Bekal Anak TK ke Sekolah Menu Praktis dan Istimewa

11 November 2016

Bagi orang tua yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, membuat bekal untuk si kecil tentu membutuhkan waktu, tenaga, dan kesulitan tersendiri. Sementara, anak membutuhkan bekal yang sehat dan bergizi untuk menunjang aktivitasnya di sekolah. Berikut daftar menu praktis dan istimewa untuk bekal anak TK yang bisa Anda coba:

Telur Ceria

Telur Ceria

Telur Ceria

Anda bisa membuat bekal berupa telur ceria yaitu telur ceplok yang dibentuk telur mata sapi lalu di atasnya ditambah daging kornet atau sosis. Telur mata sapi dibuat dengan kuning telur diletakkan di bagian tengah, lalu tambahkan potongan sosis atau daging kornet untuk membentuk bagian mata dan mulut. Untuk melengkapi telur ceria berwajah tersenyum ini, Anda bisa menambahkan setangkup roti tawar atau roti gandum yang di tengahnya diberi selapis keju.

Telur Orak-Arik

Telur Orak-Arik

Telur Orak-Arik

Jika Anda sedang repot dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan bekal si kecil, Anda bisa mencoba menu telur orak-arik. Caranya membuatnya sangat mudah. Ambil 2 butir telur ayam tambahkan merica dan garam lalu aduk. Selanjutnya goreng telur di atas wajan lalu tiriskan. Sajikan telur dengan menambah mayones sebagai pelengkap. Sebagai bekal, telur orak-arik ini bisa dilengkapi dengan nasi putih atau nasi goreng.

Roti Panggang Isi

Roti Panggang Isi

Roti Panggang Isi

Salah satu bekal anak TK yang praktis dan mudah dibuat adalah roti panggang isi. Isian roti bisa bermacam-macam tergantung selera, tetapi usahakan memilih isian yang bergizi bagi anak. Salah satu isian roti yang kaya nutrisi adalah kacang. Kacang mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan otak anak serta mengandung vitamin E dan Magnesium. Cara membuat menu ini sangat mudah. Ambil 2 tangkup roti tawar yang telah dipanggang lalu olesi mentega di bagian dalam. Taburkan meses dan kacang yang telah dicincang ke atas olesan mentega tersebut. Roti panggang isi kacang pun siap untuk disajikan.

Bento

Bento

Bento

Bento (bekal dengan bentuk yang unik) merupakan salah satu bekal anak TK yang banyak disukai anak-anak karena bentuknya yang lucu dan bervariasi. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bento antara lain nasi putih, sosis yang dibentuk bunga atau dikerat lalu digoreng, sayuran yang direbus, daun selada dan wortel sebagai pelengkap. Ambil nasi sebanyak 200 gram, cetak menggunakan cetakan bento, lalu masukkan ke dalam kotak bekal anak. Tambahkan sosis sebagai mata dan hidung jika yang digunakan cetakan bento berbentuk karakter tertentu. Tambahkan sayuran di sisi luar nasi dan tambahkan wortel dan daun selada sebagai pemanis penyajian.

Fritatta

Fritatta

Fritatta

Fritatta merupakan makanan sejenis pizza yang mengandung banyak vitamin D dan Kalsium. Bahan utamanya yaitu telur ayam, keju cheddar, bawang bombay, dan sosis. Cara membuatnya sangat mudah yaitu tumis bawang bombay lalu masukkan sosis ke dalam wajan. Selanjutnya masukkan telur kocok ke dalam wajan dan goreng hingga matang. Sajikan dengan menambah parutan keju cheddar sebagai pelengkap di atas telur. Fritatta pun siap untuk dibawa si kecil ke sekolah.

Daging Gulung

Daging Gulung

Daging Gulung

Menu bekal anak TK lainnya yang mudah dan praktis adalah daging gulung. Bahan yang dibutuhkan antara lain daging, bawang putih, lada, buncis, wortel, telur dan tepung panir. Ambil daging yang telah dipipihkan, lalu bumbui dengan merica dan garam. Letakkan potongan buncis dan wortel rebus di atas daging, lalu gulung daging dan ikat menggunakan tali. Rebus ikatan daging ini kurang lebih 10 menit. Angkat ikatan daging, lepas talinya, lalu masukkan ke dalam telur yang telah dikocok. Selanjutnya, guling-gulingkan di atas tepung panir lalu goreng hingga matang. Daging gulung pun siap untuk disajikan.

Demikian beberapa menu bekal anak TK yang bisa Anda coba untuk bekal si kecil. Selamat berkreasi.

Leave a reply
Menciptakan Preschool Sendiri di Rumah dengan Metode High/ ScopeCara Melatih Kemandirian Anak Tanpa Pengasuh
All comments (2)

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!