jangan lupa untuk mengapresiasi anak sepulang sekolah karena mereka sudah berhasil beradaptasi dengan lingkungan baru.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 371

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Tips Mengedukasi Anak Agar Tidak Menjadi Korban BullyingBagaimana Jika Anak Kecanduan Gadget?

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!