Anak Lasak? Kenali Keuntungan Memiliki Anak Tidak Bisa Diam

29 May 2019

Satu hal yang sering orangtua kesalkan terkait anak adalah perilaku lasak. Ya, ada banyak anak yang sangat tidak bisa diam dan menguras energi orangtua. Tentu saja, meskipun kasih sayang kita besar terhadap anak, kita juga punya batas rasa lelah dan tidak bisa terus menerus melayani anak lasak.

Namun Anda tak perlu kesal berlebihan, lho, dengan hal tersebut. Pasalnya, anak lasak bisa saja membawa berbagai keuntungan bagi Anda selaku orangtua. Bahkan, anak lasak juga dapat menjadi pertanda beberapa hal yang positif. Nah, mau tahu, apa saja sih keuntungan memiliki anak lasak? Sebelum terlalu sering memarahi anak, lebih baik simak dulu yuk, beberapa kelebihannya di sini:

1. Anak Lebih Sehat

Anak Lasak

pixabay.com

Layaknya orang dewasa yang dianjurkan berolahraga secara rutin, perilaku anak yang tidak bisa diam juga merupakan salah satu bentuk olahraga bagi anak, lho. Ya, semakin sering anak bergerak, maka semakin banyak keringat yang keluar, dan hal itu tentu sangat menyehatkan bagi anak.

Bila anak kurang bergerak, akibatnya badan pun lebih mudah lemas dan kurang segar. Selain itu, anak pun juga tidak mudah lapar bila kurang gerak. Padahal, asupan nutrisi di masa pertumbuhan sangatlah penting.

2. Anak Mampu Bereksplorasi Secara Maksimal

Anak Lasak

pixabay.com

Perilaku lasak anak tidak selalu bermakna negatif. Lasaknya anak merupakan sebuah momen bagi mereka untuk mengeksplorasi berbagai hal yang ada di sekitarnya.

Anak tidak bisa diam, bukan karena dia nakal atau sengaja ingin menyusahkan orangtua, tetapi karena anak begitu penasaran dengan banyak hal. Untuk bisa mengoptimalkan proses yang satu ini, Anda bisa memperkenalkan benda-benda yang dia jamah atau dia temui.

3. Keingintahuannya Tinggi

Anak Lasak

pixabay.com

Anak yang tidak bisa diam berarti punya keingintahuan yang amat tinggi. Anak bergerak ke sana ke mari, mencoba berbagai hal baru, memegang benda dan menggunakannnya, adalah untuk menyalurkan keingintahuan di dalam benaknya.

Jadi, dalam proses yang satu ini, sebaiknya Anda tidak melarang anak terlalu berlebihan. Ingatkanlah anak apabila perilaku lasaknya sudah di luar batas dan merugikan banyak orang, tetapi jangan melarang dengan kasar. Alih-alih menurut pada Anda, anak justru malah akan merasa bahwa Anda tidak mendukungnya.

4. Punya Kemampuan Kinestetik Baik

Anak Lasak

pixabay.com

Ada beberapa kecerdasan dalam diri manusia, seperti misalnya, kecerdasan linguistik, spasial, musikal, dan juga kecerdasan kinestetik. Kecerdasan kinestetik merupakan kecerdasan dalam bentuk gerak. Anak dengan kecerdasan kinestetik biasanya tidak bisa diam dan dapat melakukan berbagai gerakan dengan baik.

Gerakan-gerakan itu antara lain seperti melompat, refleks menghindari sesuatu, hingga memasukkan benang ke dalam jarum. Maka dari itu, bila anak Anda terlihat aktif, jangan menghakiminya dan justru arahkan potensinya itu untuk hal-hal positif, ya.

5. Kreatif

Anak Lasak

pixabay.com

Anak yang tidak bisa diam suka mencoba berbagai macam hal. Nah, hal ini akan sangat merangsang kreativitasnya, lho. Lewat prosesnya melakukan segala aktivitas, anak Anda akan mempelajari proses pemecahan masalah.

Jadi, apabila anak Anda lasak, maka jangan langsung melarangnya melakukan berbagai macam hal. Salah-salah, justru Anda malah bisa menghambat kreativitas anak yang pada akhirnya akan membuatnya malas melakukan banyak hal.

Nah, itulah berbagai keuntungan dari memiliki anak lasak. Pada dasarnya, anak-anak merupakan pribadi yang senang bereksplorasi dan sedang berusaha untuk menambah pengetahuan seiring dengan proses tumbuh kembangnya. Namun  apabila anak terlalu aktif dan tidak bisa dikontrol, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Olahraga untuk Balita yang Menarik dan Interaktif5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membesarkan Anak Multikultural
All comments (1)
  • Rafael
    14 September 2019 at 16:04

    Aku masih bocah raja Soalnya semua dah dipegangin kemarin aku tidur jam 3 pagi bangun jam 8 pagi OHHHHHOOHOHOHOHOHOHOOHOHOOOO💂🙀🙀🙀🙀🙀🙀

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!