Inilah 7 Siasat agar Anak Gemar Makanan Bergizi

27 April 2017

Kebiasaan makan pada anak memang berbeda satu dengan yang lain. Ada yang bermasalah dalam pola makan, namun ada yang tidak mengalami kesulitan berarti dan anak gemar makanan bergizi.

Banyak anak-anak lebih suka jajan dan makan makanan di mal yang belum terjamin kesehatannya daripada masakan rumah yang sehat dan lebih bergizi.

Sebagai orang tua Anda harus mewaspadai bila balita Anda terlihat susah makan dan tidak suka makanan yang bergizi seperti sayur dan buah-buahan yang kaya serat dan memiliki peran penting dalam tubuh. Mereka justru suka memilih camilan dan jajanan yang kurang sehat.

Bagaimana caranya agar anak gemar makanan bergizi untuk mendukung pertumbuhan, melawan penyakit, membantu metabolisme tubuh dan lain-lain? Anda jangan kehilangan akal. Inilah siasat dan tipsnya dari para pakar.

1. Memasak Sayur Lebih Kreatif

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Cobalah mengubah penampilan dan tekstur sayuran  agar terlihat beda. Sayuran bisa dihaluskan dengan keju, diparut dalam pasta, atau dibuat tempura sayur.

Dengan demikian, anak bisa mencicipi sayuran dengan berbagai variasi rasa dan membuat mereka menyukainya. Menu sayur kreatif ini bisa juga menjadi bekal anak tk ke sekolah menu praktis dan istimewa.

2. Makan Bersama

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Makan bersama selain bisa memperkuat nilai-nilai keluarga, bisa memberi dorongan anak untuk ikut makan sayur dan buah-buahan yang tersaji. Biasanya anak bisa bertambah semangatnya bila diajak berlomba untuk mengambil dan menyantap hidangan sayur dan buah di meja makan.

3. Anak Memilih Sayurannya Sendiri

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Anda juga bisa memberikan pilihan pada Anak, jenis sayuran dan cara memasak sayuran yang mereka inginkan. Anak akan lebih suka bila diajak terlibat membuat pizza dengan toping sayuran seperti tomat, jamur, bawang, dan lain-lain. Bisa juga Anda membuat sate yang terdiri dari potongan sayur dan buah.

4. Mengundang Teman Anak Anda untuk Makan Bersama

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Dengan mengundang sahabat anak atau teman mainnya yang terdekat, anak bisa memiliki semangat dan merasa tidak dipaksa untuk makan sayur dan buah-buahan yang tersaji.

5. Memberi Contoh pada Anak

Source - pixabay

Source – pixabay

Bila Anda ingin anak gemar makanan bergizi, jangan lupa Anda juga harus memberi contoh yang baik. Sebagai orang tua, Anda juga harus membiasakan diri mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Ini agar anak tertarik dan terbiasa juga mengonsumsinya dalam menunya sehari-hari.

6. Memperluas Pengetahuan terkait Sayuran dan Buah-buahan

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Perkenalkan Anak pada berbagai jenis sayur dan buah-buahan serta menceritakan masing-masing rasa dan manfaatnya. Lalu cobalah melibatkan anak dalam menghidangkan sayur dan buah dengan menghiasnya.

Anda bisa membuat irisan sayur dan buah lalu menyajikannya dalam berbagai bentuk seperti pohon pisang, boneka beruang, dan lain-lain. Dijamin anak akan lebih menghargai sayur dan buah serta bersemangat mengonsumsinya.

 

7. Tetap Konsisten

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Sikap anak Anda yang terlihat seolah tidak tertarik sama sekali untuk menyentuh sayur dan buah memang bisa membuat Anda menyerah. Namun Anda harus tetap sabar dan konsisten untuk membujuk agar anak gemar makanan bergizi. Jangan sampai anak Anda terbiasa makan tanpa ada menu sayur dan buah di meja makan.

Nah, demikianlah cara jitu yang bisa Anda siasati agar anak gemar makanan bergizi. Tinggalkan cara lama seperti memaksakan anak untuk makan lebih banyak, karena ini justru akan membuat anak makan secara berlebihan.

Anda juga sebaiknya tidak memberikan iming-iming hadiah permen agar anak gemar makanan bergizi. Ini akan menyebabkan anak lebih mengincar dan memilih permennya bukan pada sayurannya.

 

Leave a reply
Inilah 7 Ciri Anak Autis yang Perlu Bunda KetahuiInilah 5 Permainan Seru untuk Mengasah Otak Anak Anda
All comments (1)
  • […] saja. Biasanya karena sang anak telah menemukan makanan favoritnya dan enggan makan yang lain. Ajaklah buah hati Anda untuk mengikuti proses pembuatan makanan, mulai […] Read More[…] saja. Biasanya karena sang anak telah menemukan makanan favoritnya dan enggan makan yang lain. Ajaklah buah hati Anda untuk mengikuti proses pembuatan makanan, mulai dari belanja bahan makanan di pasar atau […] Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!