Anak Anda Diare? Yuk, Berikan Makanan yang Tepat

6 October 2017

Anak Anda diare? Bunda tidak perlu panik. Umumnya, penyakit diare pada anak dapat sembuh maksimal tujuh hari. Jarang sekali diare berlangsung secara terus-menerus hingga berminggu-minggu, kecuali jika disebabkan oleh infeksi tertentu.

Sebenarnya, diare adalah proses membuang zat berbahaya yang ada di dalam tubuh. Namun, jika tidak ditangani secara tepat akan berakibat fatal pada si kecil. Untuk itulah, para orang tua harus memberikan perhatian khusus terhadap si kecil saat mengalami diare. Misalnya, memberikan makanan yang tepat dan bergizi untuk membantu mengurangi gejalanya secara alami. Berikut ini ada beberapa makanan yang direkomendasikan saat anak Anda diare.

B.R.A.T

B.R.A.T

B.R.A.T

Makanan terbaik yang bisa diberikan saat anak Anda diare adalah pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang (toast) atau biasa disingkat dengan istilah BRAT. Keempat makanan ini sangat dianjurkan untuk si kecil yang terkena diare karena mudah dicerna dan tidak menyebabkan iritasi lebih lanjut pada sistem pencernaannya. Makanan ini bisa diberikan kepada siapa pun yang berusia di atas 12 bulan, sementara si kecil yang berusia di bawah 12 bulan disarankan utnuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Nasi tim

Nasi tim

Nasi tim

Nasi tim memang kerap dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari untuk bayi. Namun ternyata, makanan ini bisa diberikan kepada si kecil yang mengalami diare. Nasi tim tergolong cukup lembut sehingga tidak memperburuk keadaan diare yang sedang dialami oleh anak. Selain mudah dicerna, nasi tim juga dapat membantu memadatkan feses pada anak sehingga diare dapat teratasi.

Kentang

Kentang

Kentang

Memberikan kentang saat anak Anda diare juga sangat dianjurkan. Pasalnya, kandungan zat karbohidrat tinggi di dalamnya dapat menjadi sumber energi yang baik bagi anak. Tidak hanya itu, kentang juga mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

 Bubur

Bubur

Bubur

Saat anak Anda diare, bubur adalah makanan yang tepat untuk diberikan karena mudah dicerna. Bubur memiliki sifat yang lembut, juga dapat menjadi sumber energi yang baik bagi anak Anda.

Makanan rendah serat

Makanan rendah serat

Makanan rendah serat

Pada umumnya, makanan berserat tinggi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari karena dapat menjaga serta membantu melancarkan buang air besar. Namun, makanan tersebut tidak disarankan saat anak terkena diare karena akan memperburuk kondisinya. Sebagai alternatif, Anda bisa memberikan makanan berserat rendah saat anak terkena diare, seperti: ikan, ayam, hati, dan telur. Dengan menyantap makanan tersebut, dapat membantu menahan keluarnya cairan dari dalam tubuh secara berlebihan.

Sup

Sup

Sup

Saat anak terkena diare, asupan gizi harus sangat diperhatikan. Untuk itulah, peran Anda sebagai orang tua sangat penting dalam memilih asupan makanan yang tepat. Sup adalah makanan dengan kuah yang cocok untuk diberikan kepada si kecil. Selain itu, kuah pada sup juga dapat menghindari anak dari risiko mengalami dehidrasi. Namun, hindarilah memilih bahan makanan untuk sup yang mengandung serat tinggi.

Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt dikenal mengandung banyak bakteri baik. Saat anak terkena diare, sistem pencernaan akan terserang oleh bakteri-bakteri jahat. Untuk mengusir bakteri-bakteri jahat tersebut, Anda bisa memberikan yoghurt kepada si kecil. Kandungan bakteri baik di dalam yoghurt dapat membantu memberantas bakteri jahat yang mengganggu sistem pencernaan.

 

Itu dia beberapa makanan yang tepat untuk mengatasi anak diare. Jadi, saat penyakit tersebut menyerang di kecil, pastikan untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

Leave a reply
Jika Nilai Pelajaran Anak Jelek, Apa yang Anda Lakukan?Ingin Memberikan Camilan untuk Anak? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!